Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

35 Contoh peluang usaha di desa dengan omset bisa capai puluhan juta

Sering kita mendengar pergilah ke kota untuk menjalankan bisnis. Walau sebenarnya, ada banyak daftar peluang usaha di daerah yang dapat sobat kanalmu kembangkan. Dengan ini, Anda tak perlu tinggalkan desa, halaman dimana anda dilahirkan dan bermukim. Lebih dari itu, anda turut jadi factor penggerak ekonomi di pedesaan.

Selain itu karena terbatasnya lapangan kerja yang ada dan padatnya jumlah warga di kota membuat beberapa warga indonesia pilih untuk mengawali usaha di desa.

Pertimbangan ini perlu disokong penuh, mengingat jumlahnya peluang usaha di desa yang banyak, memikat dan prospektif untuk ditekuni.

Alasan Kenapa Bisnis di Desa Sangatlah Prospektif

Ada argumen kenapa Anda dianjurkan untuk buka usaha di desa. Ini dikarenakan buka bisnis di daerah sangat prospektif, adapun untuk alasan yang lain diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Usaha di daerah masih relatif sedikit hingga saingan atau pesaing anda sedikit. 
  2. Banyak peluang usaha di desa karena banyak orang masih kesulitan dalam memenuhi keperluannya hingga harus cari barang atau layanan itu di kota
  3. Warga desa atau kampung ialah orang yang cukup fleksibel dalam menerima suatu hal baru
  4. Wilayah desa semakin kedepan mengalami pertumbuhan menuju masyarakat modern maka dari itu memerlukan bermacam pengembangan dan perubahan.
  5. Sebenarnya buka usaha di desa sangat benar-benar prospektif. Anda tak perlu cemas untuk mengembankan usaha anda, karena sesungguhnya kekuatan usaha di desa bisa lebih maju dan tidak kalah besarnya dengan kekuatan buka usaha di kota.

Daftar Peluang usaha di desa yang dapat dapat menjadi referensi

peluang usaha di desa omset puluhan juta - kanalmu
peluang usaha di desa omset puluhan juta - kanalmu

Adapun untuk sobat kanalmu yang masih bingung ide bisnis seperti apa yang cocok untuk diterapkan di desa, kami team kanalmu memiliki beberapa referensi menarik yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu.

Adapun berikut ini adalah daftar peluang usaha di desa yang menguntungkan dan bisa menghasilkan uang dengan jumlah jutaan rupiah.

1. Budi daya pertanian organik

Makin tingginya kesadaran warga akan gaya hidup sehat membuat produk pertanian organik sekarang makin banyak disukai. Ini membuat peluang usaha budi daya pertanian organik makin memikat untuk dicoba. 

Anda bisa membuat kelompok tani (Gapoktan) yang manna untuk mengawali memproses tempat pertanian anda. Produk pertanian nantinya tidak hanya bisa ditawarkan di beberapa pasar desa saja tetapi dapat di kirim ke beberapa wilayah yang lain.

2. Membuat usaha peternakan

Bidang usaha yang beroperasi di sektor peternakan memang mempunyai peluang yang besar bila dilaksanakan di dearah perdesaan. 

Bagaimana tidak, jumlahnya tempat yang ada cukup banyak sehingga membuat usaha ini makin gampang untuk diaplikasikan. Ditambah lagi sumber pakan hewan yang tersedia banyak dan alami, dengan demikian bisa meminimalkan ongkos produksi.

3. Persewaan alat dan pemasaran produk pertanian

Jumlahnya warga desa yang profesinya sebagai petani membuat gagasan usaha ini mempunyai peluang yang lumayan besar untuk berkembang di wilayah pedesaan. 

Anda dapat membuat usaha pemasaran produk pertanian dengan bentuk koperasi simpan pinjam yang dengan memiliki anggota beberapa petani di desa sobat kanalmu. Tidak hanya memperoleh penghasilan, anda juga memiliki peran memberikan peluang dalam menolong warga di desamu.

4. Meningkatkan produk kerajinan lokal desa

Tiap desa pastinya mempunyai kekhasan dan keunikan masing-masing, baik dari sisi warisan budaya, makanan, hasil pertanian, hasil peternakan, atau sumber daya alamnya lainnya. 

