Urutan Tata Cara Sholat Idul Adha dan Bacaannya

Tata cara sholat idul adha hampir sama dengan shalah idul fitri maupun sholat sunnah lainnya, namun demikian yang membedakan adalah niat dan juga waktu pelaksanaannya.

Dan juga terdapat beberapa ucapan sunnah tambahan, dimana sholat idul adha hukumnya adalah sunnah muakad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh muslim laki-laki dan juga perempuan.

Berbeda dengan shalat wajib, sholat idul adha tidak didahului dengan adzan dan iqomah, serta jumlah takbir pun juga berbeda.

Sholat

Sholat sendiri adalah salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat islam perempuan dan juga laki-laki yang mana diawali dengan takbir kemudian diakhiri dengan bacaan salam.

Sholat merupakan rukun iman yang kedua, setelah melakukan sahadat. Yang mana untuk jenisnya ada beberapa yaitu sholat sunnah, dan juga shalat wajib.

Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha adalah shalat sunnah yang dianjurkan dan waktu pelaksanaannya adalah ketika hari raya idul adha atau hari raya qurban, yang mana bertepatan di tanggal 10 dzulhijjah setiap tahunnya.

Adapun untuk jumlah rakaatnya sebanyak 2 dan dilaksanakan secara berjamaah, namun demikian pada kondisi tertentu yang tidak bisa ditinggalkan sama sekali bisa dikerjakaan munfarid atau sendiri dari pada tidak melaksanakannya.

Tata Cara Sholat Idul Adha

sholat idul adha lengkap tata cara dan panduannya - kanalmu
sholat idul adha lengkap tata cara dan panduannya

Lalu bagaimana tata cara sholat idul adha yang benar dan bacaannya apa saja ? Untuk menjawab ini, mari baca ulasan kanalmu ini sampai dengan selesai.

Karena pada laman ini kami akan berbagi panduan sholat idul adha secara berurutan agar mudah untuk dilaksanakan.

Pertama

Untuk pertama sobat kanalmu perlu melafalkan niat baik dalam hati maupun dalam bentuk lafal niat dibaca secara lirih.

Baca Juga :  15 Meme kocak lebaran idul fitri untuk status medsos

Dan untuk bacaan niat sholat idul adha adalah sebagai berikut ini.

أُصَلِّيْ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلّٰهِ تَعَـــالَى

Artinya: “Aku berniat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Kedua

Adapun langkah kedua adalah takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, setelah itu membaca taktib sebanyak tujuh kali ( 7 ), yang mana di sela selanya dianjurkan untuk baca bacaan beriktu ini.

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Artinya: “Allah Mahabesar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Mahasuci Allah, baik waktu pagi dan petang.”

Atau boleh juga membaca:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Mahabesar.”

Ketiga

Kemudian selanjutnya sobat kanalmu haruskan membaca surat alfatihah, dan untuk surat selanjutnya disunnahkan untuk membaca surat al-a’la, kemudian Rukuk, Sujud, Duduk Diantara Dua Sujud, setersunya sampai dengan berdiri kembali.

Keempat

Kembali ke posisi berdiri untuk rakaat kedua dan melafalkan takbir sebanyak 5 kali dengan di sela-sela takbir membaca bacaan yang di sunnahkan seperti pada rakaat pertama.

Selesai itu kemudian membaca surah alfatihah, dan dilanjutkan dengan membaca bacaan alquran lainnya dan disunnahkan untuk membaca surat Al-Ghasyiyah. Kemudian Rukuk, Kemudian Sujud, Kemudian Duduk Diantara dua sujud, kemudian Sujud, dan duduk tasahud akhir dan salam.

Kelima

Yang Terakhir setelah melaksanakan sholat idul adha, sobat kanalmu dianjurkan untuk mendengarkan ceramah atau khutbah idul adha yang diampaikan oleh khotib.

Download Panduan Sholat Idul adha Pdf

Bagi sobat kanalmu yang ingin mencetak panduan sholat idul adha untuk diajarkan kepada anak, anak didik maupun santrinya.

Baca Juga :  Download 5 contoh spanduk banner zakat fitrah 2022 / 1443 h cdr dan psd photoshop

Kamu bisa download panduan sholat idul adha pdf, kemudian kamu bisa print dengan kertas ukuran A4 maupun Letter.

Adapun untuk link download panduak sholat idul adha pdf lengkap, kamu bisa dapatkan melauil tautan beriktu ini [ PDF ]

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan tata cara sholat idul adha lengkap dengan bacaan yang harus dibaca baik wajib maupun sunnahnya.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui ulasan ini bisa memberikan cukup referensi dan juga manfaar.