Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50+ Contoh daftar mitos di indonesia yang dipercaya masyarakat sampai saat ini

Mitos merupakan bentuk suatu kisah yang di tuturkan secara turun-menurun dari jaman dahulu sampai saat ini, yang mana cerita-cerita tersebut bisa dengan benar memiliki pengaruh pada kehidupan bagi mereka yang mempercayainya. Dan di Indonesia sendiri pastinya, kamu akan banyak mendengar berbagai jenis mitos ini. Adapun hal ini disebabkan oleh tradisi yang masih kental dipegang masyarakat yang ada dinusantara.

Tidak sedikit bahwasanya mitos ini pada awalnya memiliki latar belakang sejarah yang merupakan kejadian fakta, namun demikian pada perjalanan waktu adanya dari cerita yang turun menurun ada bumbuhan dengan adanya makhluk gaib, dewa, fenomena alam, dan juga karma jika melanggar pantangan yang sudah ada sejak dahulu ada.

Ramalan, mitos dan juga misteri ini kemungkinan tidak bakal hilang sampai kapanpun dan pada bumi belahan manapun. Karena setiap daerah dan juga negara memiliki kepercayaan akan hal ini. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan mereka mempercayai hal ini ? Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi manusia banyak menerima mitos pada kehidupan sehari-hari.

  • Pengetahuan manusia yang terbatas
  • Penalaran manusia yang juga terbatas
  • Alat indera manusia yang terbatas dalam penangkapannya
  • Manusia mau keingintahuannya terpenuhi walaupun sifatnya sementara


50+ Contoh daftar mitos yang terkenal di Indonesia

contoh mitos indonesia - kanalmu
contoh mitos indonesia - kanalmu

Untuk sobat kanalmu yang mau mengetahui berbagai contoh cerita mitos yang ada di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak, kami memiliki beberapa daftar yang cukup popular dan banyak diperbincangkan pada tengah-tengah masyarakat.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh daftar mitos populer yang wajib sobat kanalmu ketahui, dengan demikian kamu bisa lebih bijak dalam bersikap ketika hidup didalam masyarakat.

1. Mitos menabrak kucing hitam

Dari kebanyakan masyarakat di Indonesia dan khususnya jawa, masih mempercayai bahwasanya mereka yang menabrak kucing terutama warna hitam akan mengalami kesialan.

Maka dari itu kamu wajib menguburnya dengan pakaian yang kamu kenakan saat menabraknya, agar kesialan tersebut tidak berlanjut.

2. Mitos posisi bangunan atau rumah di tusuk sate

Oleh sebagian besar penduduk di nusantara juga memiliki kepercayaan bahwasanya rumah atau bagunan yang letaknya berada di tusuk satu, atau menghadap jalanan, bahwasanya yang menghuninya tidak mendapatkan keberkahan.

Untuk hal ini kamu bisa mempercayai ataupun tidak tergantung bagaimana dari pada imanmu seperti apa. Akan tetapi tidak sedikit orang yang mempercayai hal ini, makanya jarang sekali ada bangunan baik itu rumah, toko, dan juga kantor yang posisinya berada di tusuk sate.

3. Cerita mitos burung pipit berkicau

Tidak sedikit masyarakat modern saat ini masih memiliki kepercayaan bahwasanya ketika ada burung pipit berkicau di halaman rumah merupakan salah satu pertanda akan datangnya tamu.

Dimana jika burung tersebut terus berkicau berada di halaman pojok kanan rumah, memiliki penafsiran tamu yang datang akan membawa kabar baik.

Sedangkan untuk burung yang berkicau berada di halaman sebelah kiri, merupakan bentuk pertanda akan ada kabar buruk yang datang dibawa oleh tamu.

4. Cerita mitos di Indonesia kupu-kupu masuk rumah

Adapun untuk cerita yang didapatkan secara turun menurun bahwasanya jika ada kupu-kupu masuk rumah akan ada tamu yang datang.

Dan untuk tamu ini bisa siapa saja, boleh jadi mereka adalah saudara, kerabat, sahabat, dan juga orang terdekat lainnya yang sudah kita kenal.

5. Mitos cerita Indonesia tentang buruk gagak ada diatas rumah


Terkait dengan adanya burung gagak yang berputar di atas rumah ataupun bertengger di sekitaran rumah, hal ini masih dipercayai sebagai salah satu pertanda bahwasanya orang yang dalam rumah tersebut akan ada yang sakit atau meninggal dunia.

Dan di kampung salah satu team kanalmu, hal ini masih dipengang erat terkait dengan mitos ini sampai sekarang.

