7 Watak kepribadian dan sifat manusia berdasarkan weton hari lahirnya

Tidak bisa di pungkiri dari masing-masing manusia memiliki kepribadian dan watak berbeda-beda. Namun demikian sifat mereka ini bisa kita prediksi atau ketahui berdasarkan weton hari lahir mereka. Dikarenakan setiap hari lahir seseorang membawa aura watak dan sifat baik mereka pria maupun wanita.

Sesuai dengan catatan kitab primbon jawa, bahwasanya sifat dasar ini bisa melekat kepada mereka sampai dengan dewasa. Namun demikian hal tersebut bisa diolah menjadi lebih baik lagi dengan cara mengendalikannya atau terus belajar menjadi lebih baik.

Adapun hari lahir berdasarkan weton ini mengacu pada tanggal kelahiran kalender jawa, semisal sobat kanalmu yang lahir pada hari minggu pahing, selasa kliwon maupun hari-hari lainnya. 

Bagi sobat kanalmu yang masih belum mengetahui weton kelahirannya, bisa cek secara online melalui aplikasi yang dibuat team kanalmu di laman ulasan [ Cara mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir ].

Weton kelahiran adalah ?

watak kepribadian berdasarkan weton hari lahir - kanalmu
watak kepribadian berdasarkan weton hari lahir – kanalmu

Sebelum kita membahas terkait dengan kepribadian seseorang berdasarkan weton lahirnya, sobat kanalmu setidaknya mengenal sedikit apa itu weton kelahiran.

Weton adalah hari lahir yang dikombinasi antara hari tujuh ( senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, ahad / minggu ) dengan hari pasaran lima (kliwon, legi, pahing, pon, wage). 

Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya weton tersebut bagi masyarakat jawa wajib diketahui, karena memiliki banyak manfaat atau kesaktian seperti untuk digunakan untuk menentukan hari baik (Beli mobil, rumah, emas, motor, pindah rumah, mencari rezeki, buka usaha, bangun rumah), cek kecocokan jodoh, menentukan hari pernikahan dan juga banyak hal lainnya.

Neptu hari dan neptu pasaran adalah ?

Didalam perhitungan mencari hari-hari baik dan berbagai kebutuhan tersebut sobat kanalmu perlu mengetahui neptu wetonnya.

Dimana dalam neptu weton ini merupakan hasil penjumlahan dari neptu hari dengan neptu pasaran. Sebagai contoh nepto weton senin pon berapa ? 

Untuk mencari hasil nilai neptunya, kamu terelbih dahulu harus mengetahui nilai neptu senin berapa dan pasaran pon berapa. 

Baca Juga :  Hitungan buka usaha weton sabtu pon yang menjamin bisnis lancar jauh dari bangkrut

Adapun dibawah ini adalah penjelasan nilai neptu hari dan juga pasaran yang perlu sobat kanalmu untuk mengetahui neptu weton tersebut. 

Hari Neptu Pasaran Neptu
Minggu 5 Kliwon 8
Senin 4 Legi 5
Selasa 3 Pahing 9
Rabu 7 Pon 7
Kamis 8 Wage 4
Jumat 6    
Sabtu 9  

Dari tabel diatas kemudian kita bisa menemukan nilai neptu weton seseorang, seperti contoh diatas untuk weton senin pon. Dimana senin neptunya 4 dan pon neptunya 7, maka hasi nilai neptu weton senin pon adalah 11.

Watak kepribadian dan sifat manusia berdasarkan weton hari lahirnya

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya setiap weton kelahiran seseorang memiliki kepribadian dan sifat bawaannya. Dan berikut ini adalah daftar dari kepribadian watak seseorang berdasarkan hari lahir mereka.

Kepribadian weton lahir hari minggu / ahad

Untuk kamu yang ingin tahu watak kelahiran seseorang berdasarkan weton kelahirannya di hari minggu, cek di bawah ini lengkap dengan jari pasarannya.

Weton Minggu Neptu Watak Kepribadian
Minggu / Ahad Legi 10 Sumur Sinaba
Minggu / Ahad Pahing 14 Wasesa Segara
Minggu / Ahad Pon 12 Bumi Kapetak
Minggu / Ahad Wage 9 Satriya Wibawa
Minggu / Ahad Kliwon 13 Lebu Ketiyup Angin

Kepribadian weton lahir hari senin

Adapun mereka yang lahir pada hari senin juga memiliki watak kepribadian berbeda dengan hari lainnya, dan berikut ini adalah daftar lengkapnya.

