Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 mitos ibu hamil yang menakutkan dan banyak diyakini

Untuk masyarakat kita yang ada di nusantara ini baik itu dari sabang sampai merauke masih banyak yang memiliki beberapa kepercayaan yang disampaikan leluhur secara turun-menurun, dimana tidak semuanya adalah berita benar atau sekedar hanya sebuah mitos. Dimana salah satunya adalah patangan yang tidak boleh dilakukan saat hamil, dan jika tidak mengikutinya bisa mendatangkan kesialan ataupun hal lainnya.

Dan mengapa pada zaman modern ini dikatakan sebagai sebuah misteri atau mitos ? Dimana hal tersebut belum bisa dibuktikan secara benar melalui ilmu yang ilmiah. Dengan demikian beberapa kepercayaan bisa jadi harus diabaikan karena tidak memiliki landasan serta belum mempunyai landasan yang terpercaya.

Karena hal ini dituturkan secara turun menurun dari nenek, anak, cucu maka tidak sedikit banyak masyarakat modern ini mempercayai banyak hal yang masih mitos. Namun demikian kamu tidak harus menolak dengan keras atas apa-apa saja yang menjadi kepercayaan mereka, untuk itu menghormati cara berfikir mereka akan menjadikanmu lebih bijak dalam bersikap.


Mitos menakutkan terkait dengan ibu hamil

mitos ibu hamil yang menakutkan - kanalmu
mitos ibu hamil yang menakutkan - kanalmu

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya di dalam proses kehamilan seorang wanita juga memiliki beberapa mitos, dimana jika hal tersebut dilanggar bisa menyebabkan kejadian yang cukup menakutkan, bisa bayi cacat, janin dalam kandungan hilang dan juga masih banyak lagi.

Dan berikut ini adalah beberapa mitos seputar kehamilan yang perlu sobat kanalmu ketahui, dengan demikian kamu bisa mengambil sikap yang lebih bijak jika mendapatinya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Ibu hamil harus bersembunyi dikolong kasur apabila gerhana bulan

Jika sang ibu yang sedang hamil tidak bersembunyi dibawah kolong keranjang saat sedang gerhana bulan, banyak orang mempercayai anak akan terlahir dalam kondisi memiliki sebuah tanda lahir hitam yang cukup besar.

Tentu hal ini cukup menakutkan jika terjadi dan menjadi kenyataan seakan anak yang akan lahir tidak mejandi sempurna seperti yang lainnya.

Namun demikian hal ini merupakan sebuah mitos, jadi kamu bisa mempercayai hal ini ataupun tidak menerimanya, namun tetap menghormati mereka yang memiliki pedoman hidup dengan kepercayaan tersebut.

2. Wanita hamil dilarang berdiri di depan pintu

Adapun untuk mitos yang satu ini cukup popular dan tidak hanya ada dalam masyarakat jawa, bahwasanya ibu yang sedang hamil tidak boleh berdiri didepan pintu, karena hal ini bisa menyebabkan kesulitan saat proses persalinan kedepannya.

Memang pantangan ini tidak bisa dibuktikan dengan benar, namun hal ini perlu kamu bisa pahami bahwasanya pintu merupakan salah satu jalan keluar dan masuk oleh banyak orang. Tentunya akan memberikan dampak yang bahaya jika wanita sedang mengandung berdiri di depan pintu.

3. Ibu hamil dilarang intip gerhana bulan lewat jendelan dan pintu


Walaupun tidak masuk diakal, banyak masyarakat yang percaya jika seseorang yang sedang hamil melihat atau sekedar intip gerhana bulan lewat jendela maupun pintu, bisa akibatkan bayi yang dilahirkan akan memiliki tanda lahir pada wajah dan juga akan tumbuh pada bagian tubuhnya.
Tentunya hal ini akan sangat menakitkan jika benar-benar terjadi, namun sobat kanalmu bisa mempercayai ataupun tidak.

4. Ibu hamil dilarang makan telur yang kuningnya ganda dalam satu cangkang

Mitos yang satu ini juga sangat popular kita dengar dalam masyarakat kita, dimana jika ibu hamil memakan kuning telur yang jumlahnya double dalam satu cangkang, akan melahirkan bayi kembar siam.

Namun didalam dunia medis disebutkan bahwasanya untuk bayi yang dalam kandungan kembar ini disebabkan oleh faktor genetic, buka karena memakan kuning telur ganda dalam satu wadah cangkang.

5. Ibu hamil dilarang pindah rumah

Banyak yang memiliki kepercayaan bahwasanya wanita yang sedang hamil melakukan permidahan rumah bisa akibatkan kandunganya menjadi muda serta akibatkan keguguran. Selain itu mitos pindah rumah saat hamil juga dipercaya akan menjadikan janin hilang dari rahim sang ibu.

Memang mitos ini tidak bisa diterima dengan begitu saja, akan tetapi saat hamil dan melakukan perpindahan dan mengangkat beban-beban berat tentunya akan akibatkan sang ibu capek dan mungkin saja akan menjadikannya keguguran.

Kesimpulan

Dari ulasan kanalmu terkait dengan mitos ibu hamil yang menakutkan diatas bisa diambil kesimpulan, bahwasanya hal tersebut masih banyak keraguan dan tidak memberikan dampak kebenaran yang nyata. Namun demikian kamu tidak harus menolaknya saran dari orang yang lebih tua, akan tetapi sikapilah dengan lebih bijak.

Dan juga jangan sampai mempercayainya dalam hati, jika kamu tidak ingin mendapatkan dampak kurang bagus untuk fikiranmu. 

Demikian informasi yang dapat kanalmu sampaikan, mudah-mudahan sedikit yang kami sampaikan ini memberikan gambaran cukup baik dalam setiap mengambil sikap ketika hidup dalam masyarakat.