Pekerjaan anda adalah meneliti dan mencari keunikan tersebut,  kemudian pilih salah satu yang paling prospektif untuk jadi peluang bisnis. 

Distribusi produk kerajinan lokal ini bukan hanya dapat dilaksanakan dalam wilayah saja, anda bisa juga memasarkannya ke luar wilayah atau ke beberapa pengunjung yang datang ke desa sobat kanalmu.

5. Mengembangkan desa rekreasi atau wisata

Bila desa anda mempunyai banyak tempat wisata, gagasan usaha ini pantas untuk dicoba. Tentu saja wujud usaha yang bakal ditingkatkan harus sesuai tempat wisata itu. 

Misalkan, bila tempat wisata desa anda adalah perairan seperti pantai atau danau, usaha persewaan alat permainan air jadi salah satunya opsi bagus yang pantas dicoba. 

Bila tempat wisata desa anda umumnya ialah pegunungan atau bukit, anda dapat buka tempat camping dengan bermacam fasilitas yang lengkap. Disamping itu, anda dapat buka gerai souvenir di dekat beberapa objek rekreasi di desa anda.

6. Bisnis makanan yang kekinian

Bila dalam riset penelitian ide usaha anda ambil referensi dari desa ke kota, saat ini silahkan kita coba untuk ambil ide usaha dari kota dan diterapkan di desa. 

Berkembangnya berbagai industri kulineran di dearah perkotaan bisa kita coba implementasikan contoh ide usaha tersebut di desa. 

Keuntungan buka usaha dengan ide ini adalah jumlahnya competitor yang beekompetisi sedikit. Disamping itu, anda pun mempunyai bermacam opsi gagasan makanan kekinian apa kiranya yang sesuai pasar yang cocok didesa.

7. Buka Pom Bensin Mini

Banyaknya kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat yang masuk di pedesaan, ini bisa menjadi ide sekaligus peluang bisnis yang sangat menjajikan untuk di coba.

Dimana ide usaha tersebut bisa bentuk dalam pom bensin. Bila di wilayah perkotaan pom bensin bisa dengan gampang diketemukan, namun jika berada di desacuman ada satu atau dua pom saja . 

Karena itu, gagasan usaha ini benar-benar memikat untuk dicoba. Jika terhalang hal modal usaha yang lumayan besar, anda bisa buka pom bensin mini mini atau pertamini yang lebih dapat dijangkau dengan modal kecil. 

Adapun untuk tempat usaha, kamu bisa posisikan di sejumlah tempat ramai di desa yang dilewati orang berkendara setiap harinya.

8. Bisnis Pulsa

Berjualan pulsa sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan di desa karena usaha ini termasuk usaha modal kecil tetapi mempunyai untung besar di perdesaan. Kita juga tidak kesusahan mendapatkan agen atau distributor dari bermacam operator karena jumlah mereka yang lumayan banyak.

Hal yang sangat menarik dari bisnis pulsa ialah pasarnya yang paling luas yang meliputi semua kelas ekonomi masyarakat. Karena itu, usaha jual pulsa bukan hanya menarik di beberapa kota besar tetapi sebagai ladang bisnis yang memberikan keuntungan jika diterapkan di desa karena banyak dari masyarakat membutuhkan.

9. Payment Token Listrik

Untuk saat ini warga mulai berpindah menggunakan layanan listrik pra-bayar atau mungkin dengan kata lain memakai token listrik, tidak kecuali warga di desa. Karena itu, usaha payment token listrik sebagai bisnis di perdesaan yang paling memberikan keuntungan.

Tidak ada syarat khusus agar bisa jadi penjual token listrik atau reseller, anda perlu cari distributor token listrik PLN di seputar wilayah anda. 

Berjualan token listrik sebagai bisnis usaha di desa dengan tingkat rugi yang paling rendah karena yang dipasarkan ialah keperluan warga masyarkat setiap harinya.

Peluang usaha rumahan di desa

Salah satu ide usaha yang banyak dicari masyarakat adalah peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan dengan minim akan kerugian jika dijalankan.

