Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ibu hamil dilarang potong rambut, mitos atau fakta ?

Di saat ibu sedang mengandung didalam pandangan masyarakat terdahulu dan sampai sekarang masih cukup popular terkait dengan berbagai pantangan yang dilarang untuk dilakukan, adapun salah satunya adalah mengenai potong rambut saat hamil. Dari sini cukup banyak para ibu muda modern mencari jawaban atas mitos dari pernyataan yang sudah ada sejak turun temurun ini.

Dikarenakan kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tungu setelah melakukan pernikahan agar rumah tangga menjadi lebih sempurna. Dengan kamu sedang berisi rahimmu, tentu menjadikanmu untuk selalu berhati-hati untuk mengambil setiap langkah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Adapun salah satu pantangan yang cukup popular di nusantara adalah larangan potong rambut saat hamil yang mana nantinya bisa menyebabkan bayi lahir dengan cacat, tidak memiliki rambut dll.

Meskipun saat ini sudah cukup banyak alat yang bisa melakukan pengecekan janin dari dini apakah sehat ketika dalam kandungan. Dikarenakan salah satu kecacatan itu terjadi akibat dari kelainan genetik, virus, penyakit tertentu dan juga kurangnya nutrisi. Namun demikian mitos tersebut masih banyak yang mempercayainya.


Mitos dan fakta larangan potong rambut saat hamil

mitos hamil dilarang potong rambut - kanalmu
mitos hamil dilarang potong rambut - kanalmu

Melalui ulasan ini kamu akan mencoba merangkum terkait dengan mitos dan juga fakta yang sebenarnya terkait dengan larangan melakukan potong rambut saat hamil dari berbagai sudut pandang baik itu adat istiadat, ilmu pengetahuan dan juga pendapat agama islam. Untuk itu simak ulasan ini sampai dengan selesai.

1. Mitos larangan potong rambut saat hamil akan akibatkan kecacatan

Pada saat hamil melakukan potong rambut baik itu suami maupun sang istri yang sedang hamil masih menjadi banyak perdebatan oleh masyarakat di sekitar kita. Yang mana potong rambut saat hamil dipercaya akan menyebabkan bayi yang lahir akan mengalami kecacatan.

Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya hal ini adalah sebuah mitos belaka dan tidak bisa dibuktikan secara medis, bahwasanya melakukan pangkas rambut bisa akibatkan permasalahan yang bahaya bagi ibu yang sedang mengandung dan janin yang ada dalam rahimnya.

Memang mitos ini bagi sebagian wanita cukup menambah tingkat kegalauan dalam hatinya, sehingga ketika akan melakukan pemangkasan rambut tidak akan merasa nyaman, terlebih bagi mereka yang tinggal dilingkungan yang masih memegang teguh kepercayaan leluhur.

Namun demikian bunda tidak perlu khawatir untuk melakukan potong rambut, akan tetapi perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah tidak menggunakan vitamin atau produk kimia untuk rambut yang masuk dalam kedalam pori-pori tumbuh yang bisa menganggu perkembangan janin.

2. Faktanya potong rambut saat hamil diperpolehkan oleh ahli kesehatan


Dikala wanita sedang mengandung janin atau hamil akan terjadi perubahan hormone yang akan berdampak pada dirinya dan salah satunya adalah perubahan pada bagian rambut, bisa menjadi tebal, perubahan tekstur dan juga bisa mengakibatkan rambut juga cepat panjang.

Perlu sobat pahami bahwasanya melakukan potong rambut ketika sedang hamil tidak akan mempengaruhi kondisi janin dan bisa akibatkan cacat.

Adapun untuk faktor kecacatan bayi bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang mana diantaranya adalah sebagai berikut ini, harap kamu pahami dan juga ketahui agar tidak bimbang dengan mitos ini.
  • Usia wanita lebih dari 35 tahun
  • Konsumsi obat-obatan tanpa anjuran dokter
  • Terjadinya infeksi atau mengidap penyakit tertentu
  • Adanya kelainan riwayat genetic
  • Gaya dan pola hidup tidak sehat

Yang memungkinkan adanya efek untuk janin adalah ibu melakukan perawatan rambut seperti melakukan rebonding, smoothing, pengecatan rambut yang menggunakan bahan kimia berbahaya, dan kemudian meresap pada pori kulit ibunda.

Selain itu lokasi salon atau tempat yang cukup ramai juga menjadi faktor pemicu, karena ibu bisa terpapar oleh orang disekitar yang berada ditempat cukur rambut.

3. Potong rambut saat hamil dalam islam

Dan didalam pandangan agama islam ibu yang sedang hamil boleh melakukan potong rambut selama tidak memberikan dampak atau efek bahaya kepada janin dan juga bunda yang dengan mengandung. Adapun yang lebih penting adalah selalu senantiasa bersyukur atas kehamilannya, karena hal ini merupakan karunia Allah SWT kepada hampanya.

Selama melakukan potong rambut memberikan kenyamanan dan tidak menimbulkan mudhorot diperbolehkan, adapaun anggapan terkait dengan mitos pantangan dari potong rambut tidaklah boleh untuk dipercayai karena ini bisa menjadikan diri terjerumus dalam perbuatan yang syirik dan menjadikan dirimu mendapatkan dosa yang besar.

Kesimpulan

Dari penjabaran terkait dengan mitos larangan potong rambut saat ibu hamil diatas bisa diambil kesimpulan bahwasanya, dalam dunia medis dan juga pandangan islam diperbolehkan karena memang tidak ada unsur yang menjadikan kecacatan pada bayi yang nantinya akan dilahirkan.

Adapun terkait dengan pandangan sebagian besar masyarakat nusantara terutama jawa, untuk pantangan tersebut bisa di hormati, dan tidak mengesampingkannya.

Demikianlah informasi terkait dengan ulasan ini, mudah-mudahan untuk sobat yang mencari penjabaran dengan topik ini mendapatkan penjelasan yang memuaskan dari apa yang team kami ini sampaikan.

Post a Comment for "Ibu hamil dilarang potong rambut, mitos atau fakta ?"