Contoh Teks Pidato Sambutan Malam Tirakatan 17 Agustus oleh Ketua RT-RW, Sambut HUT ke-77 RI Terbaru

Kanalmu.com, Biasanya setiap kampung tingkat RT / RW diadakan kegiatan malam tirakatan 17 agustus untuk memperingati HUT RI, termasuk yang ke-77 tahun 2022 ini.

Dan dalam acara tersebut biasanya perangkat seperti RT / RW akan memberikan sambutannya kepada masyarakat yang mengikuti agenda malam tirakatan 17 agustus.

Apabila sobat kanalmu mencari contoh teks pidato sambutan malam tirakatan 17 agustus untuk memperingati kemerdekaan republik indonesia, berikut ini kami memiliki contoh referensinya.

Teks Pidato Sambutan Malam Tirakatan 17 Agustus

Adapun contoh teks sambutan malam tirakatan 17 agustus adalah sebagai berikut ini, kamu bisa jadikan sebagai salah satu referensi terbaik untuk membuat sambutan di agenda lingkunganmu.

ilustrasi pidato sambutan 17 agustus - kanalmu
ilustrasi pidato sambutan 17 agustus – sc mamikos

Assalamualaikum Wr Wb.

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Yang Terhormat Bapak Kepala Desa …

Yang Terhormat Bapak Ketua RW …, Ketua RT …, ketua panitia, dan seluruh warga … yang saya hormati.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat, dan karunia-Nya, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul di tempat ini untuk melaksanakan malam tirakatan malam ini.

Selanjutnya, malam ini merupakan malam tirakatan 17 Agustus yang di mana 77 tahun yang lalu Soekaro-Hatta telah memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Hari ini kita bercermin memandang sejarah yang telah diperjuangkan para pahlawan dan mengapresiasi perjalanan panjang yang tela membawa kita kepada keadaan sekarang, keadaan yang sudah lepas dari penjajahan.

Kemerdekaan Indonesia ini membawa harapan dan doa bagi kita semua, Bangsa Indonesia harus merdeka, hukum harus ditegakkan secara adil sehingga tercapailah cita-cita kita menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Mari mengingat kembali peristiwa yang terjadi pada 17 Agustus 1945, tepat jam 10.00 WIB.

Baca Juga :  Daftar hari penting bulan oktober 2021 lengkap hari libur nasional

Ir. Soekarno mengumandangkan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia sebagai berikut:

“Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia,

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dll,diselenggarakan dsngan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun 45

Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta”

Kemerdekaan kita ini merupakan rahmat dan anugerah dari Allah SWT terhadap perjuangan bangsa Indonesia, sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Selanjutnya, momen kemerdekaan ini mari kita gunakan untuk meningkatkan kerukunan warga.

Saling membantu, menghargai, dan menciptakan lingkungan yang aman, tentram, dan nyaman.

Sekali lagi, mari kita hiasi alam kemerdekaan Indonesia dengan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat.

Jangan sampai kita terpecah belah.

Demikian pidato singkat ini, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya selaku manusia biasa mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaimum Wr. Wb.

Akhir Kata

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan terkait dengan contoh teks pindato sambutan malam tirakatan 17 agustus diatas bisa menjadi referensi yang cukup bermanfaat.

Sumber: tribunnews