6. Mitos ayam jantan berkokok di sore atau malam hari

Untuk mitos ayam jantan berkokok disore hari memiliki pemaknaan bahwasanya akan datang suatu wabah penyakit.

Dan pada beberapa daerah lainnya di Indonesia untuk ayam berkokok di sore atau malam hari pertanda adanya sebuah pencurian atau perampokan.

Bagi sebagian orang di jawa mempercayai untuk ayam jantan berkokok dimalam hari, memiliki penafsiran bahwasanya dalam lingkungan tersebut ada wanita hamil di luar pernikahan.

7. Mitos anak gadis duduk di depan pintu

Apabila ada salah satu gadis atau perawan yang masih belum menikah duduk didepan pintu, mitosnya akan sudah mendapatkan yang namanya jodoh.

Untuk cerita ini banyak sekali dipercaya oleh masyarakat modern saat ini, baik itu yang hidup di kampong maupun yang sudah tinggal di kota.

8. Mitos Indonesia bersiul sore dan malam hari

Sedangkan untuk bersiul di malam dan juga sore hari memiliki penafsiran, bahwasanya mitos ini akan mengundang setang atau makhluk halus.

Selain itu bersiul dalam rumah juga dilarang karena bisa sebabkan adanya gangguan mistis yang datang kedalam rumah.

9. Mitos larangan makan di depan rumah

Untuk cerita mitos yang turun menurun terkait dengan larangan makan didepan rumah memiliki penafsiran, bahwasanya yang melakukannya akan rezeki yang berkurang dan mendapatkan kesialan dalam hidup.

Walaupun kamu tidak mempercayai hal ini, perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya makan didepan rumah merupakan perbuatan yang tidak sopan untuk dilakukan.

10. Mitos larangan menikah di bulan suro atau muharram

Bagi masyarakat jawa bahwasanya bula sura atau muharram merupakan bulan yang kurang baik untuk melakukan hajatan. Dikarenakan bulan ini bisa mendatangkan sial apabila pantangan tersebut dilakukan.

Tentu kamu tidak akan mendapatkan perhitungan hari baik apabila akan menikah di bulan ini dengan orang yang masih mempercayai adat dan juga tradisi kejawen.

11. Mitos menyapu tidak bersih

Dan untuk mitos satu ini sangat terkenal di Indonesia, dimana jika kamu menyapu tidak bersih akan mendapatkan suami brewokan.

Namun tentunya jika kamu ingin mendapatkan suami yang memiliki jambang, boleh dicoba tips yang bisa dibilang mitos ini.

12. Mitos makan dengan tutup piring

Akan menjadi pamali apabila sobat kanalmu akan makan dengan tutup piring. Namun demikian hal ini tidak etis kamu lakukan walaupun aktifitas ini tidaklah pamali.

Bisa jadi hal ini memperingatkan kita untuk tidak menggunakan alat yang tidak pada tempatnya.

13. Mitos duduk diatas bantal

Pernahkah kamu sedang duduk diatas bantal kemudian oleh orang tua kita dirumah ditegur. Jika iya, kamu perlu ketahui bahwasanya duduk diatas bantal masih dipercaya bisa menyebabkan bisulan di bagian bokong kamu.

14. Mitos makan sayap ayam

Mungkin kamu mendengar atau bahkan mengalami sendiri bahwasanya untuk gadis yang masih muda pantangan untuk makan sayap ayam. Dikarenakan hal ini dipercayai akan menjauhkan jodohmu.

Walaupun tidak sedikit yang melakukan perdebatan terkait dengan mitos ini, masih banyak loh yang mempercayainya.

15. Mitos makan buntut ayam 

Di jawa lebih dikenal dengan nama brutu atau buntut ayam, apabila kamu masih mudah ada pantangan untuk memakannya. 

Dikarenakan jika kamu melanggar larangan ini, bisa akibatkan kamu mudah pikun loh sobat kanalmu. 

16. Melakukan potong kuku malam hari

Pamali atau adanya pantangan untuk melakukan potong kuku dimalam hari. Karena banyak yang menafsirkan kegiatan ini bisa mendatangkan makhluk halus.

Boleh kamu percaya atau tidak, namun untuk kemu yang penasaran dengan adanya hantu bisa mencobanya dengan potong kuku di malam hari.

17. Keluar ketika maghrib

Di masyarakat jawa masih memiliki kepercayaan bahwasanya ketika sedang maghrib banyak sekali makhluk halus berkeliaran di sekitar kita.

Untuk itu adanya pantangan untuk keluar rumah diwaktu ini, jika tidak ingin di culik oleh wewe gombel.