10. Usaha Galon

Peluang bisnis di desa cukup beragam macamnya dan terus berkembang. Adapun ide usaha isi ulang air galon sebagai salah satu jenis usaha di desa yang prospektif karena biasanya desa kaya sumber mata air dan mempunyai kualitas air tanah yang bagus. 

Disamping itu, bermacam alat instalasi untuk usaha depot air minum lumayan gampang diketemukan, baik itu lewat beli online atau langsung ke tokonya.

Terlebih untuk saat ini pemakaian dispenser listrik yang makin bertambah, sudah pasti membuat usaha isi galon jadi bisnis memberikan keuntungan di desa dan mempunyai prospek yang lumayan baik dimasa akan datang.

11. Layanan Potong Rambut

Tipe usaha ini sebagai peluang bisnis di desa yang cukup prospektif. Hingga, masyarakat desa tak perlu repot kembali kekota kecamatan atau kabupaten untuk memperoleh layanan barber atau potong rambut.

Ini sebagai peluang untuk beberapa sarjana muda sebelum pulang ke desa untuk pelajari kemampuan potong rambut dan hair stylelish, sebagai persiapan untuk buka usaha di desa. 

Terlebih untuk sekarang ini banyak pelatihan-pelatihan hairstyle dengan harga dapat dijangkau untuk menyiapkan menjadi seorang barber andal.

Usaha potong rambut ini bisa digerakkan secara fleksibel di desa, baik itu dengan on-site atau masyarakat yang mendatangi ke tempat kita atau dengan mobile di mana bila ada keinginan, kita yang bakal bertandang ke customer.

12. Berjualan Kue Tradisional

Tiap desa biasanya mempunyai makanan ciri khas yang mempunyai cita-rasa tertentu. Karena itu, berjualan kue tradisionil ciri khas desa sebagai usaha di desa yang memberikan keuntungan karena peminatnya cukup tinggi. 

Hal itu karena tipe usaha di daerah selalu punyai tempat di hati warga perkotaan dan juga pedesaan, ditambah lagi makin berkembangnya tehnologi kemasan untuk bisa diemplementasikan ke kue tradisional, sehingga makanan akan lebih higienis dan menarik.

Usaha prospektif di desa ini bida dijalankan dengan modal yang cukup kecil, sehingga dapat dijangkau. Selain itu umumnya bahan baku inti pembuatan kue tradisional ada banyak di lahan-lahan pertanian desa. 

13. Usaha Pertanian Hidroponik

Tipe usaha ini sedang digemari di perkotaan tetapi bukan bermakna tidak pas untuk ide usaha di perdesaan. Dimana proses pertanian ini lebih banyak memanfaatkan media air sebagai alat utama dalam menanam.

Masyarkat di desa sudah biasa dengan pertanian hingga, tentunya jika akan menjalankan usaha pertanian hidroponik bukan hal yang susah didalami. Disamping itu, tipe peluang usaha di desa ini mempunyai bahan instalasi yang lumayan gampang didapat dan dirangkai. 

Dan juga saat ini banyak bermacam panduan di saluran Youtube yang menerangkan bagaimana bertani memakai sistem hidroponik.

Sebagai tambahan, hidroponik sebagai usaha di desa cukuplah prospektif karena hasil penjualan panen lumayam, selain itu jika kamu sudah mengusai menyusun instalasinya tempat bertamam, kamu dapat jual bermacam-macam instalasinya atau bahkan juga jadi pelatih untuk beberapa orang yang baru mengawali usaha hidroponik.

14. Ternak Ayam Kampung

Ide usaha ternak ayam kampung di desa akan memberikan keuntungan karena umumya di desa mempunyai tempat yang luas dan mempunyai lingkungan yang aman untuk beternak ayam.

Adapun untuk masalah permodalan bisa dibilang realtif kecil, namun demikian memberikan prospek yang besar serta menguntungkan, dan perlu sobat kanalmu ketahui proses ternak ayam ini lebih mudah dibandingkan dengan ternak sapi dan juga kambing.