Weton Senin Neptu Watak Kepribadian
Senin Legi 9 Tunggak Semi
Senin Pahing 13 Bumi Kapetak
Senin Pon 11 Sumur Sinaba
Senin Wage 8 Wasesa Segara
Senin Kliwon 12 Satriya Wirang

Kepribadian weton lahir hari selasa

Bagaimana dengan mereka yang lahir pada hari selasa kliwon untuk watak dan kepribadiannya ? Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa cek pada tabel dibawah ini.

Weton Selasa Neptu Watak Kepribadian
Selasa Legi 8 Wasesa Segara
Selasa Pahing 12 Satriya Wirang
Selasa Pon 10 Satriya Wibawa
Selasa Wage 7 Lebu Ketiyup Angin
Selasa Kliwon 11 Sumur Sinaba
Baca Juga :  Hitungan jodoh weton senin dengan jumat yang dipercaya cocok dan membawa kebahagiaan

Kepribadian weton lahir hari rabu

Untuk sobat kanalmu yang lahir pada hari rabu tanggal tertentu harus cek seperti apa watak dan sifat bawaan yang ada pada dirinya.

Weton Rabu Neptu Watak Kepribadian
Rabu Legi 12 Sumur Sinaba
Rabu Pahing 16 Wasesa Segara
Rabu Pon 14 Bumi Kapetak
Rabu Wage 11 Satriya Wibawa
Rabu Kliwon 15 Lebu Ketiyup Angin

Kepribadian weton lahir hari kamis

Dengan mengetahui weton kelahiran hari kamis, sobat kanalmu bisa melakukan ramal jodoh, pekerjaan, rezeki dan juga watak serta sifatnya.

Weton Kamis Neptu Watak Kepribadian
Kamis Legi 13 Satriya Wibawa
Kamis Pahing 17 Lebu Ketiyup Angin
Kamis Pon 15 Satriya Wibawa
Kamis Wage 12 Tunggak Semi
Kamis Kliwon 16 Bumi kapetak

Kepribadian weton lahir hari jumat

Apa arti hari kelahiran jumat ? Untuk mengetahui itu sobat kanalmu perlu mengetahui weton kelahirannya dalam duduk pancasudanya.

Weton Jumat Neptu Watak Kepribadian
Jumat Legi 11 Satriya Wirang
Jumat Pahing 15 Tunggak Semi
Jumat Pon 13 Lebu Ketiyup Angin
Jumat Wage 14 Sumur Sinaba
Jumat Kliwon 13 Wasesa Segara

Kepribadian weton lahir hari sabtu

Bagaimana watak wanita dan pria yang lahir pada weton hari sabtu ? Untuk itu kamu haru tahu pancasuda sesuai dengan kitab primbon jawa.

Weton Sabtu Neptu Watak Kepribadian
Sabtu Legi 14 Bumi Kapetak
Sabtu Pahing 18 Satriya Wibawa
Sabtu Pon 16 Wasesa Segara
Sabtu Wage 13 Satriya Wirang
Sabtu Kliwon 17 Tunggak Semi

Keterangan 7 Watak kepribadian dan sifat berdasarkan weton

Dari penjelasan tabel diatas sobat kanalmu sudah mengetahui watak dan sifat dasar dari masing-masing mereka sesuai dengan weton kelahirannya. 

Untuk itu kamu perlu mengetahui makna dari waktanya manusia berdasarkan weton tersebut, dan penjelasannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Sumur Sinaba  : Memiliki sifat suka menolong, mengayomi, dan biasanya menjadi rujukan atau panutan bagi orang mencari ilmu.
  2. Wasesa Segara : Memiliki pandangan luas, memiliki budi pekerti yang baik, luas maafnya atau pemaaf, dan juga memiliki wibawa
  3. Bumi Kapetak : Suka gelap hati, rajin bekerja, bisa hidup susah, dan suka dengan yang namanya kebersihan
  4. Satriya Wibawa : Dimana saja memiliki wibawa dan juga kemakmuran serta selalu beruntung
  5. Satriya Wirang : Sering mendapatkan kesusahan, sering mendapatkan malu akibat perbuatannya sendiri
  6. Tunggak Semi : Memiliki banyak rezeki yang selalu mengalir
  7. Lebu Ketiyup Angin :  Lebih sering mendapatkan kesusahan, sering tidak mendapatkan apa yang di inginkan, sering pindah tempat.
Baca Juga :  Weton rabu pahing lengkap ramalan nasib watak arah jodoh rejeki dan pekerjaan

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas terkait dengan ulasan watak manusia berdasarkan weton hari lahir, bisa diambil kesimpulan, bahwasanya setiap hari kelahiran memiliki sifat dan watak bawaan kepada manusia yang lahir pada hari tersebut.

Demikian penjelasan kanalmu terkait dengan info tersebut, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu kamu yang sedang mencari info terkait.