18. Larangan pakai baju hijau di pantai selatan

Oleh sebagian besar masyarakat jawa memiliki kepercayaan, untuk mereka yang akan berkunjung di selatan pantai jawa dilarang menggunakan baju berwarna hijau. 

Apabila hal ini tidak di indahkan bisa menyebabkan mereka hilang dibawa oleh nyi roro kidul dan dijadikan suaminya atau pelayannya.

19. Pantangan bangun siang

Mitos di Indonesia ini sangat populer dan banyak yang mempercayai nya, bahwasanya mereka yang bangun siang rezekinya dipatuk oleh ayam.

Tentu hal ini bisa jadi sebagai nasihat untuk tidur diwaktu pagi, namun untuk melakukan aktifitas agar rezeki tidak kabur begitu saja.

20. Mitos mandi malam hari

Ada kisah mistis dan juga menyebabkan penyakit ketika mereka melakukan mandi di malam hari.

Dikarenakan hal ini dipercayai oleh sebagian masyarakat yang ada di nusantara, akan menimbulkan penyakit rematik dan juga bisa datangkan makhluk halus.

21. Makan buah dengan bijinya

Tidak sedikit diwaktu kecil yang mendengar cerita bahwasanya siapa yang makan buah dengan bijinya bisa menyebabkan tumbuh dibagian kepala atau tubuhnya.

Namun kami rasa hal ini adalah sebagai salah satu peringatan orang tua keanaknya agar tidak memakan buah dengan bijinya yang bisa membuatnya tersendak.

22. Sisakan nasi saat makan

Banyak cerita yang beredar bahwasanya makan dan tidak kamu habiskan atau masih ada sisa-sisanya, bisa menyebabkan nasi tersebut menanggis.

Namun demikian hal ini adalah bentuk nasihat yang baik, agar kita selalu menghabiskan makanan, dengan demikian kita bersyukur atas nikmat yang kita dapatkan. Karena saat ini masih banyak diluaran sana orang yang tidak bisa makan setiap harinya.

23. Ibu hamil bawa gunting

Cerita dari orang tua bahwasanya wanita yang sedang hamil akan banyak mendapati godaan dari makhluk halus.

Untuk itu dengan membawa gunting ketika sedang bepergian bisa membantu menolak bala, dari berbagai gangguan makhluk ghoib tersebut.

24. Bayi selalu bawa gunting dan catut kuku 

Tidak jauh dengan misot sebelumnya, bahwasanya dengan adanya gunting dan juga catut kuku disisi bayi bisa menjauhkan gangguan dari makhluk yang tidak nampak.

Dan hal ini masih dipercayai sampai saat ini oleh berbagai kalanangan baik yang tinggal di kota maupun di desa.

25. Suami dilarang gunting atau memalu saat istri hamil

Apabila istri kamu sedang mengandung janin kamu didalam rahimnya, menurut nasihat orang tua dilarang melakukan gunting atau memalu sesuatu.

Konon katanya hal ini bisa akibatkan bayi yang terlahir akan mengalami kecacatan.

26. Pamali dahului orang tua makan

Kepercayaan ini masih dipegang erat sampai saat ini, apabila sedang makan dan mendahului orang tuan untuk mengambil dulu adalah pamali.

Kami rasa hal ini ada baiknya juga, dengan kita mendahului mengambil makanan, tentu kita bisa memberikan penghormatan dan hargai beliau.

27. Mencuci kaki dan tangan sebelum masuk rumah

Dengan melakukan cuci tangang dan kaki saat sebelum masuk rumah bisa menghindarkan kita dari makhluk halus yang menempel kita saat di jalan.

Namun demikian hal ini juga ada benarnya, agar kita bisa selalu bersih dan terhindar dari yang namanya kuman atau virus yang menempel pada bagian tubuh.

28. Makan diatas kasur

Nasihat dari orang terdahulu bahwasanya makan di atas kasur bisa menyebabkan kamu mendapatkan jodoh yang orangnya pemalas.

Adapun untuk nasihat ini sebenarnya masuk diakal, karena makan seharusnya ditempat makan, karena jika tidak bisa-bisa sisa makanan yang ada diatas kasur di datangi serangga yang bisa menyebabkan kita tergigit atau terganggunya.

29. Dengar suara anak ayam di malam hari

Untuk mitos ada suara anak ayam yang satu ini sangat kental di Indonesia, hamper di selurah daerah ada. 

Apabila sobat kanalmu mendapati suara anak ayam dimalam hari, hal ini dipercaya adanya hantu atau makhluk halus yang ada disekitar kita. Hii serem ya !!!