Disamping itu, tipe bisnis di desa ini mempunyai peluang untuk berpartner dengan bermacam perusahaan terutamanya di bagian peternakan dan pangan yang biasanya bisa menolong peternak dari proses awal s/d panen.

15. Usaha Jahit

Usaha jahit sebagai bisnis di perdesaan yang lumayan menjanjikan. Apa lagi lingkup usaha ini sangat luas dan mempunyai peluang yang besar dalam bereksperimen. 

Karena peluang usaha di perdesaan ini sangat cepat perubahannya, hingga benar-benar pas untuk anak muda yang memiliki semangat untuk belajar dan bereksperimen.

Saat ini sudah banyak pilihan untuk memperoleh mesin jahit sesuai dengan keperluan dan budget yang mana kamu bisa beli secara online maupun langsung, degan cara beli secara credit, atau dengan menyewanya.

16. Menjual Bermacam Bibit Tanaman

Jual bermacam tipe bibit tanaman, merupakan salah satu ide usaha yang amat menjajikan di desa, karena situasi dan keadaan desa memberikan dukungan, seperti jauh dari pencemaran dan dekat sama sumber air. 

Peluang usaha di desa ini mempunyai pasar yang luas, apa lagi sejak hadirnya marketplace yang memungkinkannya kita pasarkan produk hasil pertanian secara online.

Bervariatifnya tipe bibit membuat kita memiliki beberapa pilihan untuk lakukan usaha bisnis di desa. Dimulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, s/d bibit tanaman buah-buahan. Hal tersebut yang membuat berjualan bibit jadi usaha yang prospektif di lakukan pada kampung.

17. Usaha Layanan Service Parabola

Untuk desa yang cukup terpencil, parabola jadi alat yang perlu untuk warga digunakan untuk dapat menonton TV. 

Parabola dihandalkan warga untuk alat terima tayangan TV. Sama dengan beberapa alat electronic yang lain, parabola perlu perawatan dan mekanik khusus bila memiliki masalah. Karena itu, layanan service parabola menjadi opsi bisnis di desa yang menguntungkan.

Bisnis perdesaan ini memiliki pasar yang lumayan luas karena bisa layani di desa bahkan dalam satu kecamatan atau antar kecamatan. Disamping itu, perubahan tehnologi parabola cukup cepat, maka dari itu ketrampilan tentunya akan menjanjikan masa akan datang.

18. Usaha Jasa Titip Ke Kota

Usaha layanan titip ke kota sebagai bisnis di desa yang memberikan keuntungan sekarang untuk saat ini. Cara kerja bisnis ini dengan beli barang sesuai keinginan customer saat kita ada di kota dan nanti customer akan bayar kita ditambah lagi ongkos jasa titip.

Adapun ide bisnis ini akan sangat dipermudah dengan adanya teknologi informasi saat ini seperti aplikasi bukalapak, tokopedia, shopee dll. Yang mana kita bisa menawarkan barang yang di inginkan konsumen kemudian membelikannya, kemudian kita mendapatkan jasa pembelian tersebut.

Menciptakan peluang usaha di desa

Perlu sobat kanalmu ketahui dengan kamu menciptakan peluang usaha didesa, tentunya sobat kanalmu juga akan membantu perputara perekonomian desa menjadi lebih baik lagi.

19. Usaha Berjualan Tanaman Hias

Peminat tanaman hias, mengalami peningkatan yang cukup berarti sekarang ini. Bisa disaksikan saat akhir minggu dengan adanya banyak masyarakat kota berkunjung desa-desa yang memiliki pontensi tanaman hias. Karena itu, budidaya tanaman hias ialah usaha di desa yang prospektif sekarang ini.

Usaha ini salah satu jenis usaha produktif di desa karena bisa diperbudidayakan dengan gampang karena situasi keadaan desa yang memberikan dukungan. 

Dengan adanya marketplace, ini bisa menolong bisnis didesa untuk memperoleh pasar yang lebih luas, bahkan antar provinsi. 

Dan terlebih saat ini makin banyaknya pilihan jasa service pengangkutan barang yang sudah men-cover pengangkutan tanaman.

20. Membuat Pot Tanaman

Bertambah banyaknya minat akan tanaman hias, pastinya untuk permintaan pot tanaman juga akan naik. 

