Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Mitos bunga wijaya kusuma dari pembawa keberuntungan sampai gaib

Bunga wijaya kusuma ini cukup populer dijadikan sebagai salah satu tanaman yang dirawat, karena banyak mitos berkembang bahwasanya akan menjadikan sebagai tanaman hoki pembawa rezeki dan banyak kaitannya dengan hal gaib.

Bunga dengan sebutan ratu malam memiliki nama latin Epiphyllum anguliger, dan hanya mekar ketika malam hari dan tidak bisa diprediksi kemekarannya, serta jarang sekali orang yang menjumpai kemekaran dari bunga wijaya kusuma ini.

Adapun jenis dari bunga ini ada beberapa macam yang mana ada spesies yang hanya bisa mekar satu kali dalam setahun, dan juga spesies bunga malam yang mekarnya maksimal hanyak 3 kali. Karena keunikan dan juga langkanya dari bunga ini, banyak orang yang memiliki kepercayaan bahwasanya bunga ini merupakan pusaka titisan dewa wisnu.

Dan untuk mitos dari bunga ini sudah ada sejak jaman kerajaan terdahulu yang ada di Indonesia, dimana jika dalam tempat tersebut terdapat tanaman bunga wijayakusuma dan sampai bisa mekar ditengah malam, kerjaan akan mendapati kemakmuran.

Daftar mitos bunga wijaya kusuma

mitos bunga wijaya kusuma - kanalmu
mitos bunga wijaya kusuma - kanalmu

Tidak hanya beberapa mitos diatas saja, karena pada masyarakat kita banyak beredar informasi lain terkait dengan bunga wijaya kusuma ini.

Dan berikut adalah beberapa daftar mitos bunga wijaya kusuma yang team kanalmu kumpulkan dari berbagai literasi yang ada.

1. Bunganya raja dan ratu

Konon katanya pada zaman kerajaan terdahulu, untuk bunga ini merupakan salah satu jenis bunga favorit para ratu dan juga raja. Tidak hanya warna kelopak yang amat elegan, bunga night blooming cereus, merupakan salah satu jenis bunga yang juga langka.

Dan oleh sebab itu para raja terdahulu rela, masuk hutan dan mencari bunga ini untuk diberikan kepada ratunya sebagai salah satu bentuk keromantisannya.

Ada mitos lain juga mengatakan bahwasanya jika seorang raja memimpin dan dalam pekarangan istananya terdapat bunga ini, kerajaannya akan memiliki kemakmuran.

2. Tanaman hias pembawa keberuntungan 

Banyak masyarakat terutama mereka yang tinggal dijawa memiliki kepercayaan bahwasanya tanaman hias bunga wijaya kusuma ini merupakan salah satu jenis tanaman pembawa keberuntungan. 

Tidak hanya keberuntungan namun, bagi siapa saja yang menanamnya akan juga mendapatkan kemakmuran di dalak kehidupannya. Adapun kepercayaan ini sangat beralasan, karena jika dilihat dari nama bunga ini, yang mana wijaya artinya kemenangan dan kusuma maknanya adalah tegak. 

Dan tentu hal ini jika dimaknai secara menyeluruh mengibaratkan kemenangan yang mutlak bagi seorang raja. Maka dari situ banyak yang percaya barang siapa yang dapat menjumpai bunga wijaya kusuma pada malam hari akan banyak dikaruniai keberuntungan dan juga kakmuran. 

3. Angkat derajat manusia 

gambar bunga wijaya kusuma - kanalmu
Sumber gambar:  bunga wijaya kusuma - Shoope

Tidak hanya pembawa keberuntungan, namun bagi siapa yang memelihara tanaman bunga wijaya kusuma juga akan mendaatkan kenaikan derajatnya disisi mata manusia. Seperti yang kami sampaikan diatas, bahwasanya bunga ini merupakan bunganya para ratu dan juga raja. 

Oleh sebab itu, jika didalam pekarangan rumahnya terdapat tanaman ini, akan di angkat derajatnya seperti layaknya ratu dan juga raja. Dikarenakan wibawa seseorang tersebut akan lebih bersinar dibandingkan dengan orang lainnya. 

4. Bunga mistis 

Selain pembawa keberuntungan, bunga wijaya kusuma juga dikenal sebagian masyarakat merupakan salah satu jenis tanaman mistis. 

Maka dari itu tidak sedikit juga yang bulu kudunya merinding ketika mendapatkan cerita terkait dengan tanaman hias satu ini. Yang mana mistis tersebut berupa, bunga wijaya kusuma merupakan salah satu jenis bunga kesayangan dari penguasa laut selatan, yaitu nyi roro kidul. 

Tidak sedikit masyarakat yang mempercayai, bahwasanya untuk sesajen pantai selatan, diharuskan adanya jenis bunga ini sebagai salah satu lambang pemujaannya. 

Di sebagian masyarakat cilacap mempercayai cerita bahwasanya bunga wijaya kusuma ini dipenuhi dengan hal-hal gaib. Konon katanya pada zaman dahulu kala, terdapat seorang putri yang pergi ke pantai selatan untuk menenangkan diri karena tidak mau di nikahka. 

Dangan cara menceburkan diri kepantai, sang putri justru menikah dengan sosok gaib di pantai selatan konon katanya. Karena dari hasil pernikahannya ini memiliki kedua anak yang catat, kemudian sosoknya bak bunga wijaya kusuma. 

