Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mitos potong kuku malam hari umur jadi pendek

Memotong kuku sudah menjadi salah satu hal yang dirutinnitaskan dalam jangka waktu beberapa hari. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya kuku yang ada dalam jari tangan maupun kaki sangat cepat panjangnya. Dan dalam melakukan pemotongan kuku sendiri ada beberapa hari baik yang disarankan, dan juga ada waktu yang tidak diperbolehkan untuk melakukannya dikarenakan bisa akibatkan menjadikan umur pendek, mati dan juga didatangi hantu.

Adapun di nusantara ini mitos yang cukup popular terkait dengan potong kuku yang dilakukan pada malam hari, mitos potong kuku saat hamil, dan juga mitos melakukan catut kuku bayi. Dari beberapa tutur yang didapatkan dari terdahulu ini, dipercaya akan memberikan dampak pada kehidupan yang melakukannya.

Untuk sobat kanalmu yang penasaran terkait dengan mitos gunting kuku, pada ulasan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh mitos lengkap dengan penjabaran faktanya, agar kamu tidak bimbang dalam mengambil keputusan dalam membersihkan kuku yang sudah memulai panjang yang mana bisa menjadi salah satu sarang kuman dan juga virus.


Mitos potong kuku yang wajib kamu ketahui

mitos potong kuku malam hari - kanalmu
mitos potong kuku malam hari - kanalmu

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya didalam kepercayaan beberapa masyarakat yang ada dinusantara ada mitos yang cukup membat hati berdegub kencang jika kamu baru mengetahuinya. Adapun berikut ini adalah beberapa misteri potong kuku yang perlu kamu ketahui.

1. Mitos potong kuku malam hari

Adapun yang cukup terkenal kita dengar adalah mitos potong kuku dimalam hari bisa akibatkan umur pendek sampai dengan kematian. Dan juga perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya mitos ini tidak hanya dipercaya pada negara Indonesia saja, namun di negeri jepang yang terkenang dengan teknologi modern nya juga masih banyak yang menyakini aktifitas ini.

Tidak hanya penafsiran menyebabkan meninggal namun dalam beberapa tempat lain, gunting kuku malam hari bisa akibatkan tidak akan melihat orang tua meinggal, bisa mendatangkan setan dan juga hantu kuntilanak.

2. Mitos potong kuku saat hamil

Ada mitos lain terkait dengan potong kuku ini, yang mana salah satunya adalah dilakukan saat hamil bisa akibatkan janin atau jabang bayi yang ada dalam rahim bisa patah tulangnya. Tidak hanya itu, bisa akibatkan salah satu organnya terputus dan sampai juga bisa akibatkan bayi terlahir dalam kondisi cacat.

Dan tidak sedikit yang mempercayai hal ini, dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian hal ini dalam dunia medis tidak bisa dibuktikan secara ilmiah akan berdampak pada jabang bayi yang di dalam rahim. Namun demikian kamu harus tetap menghormati tutur yang disampaikan orang tua, simbah kalian dengan mengambil keputusan yang paling bijak.

3. Mitos potong kuku bayi


Juga ada mitos terkait dengan larangan potong kuku bayi sebelum umur 40 hari, namun hal ini ada juga benarnya dikarenakan jari bayi masih mungil dan jika tidak terbiasa tentunya akan kesulitan untuk melakukan pemotongan kuku.

Namun jika tidak di gunting justru ini bisa melukai kornea mata bayi jika jari tangan sering mengusap-ngusap muka, karena kita ketahui sendiri bahwasanya kuku jari tangan maupun kaki cepat sekali pertumbuhannya. 

Sebagai salah satu tips dan saran kami, ketika akan melakukan pemotongan kuku pada bayi anda sebaiknya anak tertidur dengan pulas, sehingga akan lebih mudah untuk melakukan pembersihan dan penguntingan kuku.