Karena itu, bisnis membuat pot tanaman sebagai usaha di desa yang memberikan keuntungan, apa lagi saat kita bisa penuhi tuntutan yang diminta oleh para konsumen. 

Karena tidak dapat disangkal, faktor manfaat saja belumlah cukup, dibutuhkan faktor estetis yang bagus seperti warna dan pola supaya laris di pasar.

Sebagai bisnis yang pas di desa, usaha ini mempunyai beberapa pilihan bahan baku, dimulai dari semen, tanah liat, plastik, kayu, s/d porselen. Oleh karena itu sobat kanalmu tinggal sesuaikan dengan alat dan bahan baku yang ada di desa.

21. Usaha Kerajinan Furniture

Ini ialah ide bisnis yang menjajikan di desa, terlebih di kampong masih mempunyai beberapa pohon besar yang bisa jadi bahan baku furniture sesuai permintaan konsumen. 

Meskipun memerlukan modal yang banyak untuk beli bahan baku, perlengkapan, dan gaji karyawan bila diperlukan, perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya kerajinan furniture sebagai bisnis perdesaan yang memberikan keuntungan.

Karena pasarnya bisa dalam kota, luar kota bahkan bisa terbuka peluang besar untuk di-export ke luar negeri.

Dengan adanya teknologi digital saat ini, masyarakat desa yang akan melakukan bisnis mebel perlu melakukan riset agar bisa sukses, dan juga membangun jaringan patner yang bisa dikembangkan diberbagai daerah.

22. Usaha Jual Ikan Asin

Ikan Asin bisa jadi usaha di wilayah perdesaan yang cukup prospektif, intinya desa yang ada di dekat laut, sungai, danau, atau desa yang mempunyai banyak empang.

Hal yang terpenting dari bisnis untuk di desa ini ialah suplai bahan baku ikan dan tempat untuk menjemur. Upayakanlah untuk beli ikan langsung dari nelayan agar mengirit modal yang dikeluarkan.

Berjualan ikan asin sebagai usaha di desa yang mempunyai pasar yang lumayan luas, bahkan bisa eksport ke luar negeri. 

Untuk itu, dibutuhkan penelitian yang baik berkenaan komoditas ikan yang sering dicari di wilayah anda, beberapa kota besar di Indonesia, atau pasar luar negeri.

23. Jadi Sub Agen Elpiji 3Kg

Sub Agen Elpiji 3Kg merupakan agen yang memiliki ijin penyaluran gas elpiji secara retail untuk masyarakat umum. 

Jadi sub agen untuk elpiji 3kg menjadi peluang usaha di desa yang memiliki prospek keuntungan yang menjajikan karena jumlah permintaan retail lebih banyak.

Meskipun ada syarat-syarat administrasi yang perlu lengkapi untuk ajukan permintaan ijin, tetapi kalau sudah berjalan baik, ini menjadi bisnis di desa yang memberikan keuntungan. 

Adapun untuk persyaratan yang komplet jadi sub agen gas elpiji 3kg silakan mengontak pertamina paling dekat dengan tempat anda.

24. Bisnis Minuman Ringan

Berjualan minuman menjadi tipe usaha tepi jalan di desa yang cukup menarik. Apa lagi bila statusnya ada di jalan pusat desa atau ada di dekat tempat seperti lapangan olahraga atau sekolah.

Berjualan minuman ini menjadi usaha di desa yang sukses bila di urus dengan baik dan rajin bereksperimen, karena tidak dapat disangkal bila warga benar-benar gandrung dengan suatu hal yang baru.

Disamping itu, hal yang lain yang membuat berjualan minuman jadi bisnis menjanjikan di desa ialah tidak memerlukan banyak modal dan bahan bakunya sangat muda didapat.

Usaha yang menguntungkan di desa

Selain beberapa contoh diatas masih banyak contoh ide usaha yang menguntungkan di desa yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pemasukan hingga puluhan juta.

25. Layanan Service Motor / Bengkel

Layanan service motor sebagai salh satu tipe pelayanan yang tidak lekang oleh waktu dan keperluan akan pekerjanya semakin meningkat, tidak kecuali di desa. 