30. Buang air panas yang mendidih

Dan untuk mitos lainnya yang pastinya sering kita dengar di kehidupan sehari-hari adalah larangan membuang air panas pada WC maupun selokan di sekitar rumah kita.

Karena aktifitas ini bisa akibatkan mereka yang membuangnya bernasib sial, didalam kehidupannya mendatang.

31. Gigi copot di leper diatas genteng

Apakah kamu sudah megatahui makna dari mitos kenapa setiap gigi yang copot harus dilepar keatas genteng ?

Banyak yang memiliki kepercayaan bahwasanya dengan melakukan hal tersebut, agar gigi yang copot tumbuh lagi.

32. Membuka payung di dalam rumah

Tidak sedikit yang memiliki keyakinan bahwasanya mereka yang membuka paying di dalam rumah akan mendapati kesialan.

Sobat kanalmu bisa percaya atau tidak, namun demikian kamu kamu buru-buru mau keluar ketika hujan dan menggunakan payung tentunya akan kesusahan jika sudah di buka didalam rumah, terlebih pintu keluarnya kecil.

33. Wanita hamil dilarang makan pisang gandeng

Untuk pisang gandeng sendiri adalah jenis pisang berdempetan yang kulitnya menjadi satu. Dan jika kamu menemuinya dan mau memakan saat hamil, harap di hindari.

Karena masih banyak yang memiliki kepercayaan jika dilakukan akan melahirkan bayi yang kembar siam.

34. Mitos memakai baju kebalik

Untuk makna dari mitos ini memiliki beberapa penafsiran tergantung bagaimana kondisi yang memakainya. Apabila yang menggunakannya tidak sadar justru ini merupakan pertanda baik karena akan mendapatkan rezeki.

Namun hal sebaliknya akan didapat apabila di pakai terbalik dengan sengaja, bisa menjadi penyebab musibah dalam sebuah keluarga.

35. Mempunyai pensil berukuran mini

Banyak yang memiliki anggapan bahawasanya mereka yang melakukan penyerutan pensil sampai kecil seukuran kelingking, memiliki penafsiran orang tuanya akan meninggal.

Wah hal ini tentu akan cukup menghawatirkan bukan, orang yang kita sayangi tiba-tiba pergi. Namun kamu bisa mempercayai dan juga tidak mempercayainya.

36. Cermin pecah tiba-tiba

Untuk mitos cermin pecah secara tiba-tiba ini memiliki beberapa penafsiran menurut orang terdahulu. Yang pertama sedang mendapatkan musibah.

Dan penafsiran lain, bahwasanya kamu atau orang terdekat kamu akan mendapati yang namanya sebuah musibah, bisa percaya maupun tidak namun masih banyak yang percaya dengan hal ini.

37. Mitos bulu mata jatuh

Untuk mereka yang mendapati salah satu bulu matanya jatuh, hal ini merupakan salah satu bentuk pertanda ada orang yang sedang meringdukannya. Emhhh siapakah dia ya?

Dan mitosnya kamu bisa menebak inisal yang merindukanmu dengan cara menepuk-nepuk bulu mata sambal melafalkan huru, dan ketika bulu hilang dan huruf terakhir di lafaf, itulah inisial yang sedang kangen dengan kamu.

38. Mitos menekuk dua (2) kaki ke atas

Bagi sebagian dari mereka mempercayai bahwasanya melakukan tekukan dua kaki saat sedang tiduran bisa akibatkan orang tua meninggal.

Apakah sobat kanalmu juga mempercayainya ? 

39. Mengantongi batu

Dan adapun untuk mitos ini sangat populer disekitar kita. Apabila kamu sedang kebelet di suatu tempat umum susah dengan kamar WC dan menyampaikan orang sekitar. 

Pasti salah satu dari mereka menyarankan untuk kamu mengantogi batu, karena hal ini dipercaya mampu menahan rasa kebelet yang berlebihan.

40. Larangan memberikan hadian dari kain

Jika kamu sedang mesra-mesranya saat berbacaran atau menjalin hubungan dengan kekasih, ada sebuag pantangan untuk memberikan hadiah yang berupa kain.

Karena hal ini dipercaya bisa membuat hubungan mereka akan kandas di tengah jalan. Ehmm pastinya salah satu dari sobat kanalmu pernah mendapatkan nasihat ini baik dari saudara maupun seorang teman.

41. Tertimpa hewan cicak

Cecak atau cicak merupakan hewan yang bisanya menempel pada tembok dan juga atap rumah, namun sudahkan kamu ketahui bahwasanya ada mitos. Jika kamu tertimpa hewan cecak akan mendapatkan nasib sial.