Waktu yang dianjurkan dalam memotong kuku bayi dalam islam

Dalam islam sendiri menyampaikan bahwasanya kebersihan sebagian dari iman, dan melakukan potong kuku baik bayi maupun dewasa tentunya akan mendatangkan kebaikan dan juga keberkahan. Selain di sisi lain bisa menghindari sebagai tempat bersarangnya kuman di dalam sela kuku jari-jari tangan.
Islam sendiri tidak memberikan anjuran khusus untuk melakukan pemotongan kuku hari baiknya kapan, karena setiap kuku sudah mulai panjang dan kotor harus segera dibersihkan agar tidak menjadi tempat kuman dan juga virus.

Akan tetapi untuk pria dewasa yang akan melakukan sholat jumat di sunnahkan untuk melakukan bebersih diri, seperi melakukan potong kuku, mencukur kumis, mandi dan juga memakai wewangian ketika akan berangkat ke masjid untuk menjalankan sholat jumat.

Ada juga pendapat dari salah satu ulama menyampaikan yaitu Imam Qosim Al Ghazi didalam catatan kitab Hasyiyah Al Baijuri disebutkan bahwasanya ada waktu yang cukup baik untuk melakukan potong kuku selain hari jumat yaitu hari kamis dan juga senin.

1. Keberkahan memotong kuku di hari baik menurut ulama islam

Adapun untuk kamu yang melakukan potong kuku pada hari baik senin akan menjadi orang yang alim serta mempunyai keutamaan di dalam hidup.

Dan untuk mereka yang mau melakukan potong kuku di hari kamis akan mendapatkan kekayaan bisa berupa rezeki dan juga ilmu yang manfaat.

Sedangkan kamu yang melakukan potong kuku di hari jumat akan mendapatkan keberkahan ilmu dan sifat menjadi lebih santun.

2. Hari tidak baik memotong kuku

Dan sesuai catatan dalam kitab tersebut bahwasanya ada juga hari tidak baik untuk melakukan potong kuku, sesui padangan oleh ulama tersebut. Dimana hari tersebut adalah hari minggu atau ahad, sabtu, dan juga selasa.

Dimana jika dilakukan gunting kuku pada haru selasa kan mendatangkan keburukan berupa penyebab dari kebinasaan, sedangkan untuk memangkas kuku pada hari sabtu bisa menjadikan buruk akan akhlak. Dan jika kamu melakukan potong kuku di hari sabtu akan menyebabkan datangkan beberapa penyakit yang gerogoti tubuh.

Namun demikin di Indonesia yang paham mazhabnya lebih condong ke imam Syafi’I lebih mengambil hari jumat sebagai hari yang baik dan penuh keberkahan untuk melakukan ptong kuku.

Fakta potong kuku dimalam hari

Adapun terkait dengan mitos larangan atau pantangan melakukan ptong kuku dimalam hari ini lebih menekankan bahwasanya di zaman dahulu tidak ada penerangan yang sebaik hari ini. Maka dari itu melakukan gunting kuku tidak dianjurkan agar tidak terjadi hal yang bisa menyebabkan jari mengalami luka, selain karena faktor penerangan atau cahaya, dikarenakan alat pemotong kuku tidak sebaik pada hari ini.

Dan pastinya akan menjadi lebih bersih dan rapi apabila kamu melakukan potong kuku pada siang hari atau dibawah cahaya lamu ketika malam hari. Terlebih untuk melakukan ptong kuku anak yang masih bayi, yang umumnya memiliki jari-jari mungil kecil.

Kesimpulan

Dari penjelasan ulasan kanalmu diatas terkait dengan mitos potong kuku, memiliki banyak pemaknaan dan juga penafsiran. Namun demikian tidak semua hal itu merupakan fakta, meski begitu kamu tidak bisa menolak secara langsung akan pendapat ini, karena itu kamu bisa mengambil sikap dengan bijak apabila mendapatkan pesan dari orang sekitar dan juga orang tua kita yang masih memegang erat kepercayaan tersebut.

Demikianlah informasi terkait dengan topik mitos ini, mudah-mudahan sedikit penjelasan ini bisa menjadikan kamu lebih bijaksana dalam menanggapi berbagai pendapat yang ada di lingkungan sekitar.

Post a Comment for "Mitos potong kuku malam hari umur jadi pendek"