Ini Dia 5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis, Wajib Tahu!

Kanalmu.com, Keuangan merupakan salah satu faktor penting yang ada di dalam sebuah perusahaan. Pengelolaan keuangan yang baik, dapat memberikan dampak yang positif bagi bisnis.

Meski begitu, banyak para pelaku bisnis yang tidak memperhatikan ini lebih dalam. Malahan, banyak dari mereka menganggap enteng pengelolaan keuangan perusahaan.

Padahal, manajemen adalah sebuah aktivitas penting di sebuah perusahaan, tidak hanya pada SDM, tetapi juga pada keuangan itu sendiri.

Tips Mengelola Keuangan Bisnis

Tips Mengelola Keuangan Bisnis - Kanalmu
Ilustrasi Tips Mengelola Keuangan Bisnis

Nah, dalam kesempatan kali ini, Admin akan memberikan 5 tips jitu mengelola keuangan bisnis, supaya keuangan perusahaan Anda dapat berjalan dengan optimal. Mari kita cari tahu bersama-sama di bawah ini!

Membuat Budget Perusahaan

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mengelola keuangan bisnis Anda, yakni dengan membuat budget perusahaan.

Penyusunan budget penting untuk dilakukan, guna mengendalikan pengeluaran bisnis atau perusahaan. Selain itu, budgeting juga berguna untuk memberikan gambaran seberapa efisien usaha yang Anda jalankan selama ini.

Dalam menyusun budgeting, pastikan Anda menyesuaikannya dengan kondisi bisnis Anda saat ini. Anda juga bisa melakukan evaluasi terhadap budgeting yang Anda buat, agar semakin efektif dan efisien dalam penerapannya.

Catat Semua Pengeluaran Bisnis

Tips yang kedua yaitu mencatat setiap pengeluaran bisnis yang ada di perusahaan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui dari mana pengeluaran tersebut berasal.

Lakukan pencatatan dengan selengkap dan sedetail mungkin, caranya Anda perlu untuk melacak setiap transaksi yang terjadi, melalui faktur atau kwitansi.

Nantinya, Anda akan dapat mengetahui sumber biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda. Fungsi lain dari pencatatan ini, yaitu untuk mencegah terjadinya selisih angka yang terjadi pada pembukuan perusahaan.

Baca Juga :  √ Sukses Bisnis Online Dengan Media Sosial

Dengan mencatat setiap transaksi yang ada, Anda dapat memantau dan mengetahui setiap pergerakan bisnis yang terjadi.

Catat Pemasukan Bisnis

Tidak hanya perlu mencatat pengeluaran saja, Anda juga harus melakukan pencatatan pada pemasukan yang diterima oleh bisnis atau perusahaan Anda.

Caranya yaitu dengan melakukan perhitungan pada setiap pemasukan yang didapatkan, serta menghitung potongan yang wajib dibayarkan perusahaan.

Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda akan mengetahui besaran keuntungan yang didapatkan oleh bisnis Anda tersebut.

Memisahkan Uang Bisnis dan Uang Pribadi

Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh para pebisnis dan cukup vital yaitu tidak memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi.

Menggabungkan kedua uang tersebut akan membuat keuangan perusahaan menjadi kacau. Akibatnya, perusahaan bisa mengalami kerugian, hingga berujung pada kebangkrutan.

Langkah terbaiknya, Anda perlu memisahkan kedua uang tersebut. Anda menyimpan yang perusahaan Anda pada bank atau penyimpanan khusus. Dengan begitu, uang perusahaan Anda tidak akan bercampur dengan uang pribadi Anda.

Manfaatkan Laba Usaha

Tips yang kelima sekaligus menjadi yang terakhir yaitu memanfaatkan laba usaha yang perusahaan Anda miliki.

Cara satu ini terbilang sangat efektif dan efisien dalam memajukan bisnis yang Anda miliki. Misalnya dengan melakukan ekspansi dari laba tersebut, atau melakukan promosi-promosi menarik, dan lain sebagainya, agar dapat meningkatkan keuntungan lebih besar lagi.

Itulah 5 tips mengelola keuangan bisnis yang bisa Anda perhatikan dan terapkan pada perusahaan Anda.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan bantuan teknologi, seperti aplikasi LinovHR.

LinovHR adalah software payroll Indonesia yang sudah dikenal andal dalam membantu perusahaan, terutama HR dalam mengelola aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan administrasi karyawan.

Baca Juga :  Cara daftar bantuan BLT UMKM / BPUM 2022

Kesimpulan

Pengelolaan administrasi karyawan yang baik, seperti penggajian atau payroll, dapat berdampak pada keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, penting untuk mengelola payroll dengan baik dan optimal.