5. Bunga wijaya kusuma mekar malam jumat kliwon 

Bagi sebagian orang masih memiliki kepercayaan terkait dengan mekarnya bunga wijaya kusuma pada malam hari, terutama adalah malam jumat kliwon. 

Dimana mereka yang mendapati merkarnya bunga ini, akan mendapatkan keberuntungan, kemakmuran dan juga wibawa pada dirinya. Tidak hanya itu saja, karena banyak yang beranggapan, mendapati bunga ini mekar juga akan memberikan karisma lebih pada dirinya dan mudah melakukan penarikan jodoh. 

Walaupun terlihat tidak masuk akal, namun masih banyak yang mempercayai hal ini. Adapun bunga ini banyak yang sampaikan ketika mekar sempurna sekitaran jam 12 malam, dengan warnya yang sangat harum sekali. 

6. Memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit 

Adapun bunga pembawa keberuntungan ini memang benar adanya, karena pada dalam bunga ini terdapat beberapa kandungan yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. 

Dan beberapa jenis sakit yang bisa disembuhkan dengan bunga wijaya kusuma diantaranya adalah meredakan rasa sakit, hilangkan bisul, dan juga dapat menetralkan pembekuan darah. 

7. Mekarnya sulit diprediksi 

Banyak yang menyampaikan bahwasanya bunga ini dapat mekar sempurna ketika waktu sudah malam hari, namun demikian tidak bisa dipastikan kapannya. 

Namun demikian ketika bunga ini benar-benar sudah mekar sempurna, aromanya lebih harum dibandingkan dengan jenis bunga sedap malam. 

8. Doa pengasihan ajian bunga wijaya kusuma 

Untuk kamu yang mendapati bunga wijaya kusuma mekar dan mau merapalkan doa pengasihan atau penarik jodo bisa baca mantra seperti berikut ini. “Ajiku si kembang wijoyo kusumo sakjodho, manggon ing mripat kiwo lan tengen ”

Atau mantra doa yang lainnya, seperti berikut ini peramalan bacaannya “ Hyang Sanghyaning Asmara Kembang Wijaya Kusuma, Asih Kinasihan Ono Ing Mayapadha, Tak Njaluk Guna Gawemu Kanggo Anggugah Asmarane Si....(sebutkan nama yang kamu cintai)” 

9. Mantra doa pengobatan bunga wijaya kusuma 

Untuk hal yang kaitannya dengan pengobatan bunga wijaya kusuma, ada beberapa mantra doa yang harus dirapalkan. 

Dan berikut ini adalah teks bacaannya. “Hyang Sanghyaning Bathara Wisnu, Temelung Kembang Wijaya Kusuma, Ingsun Sejating Manungsa, Anyuwun Tulung Angagem Srono Kembang Urip Tan Kenaning Pati, Dadyo Bagas Kewarasanipun....(kulo atau untuk namamu sendiri, jika pengobatan pribadi ) atau (Jabang Bayine...nama orang yang akan disembuhkan)” 

10. Fakta kandungan bunga wijaya kusuma secara ilmiah 

Di balik terkenalnya mitos bunga wijaya kusuma, ternyata memiliki beberapa kandungan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. 

Dimana jenis kandungan tersebut diantaranya adalah asam sitrat yang terdapat pada bunga wijaya kusuma. Selain itu rasanya cukup manis dan juga sifatnya yang netral. 

Manfaat dan khasiat bunga wijaya kusuma Seperti yang kami sampaikan diatas bahwasanya didalam kandungan bunga ini memiliki khasiat dan juga manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. 

Dan diantaranya adalah sebagai berikut ini, maka untuk itu sobat kanalmu wajib tahu yang segi kemanfaatannya, tidak hanya mempercayai mitosnya, namun juga fakta. 

  1. Obati luka abses 
  2. Meredakan rasa sakit dan netralkan pembekuan darah 
  3. Mengobati bisul 
  4. Mengatasi jerawat 
  5. Sebagai anti radang 
  6. Atasi pendarahan 
  7. Tuberkolosis 
  8. Asma Muntah darah 
  9. Meredakan batuk

Kesimpulan

Dari penjabaran terkait topik mitos bunga wijaya kusuma diatas bisa diambil kesimpulan, bahwasanya bunga pembawa keberuntungan dan rezeki ini apabila kita mampu mengambarkan dari kandungan yang ada pada bunga ini adalah hal yang benar adanya. 

Apabila bunga ini bisa di kelola dengan baik, akan mampu menjadi bahan obat herbal yang alami dan jika di jual akan mendatangkan rezeki bagi yang membudidayakannya. 

Mitos ini bisa jadi hal yang benar adanya, namun untuk menerimanya kita harus membuka diri secara lebih dengan wawasan yang lebih dari sekedar mitos, dengan demikian kita bisa menemukan kebenaran yang tersimpan pada pesan tersirat pada sebuah mitos. 

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan apa yang sobat kanalmu cari informasi terkait dengan bunga wijaya kusuma ini mendapatkan jawaban dari uraian kanalmu ini.

Post a Comment for "10 Mitos bunga wijaya kusuma dari pembawa keberuntungan sampai gaib"