Jika belum, kamu bisa mempercayainya maupun tidak kerena hal ini adalah hak preogatif dari sobat kanalmu sendiri.

42. Wanita hamil dilarang potong rambut

Suami yang istrinya hamil dan juga wanita yang sedang hamil memiliki larangan untuk melakukan potongan rambut.

Yang mana mitos ini memiliki penafsiran jika melanggar pantangan tersebut banyi yang lahir akan memiliki rambut yang jumlahnya sedikit bahkan botak.

43. Suami dilarang membunuh hewan saat istri hamil

Cukup banyak sekali mitos yang ada di lingkungan masyarakat Indonesia terkait dengan kehamilan, yang salah satu cukup populer adalah larangan suami untuk membunuh hewan.

Karena hal ini bisa menyebabkan bayi yang nantinya lahir akan memiliki kecacatan dalam salah satu anggota tubuhnya.

44. Wanita hamil dilarang berdiri didepan pintu

Tidak cukup beberapa mitos diatas terkait dengan orang hamil, bahwasanya wanita yang sedang hamil juga dilarang untuk duduk didepan pintu.

Konon katanya hal ini bisa akibatkan proses kelahirannya nanti akan mendapatkan kesulitan dan prosesnya cukup lama.

45. Ibu hamil dilarang pindah rumah

Adapun untuk mitos ini juga cukup populer kita dengan bahwasanya, wanita yang sedang hamil ada pantangan untuk pindah kosan, kontrakan dan juga rumah.

Dimana banyak yang memiliki anggapan jika hal ini di langgar bisa akibatkan janin yang ada dalam rahim akan hilang.

46. Wanita hamil dilarang rendam pakaian terlalu lama

Tidak sedikit orang yang memiliki anggapan dengan mitos ibu hamil dilarang merendam pakaian terlalu lama yang mana bisa akibatkan kaki menjadi bengkak, jika dilakukannya.

47. Mitos terdapat bebauan bangkai menyengat

Dan untuk kamu yang dimalam hari ketika jalan maupun dirumah tiba-tiba mendapati bau bangkai yang cukup menyengat, sebaiknya untuk berhati-hati.

Konon katanya hal ini adalah sebuah pertanda datangnya hantu kuntilanak. Apakah kamu tidak mempercayainya ? Coba saja jika kamu berani untuk tetap di tempat tersebut jika mendapati hal tersebut.

48. Ada bau kemenyan yang datang tiba-tiba

Banyak mereka dari sebagian masyarakat jawa mempercayai bahwasanya ketika ada bau menyan yang datang tiba-tiba, ini merupakan pertanda akan adanya makhluk halus lewat dan juga sebagai peringatan akan adanya sebuah guna-guna seperti santet datang di sekitar lingkunganmu.

49. Kejatuhan kotoran cicak

Adapun untuk beberapa daerah memiliki kepercayaan bahwasanya mereka yang mendapati kejatuhan kotoran cicak akan mendapatkan kesehatannya menurun.

Untuk itu jika kamu mendapati hal ini, sebaiknya untuk segera meninggalkan berbagai aktifitasmu dan kemudian membersihkannya.

50. Kejatuhan cicak pas diatas kepala

Untuk hal ini memiliki beberapa makna arti oleh sebagian orang. Dimana salah satunya kejatuhan cicak merupakan pertanda aka ada anggota keluarga meninggal.

Dan untuk artian lain dari mitos ini adalah salah satu dari anggota keluarga atau kamu sendiri akan mendapati musibah atau kecelakaan.

51. Yuyu atau kepiting dan kacang hijau

Jika kamu berada dilingkungan yang cukup ramai pastinya mendengar adanya tuyul, dimana makhluk ghoib ini akan teralihkan perhatiannya mencuri uang jika kamu menaruh kepiting dan juga kacang hijau di sekitar rumah kamu.

Kamu bisa coba hal ini jika dalam lingkunganmu atau rumah kamu sering kehilangan uang tanpa adanya maling yang masuk.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan contoh mitos di Indonesia diatas bisa diambil kesimpulan, bahwasanya di nusantara ini sangat cukup banyak cerita yang berbau mistis dan juga mitos. Agar kamu tidak melakukan penolakan secara keras dan menyebabkan orang lain sakit hati, sebaiknya memiliki pengetahuan beberapa daftar mitos populer ini bisa membantu kamu bijak dalam berpendapat.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini berguna dan juga memiliki manfaat untuk kamu.