Amalan malam jumat untuk wanita, laki-laki, suami istri, agar doa terkabul rezeki berlimpah

Malam jumat merupakan salah satu malam yang istimewa bagi umat islam, karena jumat merupakan salah satu hari yang menurut para ulama adalah rajanya hari. Karena ketika melakukan amalan-amalan baik pada hari ini dengan dilakukan penuh dengan kekhusukan Insya Allah semua apa yang bereka doa kan akan terkabul, dan salah satunya masalah terkait dengan rezeki.

Tentunya ini akan mejadi sangat disayangkan ketika sebagai seorang muslim wanita, laki-laki baik yang sudah suami istri maupun yang belum jika dilewatkan tanpa dengan melakukan amalan-amalan yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Namun sobat kanalmu perlu mengetahui amalah atau sunah rosul yang sebenarnya, agar tidak salah dalam penafsiran yang justru akan masuk dalam jurang dosa. Karena tidak sedikit yang memiliki banyak anggapan terkait alaman yang sebenarnya adalah ajaran menyimpang dari agama, harapan akan mendapatkan pahala justru akan menjadikanmu dipenuhi dengan dosa.

Amalan malam jumat untuk wanita, suami istri, agar doa terkabul rezeki berlimpah

amalan malam jumat - kanalmu
amalan malam jumat – kanalmu

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya dalam melakukan amalan-amalan yang baik, untuk malam jumat dan juga hari jumat, sobat kanalmu perlu mengikuti anjuran para kiayi, ulama dan juga yang sudah di sunnahkan oleh Muhammad SAW sebagai nabi panutan kita.

Adapun berikut ini adalah beberapa alaman yang baik untuk kamu muslim wanita, laki-laki, suami istri agar doa yang kamu panjatkan terkabul, seperti permintaan rezeki yang berlimpah dipenuhi dengan keberkahan.

1. Perbanyak dzikir

Untuk amalan pertama yang bisa kamu lakukan pada malam maupun hari jumat adalah melakukan dzikir sebanyak-banyak mungkin.

Karena dzikir adalah salah satu cara manusia untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, dengan semakin kita memperbanyak dzikir menyebut nama Allah, tentunya kita akan mendapatkan perhatian yang lebih dari Allah SWT.

2. Membaca sholawat

Amalan lain selain dzikir yang bisa dikerjakan oleh umat muslim di malam jumat adalah memperbanyak baca sholawat.

Rosulullah memberikan anjuran kepada umatnya untuk melakukan sholawat, bacaan mudah dan ringan ini memiliki manfaat bagi yang membacanya, karena urusan dunia maupun akhirat akan dipermudah oleh Allah SWT.

3. Perbanyak doa

Berdoa adalah cara kita sebagai manusia untuk meminta pertolongan kepada Alla SWT, namun demikian ada beberapa waktu utama yang jika melakukan doa akan dikabulkan permintaan kita oleh Allah SWT, salah satunya adalah hari jumat. Seperti pada hadist dibawah ini.

Baca Juga :  Teks bacaan bilal sholat idul fitri lengkap arab, latin, PDF

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan. Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dimana waktu terakhir tersebut adalah menjelang magrib hari jumat ketika akan berganti malam ke sabtu.

4. Mandi jumat

Tidak hanya laki-laki yang dianjurkan untuk mandi pada hari jumat karena akan melakukan sholat jumat, namun seluruh umat muslim termasuk disini adalah seorang wanita atau perempuan.

Dan untuk anjuran ini terdapat pada kitab hadist, seperti dibawah ini.

“Selain mandi pada hari Jumat yang memang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk setiap umat muslim tidak terkecuali untuk perempuan muslimah. Selain itu, hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Membaca surat Al-Kahfi

Tidak sedikit yang beranggapan bahwasanya alaman ini hanya dilakukan oleh kaum laki-laki, perlu sobat kanalmu juga ketahui.

Bahwasanya keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada malam atau hari jumat juga diperuntukan kepada mereka para wanita atau perempuan.

Adapun anjurannya membaca surat Al Kahfi ini terdapat pada kibta hadis seperti pada kalimat dibawah ini.

