Bisnis Online Affiliate Shoope

Mandi wajib junub lengkap niat, doa dan tata caranya

Mandi wajib junub merupakan salah satu cara bersuci bagi laki-laki dan perempuan setelah jima’ serta wanita yang telah selesai nifas maupun haid. Dan hal ini penting dilakukan sebelum melaksanakan ibadah sholat wajib.

Karena hal ini penting dan wajib dilakukan bagi seorang muslim khususnya, maka dari itu sobat kanalmu perlu mengetahu secara lengkap niat, doa dan bagaimana tata cara melakukan mandi wajib junub yang baik dan benar.

Dan melalui ulasan ini, team kanalmu akan berbagi sedikit terkait dengan bagaimana cara melakukan mandi wajib atau mandi junub ini baik di hari biasa maupun saat bulan puasa ramadhan secara lengkap dan step by step.

Niat dan doa mandi wajib junub

Apabila sobat kanalmu melakukan kegiatan dewasa dimalam hari, sebaiknya melakukan mandi wajib ketika sudah fajar dan sebelum melaksanakan sholat subuh, agar sobat kanalmu benar-benar dalam keadaan bersih dan suci.

Sebelum sobat kanalmu mengetahui bagaimana tahapan dan juga tata cara yang baik dan benar melaksanakan mandi wajib junub.

Sobat perlu mengetahui bagaimana niat dan doa melaksanakan mandi wajib ini, dengan demikian kamu benar-benar mengikuti anjuran dalam bersuci.

Dan berikut ini adalah niat dan juga bacaan doa saat sobat kanalmu akan melakukan mandi wajib junub baik di hari biasa maupun dalam puasa ramadhan.

niat doa mandi wajib junub lengkap  -kanalmu
niat doa mandi wajib junub lengkap -kanalmu

Nia dan doa mandi wajib setelah bersenggama

Berikut ini adalah ucapan niat dan doa yang dilakukan sobat kanalmu ketika akan mandi wajib setelah melakukan jima’ dengan suami istri kamu.

Baca Juga :  Hari baik potong rambut agar hasilnya keren serta mendatangkan keberuntungan dan keberkahan

Bismillahirrahmanirrahim.. Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta’aalaa

Artinya: Dengan menyebut nama Allah aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardhu karena Allah Ta’ala

Niat dan doa mandi junub wanita setelah haid dan nifas

Adapun untuk seorang wanita yang akan mandi wajib junub setelah haid dan nifas, untuk niat dan doanya adalah sebagai berikut ini.

Bismillahirrahmanirrahim.. Nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbar minan nifasi fardlon lillahi ta’ala

Artinya: Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala.

Tata cara mandi wajib junub

Adapun setelah menghafal doa dan niat mandi wajib junub diatas sobat kanalmu perlu mengetahui bagaiman tata cara yang baik dan benar.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang sobat kanalmu perlu lakukan ketika akan melakukan mandi wajib junub.

  1. Membaca niat mandi junub terlebih dahulu
  2. Bersihkan telapak tangan 3 kali kemudian lanjutkan dengan membersihkan dubur dan alat kelamin. Sesuai sunnah Rasullullah, mencuci tangan bisa dilakukan sampai 3 kali, agar tangan bersih dan terhindar dari najis.
  3. Bersihkan kemaluan, dubur, bawah ketiak, pusar dan lain-lain, serta kotoran yang menempel di sekitarnya dengan tangan kiri.
  4. Setelah itu, cuci tangan dengan menggosok-gosoknya dengan tanah atau sabun.
  5. Ketika tangan sudah bersih dari hadast, berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti hendak shalat.
  6. Lalu, guyurkan air pada kepala sebanyak tiga kali hingga sampai ke pangkal rambut.
  7. Kemudian mulailah mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri
  8. Menyela-nyela rambut atau membersihkan sampai ke bagian dalam seluruh rambut.
  9. Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan setelah itu yang kiri
Baca Juga :  Perhitungan jawa hari baik buka usaha weton kelahiran senin legi lengkap

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan mandi wajib junub, lengkap doa, niat dan juga tata cara yang baik dan benar.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui ulasan ini bisa memberikan manfaat yang cukup dan juga referensi bagi sobat kanalmu.