Bila anda memiliki kemampuan service kendaraan motor dan mempunyai tempat diporos jalan desa, buka layanan service motor menjadi usaha di wilayah perdesaan, yang cukup memberikan keuntungan.

Bila anda belum memiliki kemampuan yang mumpuni, ada beberapa tempat training untuk tingkatkan kemampuan anda, baik itu milik dari pemerintahan atau swasta. Disamping itu, untuk masalah suku cadang, telah ada beberapa distributor yang sediakan bermacam suku cadang motor dan juga dapat dijangkau lewat marketplace atau situs tertentu.

Karena itu, layanan jasa service motor menjadi bisnis di desa yang prospektif apabila kita bisa melihat peluang besar di depat mata tersebut.

26. Penginapan / losmen

Bila anda tinggal di desa yang berpotensi pariwisata yang besar, menyiapkan rumah sendiri yang kosong untuk ditempati oleh pelancong menjadi peluang bisnis di desa.

Meskipun tidak harus sedetail dan senyaman hotel atau losmen eksklusif, losmen dari masyarakat masih memiliki keunggulan seperti situasi yang benar-benar alami. Anda dapat sediakan beberapa sarana sama seperti yang berada di hotel sesuai kekuata dana yang dipunyai seperti akses wifi, air hangat, sarapan dll.

Sebagai salah satu contoh bisnis yang pas untuk di desa, bisnis losmen ini bisa berjalan optimal bila anda membuat kerja sama dengan tempat rekreasi di tempat anda. Disamping itu, manfaatkan bermacam service sosial media menolong anda untuk pasarkan pemondokan dengan capaian yang lebih luas.

27. Jadi Reseller Produk

Desa sudah jadi sasaran marketing bermacam merek nasional atau internasional yang bergerak di beberapa bidang seperti peralatan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan bermacam bidang yang lain. Karena itu, menjadi reseller adalah peluang usaha yang sagat menjajikan di desa.

Bahkan jadi reseller dari bermacam merek itu bisa menjadikan usaha sukses meskipun didesa bila kamu mengikuti  trend pasar yang ada.

Bila anda telah lakukan penelitian produk yang paling prospektif dipasarkan di desa, sebaiknya untuk mempersiapkan etalase simpel untuk produk yang anda jual bila memiliki modal lebih.

Disamping itu, sebagai bisnis yang pas untuk di desa, bila memungkinkannya, anda perlu sesuaikan waktu pembayarannya sesuai kondisi warga, seperti pembayaran bisa dilaksanakan saat sudah masuk periode panen.

28. Usaha Jual Membeli Ikan Hias

Usaha jual-beli ikan hias menjadi bisnis di desa yang prospektif apa lagi bila dari awalnya anda telah memiliki hoby di bagian itu. Anda pun tidak memerlukan tempat yang luas dan modal yang tidak besar bila ingin jalankan usaha ini.

Ada bermacam tipe ikan hias yang laris di pasar seperti ikan Koi, ikan Mas Koki, ikan Cupang, ikan Molly, dan bermacam tipe ikan yang lain, membuat jual-beli ikan hias jadi usaha di desa yang memberikan keuntungan karena mempunyai pasar yang luas.

Bila anda baru ingin mengawali usaha ini, ada banyak kanal di YouTube yang berisi bermacam trik dan tips dalam memiara ikan hias.

29. Lobster Air Tawar

Lobster air tawar mempunyai kandungan protein yang tinggi dan cholesterol yang lebih rendah, oleh karenanya budidaya lobster air tawar menjadi usaha di desa yang akan menjadikanmu sukses karena memiliki berbagai keunggulannya itu.

Sama dengan usaha ikan hias, budidaya lobster bisa digerakkan meskipun anda tidak mempunyai tempat yang luas. Pasar export untuk komoditas ini besar sekali seperti ke negara Korea, Jepang, dan Singapura.

30. Ternak Lele

Meskipun tipe usaha ini tidak termasuk baru dan telah lumayan banyak yang melakukannya, ternak lele tetap jadi bisnis di desa yang sangat menjajikan karena permohonannya masih tinggi serta peluang export ke bermacam negara sudah terbuka.