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

6. Memotong kuku

Pekerjaan ringan ini jika kamu lakukan pada hari jumat akan mendatangkan keberkahan, hal ini telah banyak disampaikan oleh para ulama-ulama.

Walaupun secara spesifik tidak terdapat perintah secara langsung, namun ketika merujuk pada hadist terkait mandi diatas, hari jumat adalah hari baik untuk bebersih diri.

7. Melakukan sholat jumat untuk laki-laki

Adapun untuk sholat jumat ini adalah perintah wajib yang harus dilaksanakan oleh laki-laki muslim. Karena jika melakukannya tentu akan mendapatkan banyak pahala, dan jika meninggalkannya akan mendapatkan dosa, kecuali bagi mereka yang memiliki halangan karena sakit tidak bisa untuk ikut sholat jumat di masjid.

Baca Juga :  Doa penglaris islami, dzikir serta amalan agar dagangan dan jualan ramai pembeli

8. Salat dhuhur pada awal waktu bagi wanita

Adapun untuk kaum wanita muslim disunnahkan untuk melakukan sholat dhuhur pada awal waktu, dengan demikian kamu akan mendapatkan pahala karena tidak melakukan penundaan sholat wajib sebagai salah satu pegangan hidup umat muslim untuk selalu bertakwa.

9. Melakukan sholat tasbih

Agar kamu terampuni atas dosa kamu karena melakukan perbuatan dosa, maka bertaubatlah kemudian lakukan sholat tasbih pada malam maupun hari jumat.

Karena pada hari ini Allah SWT akan mengampuni dosamu, dan mengantinya dengan pahala apabila benar-benar melakukan tobat dan menjalankan amalan-amalan wajib maupun sunnahnya, yang salah satunya adalah melakukan sholat tasbih.

10. Memperbanyak sedekah

Apabila sobat kanalmu ingin mendapatkan rezeki yang lebih berlimpah, maka bersedahlah, terutama pada malam maupun hari jumat.

Karena sedekah adalah salah satu cara membuka pintu rezeki yang jumlahnya tidak akan bisa kamu hitung, karena banyaknya rezeki tersebut.

11. Melakukan sholat tahajud

Sepertiga malam menjadi salah satu waktu yang oaling mustajab ketika kita meminta pertolongan kepada Allah atas kegelisahan hal duniawi, seperti rezeki, jodoh, pekerjaan dan juga semua hal yang menjadi permasalahanmu di dunia.

12. Memakai pakaian terbaik dengan wewangian

Tidak hanya untuk hari jumat saja ketika akan melakukan sholat jumat, karena malam jumatnya alangkah baiknya kita setelah bebersih diri kemudian menggunakan pakaian yang rapi kemudian juga memanfaatkan wewangian, dan perbanyak doa, dzikir dan ibadah Sunnah.

Tentunya ini akan menjadikan salah satu amalan baik bagi kamu yang melakukannya, dengan demikian pahala akan kamu dapatkan dari Allah SWT.

Doa amalan malam jumat 

Dan banya doa yang bisa dipanjatkan ketika malam atau hari jumat datang, yang mana apabila kita mengamalkannya akan diberikan surga oleh Allah SWT, dilapangkan rezeki dan dimudahkan segala urusan kita.

Adapun salah satu doa tersebut adalah sebagai berikut ini, yang merupakan salah satu doa mustajab ketika dibaca pada malam jumat.

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Baca Juga :  √ Doa Ini Baik Diajarkan ke Anak Saat Puasa Ramadhan

Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’uzu biridhoka min syarri ma shona’tu abu-u bini’matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Kesimpulan

Amalan malam jumat maupun hari jumat, sangatlah cukup banyak yang bisa dilakukan, untuk itu sobat kanalmu bisa mengamalkan semua atau memang yang kiranya memungkinkan untuk diamalkan pada waktu tersebut, untuk mendapatkan kemanfaatannya.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini membantu kamu yang sedang mencari info dengan topik terkait.

Sumber : Tulisan ini terinspirasi dari brilio, sindonews, idntimes