Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek samping temulawak dan manfaatnya menurut dokter

Efek samping temulawak memang jarang diketahui oleh masyarakat, namun demikian untuk tanaman herbal alami dan masuk dalam keluarga rimpang terdapat efeknya untuk kesehatan tubuh. Banyak dari masyarakat kita yang ada dinusantara menggunakan temulawak ini sebagai bumbu dapur, namun manfaat dan khasiat lain adalah untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Banyak sekali jenis keluhan masalah kesehatan yang bisa disembuhkan dengan khasiat yang terkandung dalam temulawak selain itu juga bisa digunakan sebagai cream kecantikan temulawak juga. Adapun untuk jenis penyakitnya diantaranya adalah iritasi dan infensi usus, disfungsi saluran pencernaan, pana demam, keluhan lambung sampai dengan liver.

Melalui ulasan pada kanal informasi ini, kami akan informasikan terkait dengan efek samping dari temulawak dibalik segundang manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian sobat kanalmu bisa menggunakan bahan herbal alami ini dengan bijak.


Apa kandungan khasiat dan manfaat temulawak?

efek samping temu lawak
efek samping temulawak

Sobat kanalmu sangat mudah menemukan temulawak ini diberbagai daerah yang ada dinusantara, selain itu temulawak ini memiliki khasiat dan manfaat sebagai salah satu bahan obat herbal tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Enzim adalah salah satu kandungan yang terdapat pada temulawak dan menjadi salah satu khasiat dari tanaman rimpang tersebut. 

Dengan cara minum temulawak yang benar, kandungan ezim yang ada didalamnya bisa digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit. Dan berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat dari tanaman rimpang temulawak.

1. Dapat menurunkan kadar SGPT dan SGOT

Serum Glutamic Pyruvate Transaminase ( SGPT ) dan Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase ( SGOT ) kedua zat ini jika kadarnya cukup tinggi pada dalam tubuh bisa menyebabkan masalah pada bagian organ hati. Namun dengan menggunakan kandungan temulawak secara baik dan benar bisa menetralisir dan mengatasi kedua zat tersebut secara maksimal, sehingga organ dalam hati bekerja dengan baik dan maksimal.

2. Melancarkan ASI

Memang temulawak tidak diperkanankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, karena bisa menganggu kesehatan kandungan dan juga janinnya. Namun untuk ibu yang menyusui dan kadar ASI nya sedikit sangat disarankan untuk konsumsi temulawak agar asi lancar.

3. Dapat menetralkan racun

Kinerja dari organ dalam manusia khusunya hati dan pankreas bisa bekerja dengan baik dengan sobat kanalmu konsumsu temulawak secara benar. Dengan demikian racun yang ada didalamnya bisa dinetralisi dengan baik sehingga bisa keluar melalui sistem pencernaan, dan menjadikan tubuh semakin sehat.

4. Tingkatkan kerja empedu

Adapun untuk proses netral racun akan sangat bekerja dengan baik jika organ empedu bekerja maksimal dan baik pula. Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya konsumsi temulawak dengan tepat mampu meningkatkan kinerja dari organ empedu.


Apa ada efek samping konsumsi temulawak bagi kesehatan?

Dibalik banyaknya khasiat dan manfaat dari temulawak, jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama memberikan efek samping buruk bagi kesehatan. Karena temulawak tidak disarankan untuk dikonsumsi secara terus-menerus selama tiga bulan. Dan berikut ini adalah beberapa efek samping dari temu lawak yang sobat kanalmu wajib ketahui.

1. Jantung berdebar

Bagi sobat kanalmu yang mengonsumsi temulawak secara berlebihan akan mengalami jantung berdebar juga disertai dengan perasaan gelisah juga hipereaksi. Sudah tentu efek ini akan menjadi cukup berbahaya jika terjadi pada seorang yang menderita hipertensi.

2. Dapat memicu kerusakan ginjal

Untuk efek samping dari temulawak selanjutnya adalah gangguan pada ginjal. Walaupun temulawak adalah salah satu tanaman herbal alami, namun karena konsumsi secara berlebihan bisa memicu terjadinya masalah pada bagian organ ginjal. Dengan konsumsi diluar kebutuhan tubuh akan menjadikan banyak endapan pada organ ginjal dan endapan tersebut bisa mempengarui kinerja sampai dengan terjadinya kerusakan pada ginjal.

3. Menambah berat badan

Sobat kanalmu pasti lebih sering tahu manfaat untuk temulawak adalah meningkatkan nafsu makan. Namun dengan nafsu makan bertambah akan menyebabkan masalah salah satunya berat badan naik dan tidak terkontrol jika minum temulawak juga tidak dikontrol.

4. Menyebabkan mual dan muntah

Konsumsi temulawak dengan waktu yang tepat akan memberikan mafaat, mampu membantu kondisi lambung menjadi dingin. Namun sebaliknya jika dikonsumsi sering dengan dosis yang tinggi malah akan menyebabkan masalah pada lambung, yang mana menjadi panas dan akan menyababkan mual sampai dengan muntah-muntah.

5. Memicu penyumbatan saluran empedu

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya enzin yang ada pada temulawak mampu tingkatkan kinerja empedu. Oleh karena itu bagi penderita empedu tidak disarankan untuk menggunakan temulawak sebagai jamu, karena bisa memicu kerusakan karen keracunan yang diakibatkan oleh empedu itu sendiri. Tidak hanya itu konsumsi berlebihan justru bisa menyebabkan penyumbatan pada bagian saluran empedu.

6. Menyebabkan iritasi lambung

Tidak disertai konsultasi dengan dokter konsumsi temulwak dengan takaran yang banyak bisa menyebabkan masalah pada bagian lambung. Dan terlebih bagi ibu yang sedang hamil tidak diperkenankan untuk konsumsi jamu temulawak yang akan berakibat fatal pada bagian rahim dan juga kesehatan janin.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari temulawak sobat kanalmu harus meminum sesuai dengan aturan dan tidak berlebihan, dengan demikian efek samping temulawak bisa dihindari. Namun justru sebaliknya dengan konsumsi berlebihan justru akan memicu berbagai masalah bagi kesetahan tubuh manusia.

Demikianlah informasi yang kanalmu bisa ulas terkait dengan khasiat dan efek samping dari temulawak, dan mudah-mudahan sedikit infromasi ini bisa membantu anda konsumsi temulawak dengan bijak dan benar.

Post a Comment for "Efek samping temulawak dan manfaatnya menurut dokter"