Bibit ikan lele lumayan gampang untuk didapatkan baik itu di marketplace atau bertandang langsung ke penjualnya dan kolamnyapun tidak harus memerlukan tempat yang luas.

Karena jumlah usaha ternak lele lumayan banyak karena itu anda perlu taktik marketing yang bagus, seperti lakukan maping ke pedagang pecel lele, cari peluang kerja sama dengan supermarket dan restoran, s/d memasarkannya lewat sosial media. 

31. Keramba Jala Apung

Usaha keramba jala apung ialah bisnis yang pas di daerah yang ada dekat sama laut. Meskipun memerlukan modal lumayan banyak tetapi mempunyai untung yang besar bila sukses. Usaha ini bisa dilaksanakan secara bersama seperti lewat kelompok nelayan setempat.

Ongkos perawatannya pun tidak tinggi tetapi anda perlu memerhatikan masalah pencemaran laut seperti sampah.

32. Usaha Pewangi Baju Literan

Pewangi usaha baju literan cukup digemari sekarang ini karena karena sebagai pewangi alternative yang mempunyai harum lumayan lama pada harga yang murah. Tidaklah heran bila jual pewangi baju ini menjadi bisnis yang prospektif di desa.

Pewangi baju ini mempunyai bermacam variasi wanginya dengan bermacam tipe ukuran kemasannya, seperti pada botol 1 atau dalam jerigen mini. Jadi saat sebelum jadi reseller, anda perlu lakukan penelitian kecil harum wangi seperti apa yang banyak disukai warga secara umum dan ukuran kemasan yang pas untuk warga di desa.

Disamping itu, bisnis ini menjadi usaha di daerah untuk anak muda yang mempunyai background akademis kimia. Bermodalkan pengetahuan kimia, anda bisa mengolah formulasi tipe pewangi ini karena bahan bakunya tidak susah didapatkan.

33. Persewaan PlayStation

Bila jaringan listrik di desa sudah cukup baik dan desa anda memiliki jumlah anak remaja yang lumayan banyak, persewaan PlayStation menjadi bisnis yang pas untuk kamu kembangkan di daerah anda.

Bila anda ingin menguji pasarnya, anda dapat awali dengan mendatangkan dua unit saja (2 TV Flat dan + 2 PlayStation 4), bila pengunjungnya ramai dan tak pernah putus, kemudian anda dapat menimbang untuk menambahkan unitnya kembali.

34. Buka Layanan Tuntunan Belajar / jasa bimbingan belajar

Meskipun bukan peluang usaha wilayah perdesaan yang mempunyai keuntungan besar, tetapi buka layanan tuntunan belajar sesuai pelajaran yang kita kuasai, masih bisa memberi kita penghasilan lebih sekalian menolong adik-adik untuk pahami pelajaran di sekolah. 

Apa lagi di periode pendemi ini di mana jam tatap muka langsung antara pengajarr dan siswa jadi menyusut.

35. Usaha menanam sayur

Ada jenis usaha lain yang cocok kamu jadikan ide ketika kamu sedang tinggal di desa, yaitu menam sayuran seperti capai, sawi dan semacamnya.

Jika usaha ini dijalankan dengan rajin dan perawatan yang baik, kamu bisa mendapatkan income jutaan rupiah dari usaha menamam sayur-sayuran.

Karena permintaan sayur ini tidak hanya mencukupi kebutuhkan lokal, karena jika kamu memiliki jaringan pedagang dari luar daerah ini bisa memberikan pasokan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Dari penjabaran diatas bisa diambil kesimpulan bahwasanya cukup banyak peluang usaha di desa yang bisa menjanjikan keuntungan sampai dengan puluhan juta. 

Namun untuk itu sobat kanalmu haruslah berani untuk mengambil tindakan untuk segera memulainya sekarang, sebelum kesempatan ini diambil oleh orang lain.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan untuk sobat kanalmu yang sedang mencari informasi terkait dengan ide usaha yang cocok di pedesaan, terbantu dengan adanya resume dari kanalmu ini.