Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah efek samping buah pepaya jika dikonsumsi berlebihan

Efek samping buah pepaya masih jarang dari masyarakat kita yang memperhatikannya. Untuk buah ini merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dan dari sebagian besar mengonsumsi buah pepaya sebagai salah satu pelengkap gizi dan nutrisi dalam sehari-hari. Untuk buah dengan rasa yang sangat manis ini sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau, dan bila kamu dikampung bisa mendapatkan bahkan secara gratis.

Dari sobat kanalmu pasti sudah banyak yang mengetahui bahwasanya tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat dan khasiat, namun untuk daun pepaya nya pun juga digunakan sebagai bahan makanan yang jika pada masak rasanya akan menjadi lezat.

Pada ulasan sebelumnya kami sudah ulas terkait dengan efek samping daun pepaya, dan pada informasi yang team kanalmu share kali ini berupa efek samping dari buah pepaya nya. Dengan demikian sobat kanalmu tidak akan mengkonsumsi secara berlebihan, dan lebih bijak dalam konsumsi buah pepaya sesuai dengan kebutuhan dari tubuh.


Apa efek samping buah pepaya?

efek samping buah pepaya
efek samping buah pepaya

Konsumsi buah pepaya ini tidak hanya yang sudah dalam keadaan yang masak, namun pepaya yang masih muda juga bisa dimasak dan di olah menjadi makanan yang enak dan lezat. Beberapa penelitian menyebutkan bahwasanya konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh memberikan khasiat dan efek yang baik untuk pencernaan. Namun demikian jika dikonsumsi berlebihan malah menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Dan berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari konsumsi buah pepaya secara berlebihan baik dari gejala ringan sampai dengan yang buruk.

1. Memicu penyakit batu ginjal

Pada masyarkat kita masih banyak makan buah pepaya ini dalam jumlah yang cukup banyak dalam sekali waktu. Dan dari mereka biasanya makan buah pepaya ini untuk mengatasi masalah pencernaan seperti keluhan sembelit. 

Kandungan vitamin C terdapat pada buah pepaya dengan cukup melimpah. Namun sangat sayang jika konsumsi kandungan vitamin C berlebihan malah justru menjadikan pembekuan batu ginjal didalam tubuh manusia. Maka dari itu untuk sobat kanalmu yang mau memakan buah pepaya kiranya makan secukupnya saja.

2. Memungkinkan tingkatkan masalah gastrointestinal

Didalam buah pepaya terdapat kandungan enzim papain dimana zat ini sangat baik untuk mengatasi masalah perut seperti sembelit. Namun perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya untuk konsumsi buah pepaya yang terdapat enzim papain ini justru bisa memunculkan gejala gastrointestinal.

Adapun untuk salah satu indikasai dari gejala ini adalah terjadinya sakit perut yang berlebihan. Maka dari itu sangat penting memperhatikan konsumsi buah pepaya dalam bentuk apapu, dan tidak memakannya secara berlebihan.

3. Turunkan kadar gula didalam darah

Untuk buah pepaya banyak diolah dalam berbagai bentuk makanan, salah satunya adalah buah pepaya mentah yang difragmentasi. Dan bagi kamu yang megkonsumsi jenis olahan ini bisa menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi turun secara drastis. Sudah tentu ini sangat baik untuk mengobati mereka yang memiliki keluhan penyakit diabetes.

Namun sebaliknya bagi kamu yang memiliki kadar gula normal atau rendah sangat tidak disarankan untuk konsumsi olahan buah pepaya ini, karena bisa memicu berbagai penyakit dikarenakan kadar gula dalam darah menjadi drop.


4. Terjadinya masalah kulit

Apabila kamu menjumpai kulit yang mengalami perubahan warna pada bagian telapak tangannya menjadi kuning, bisa jadi orang tersebut terkena penyakit karotenemia. Dan jenis penyakit kulit ini terjadi akibat memakan buah pepaya yang berlebihan. Adapun hal tersebut terjadi diakibatkan oleh kandungan zat betakaroten yang sangat tingi pada buah pepaya. Dan senyawa betakaroten yang tinggi ini dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit.

5. Dapat meningkatkan resiko keguguran

Konsumsi pepaya muda atau masih mentah dalam berbagai jenis olahan apapun termasuk yang difragmentasi tidak diperbolehkan untuk wanita yang sedang hamil. Karena pada pepaya tersebut terdapat kandungan seyawa lateks yang bisa memicu kontraksi pada uterus dan jika hal ini terjadi bisa mengakibatkan keguguran. Maka dari itu ibu yang sedang hamil sangat berhati-hati untuk memakan jenis olahan pepaya yang masih muda.

6. Picu penyakit pernapasan

Kandungan senyawa papain dalam pepaya juga masuk dalam golongan allergen. Dan jika berlebihan senyawa ini ada pada tubuh bisa berdampak buruk pada sistem pernapasan. Maka dari itu bagi sobat kanalmu maupun orang sekitar yang memiliki riwayat penyakit seperti asma atau jenis penyakit sistem pernapasan lain harap hati-hati dalam konsumsi buah pepaya.

7. Turunkan kadar kesuburan bagi pria

Buah pepaya juga memiliki efek samping untuk pria dewasa jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena kandungan senyawa yang ada dalam buah pepaya bisa menyebabkan atau menjadi pengaruh pada kesuburan laki-laki. Karena senyawa tersebut mengurangi jumlah produksi sperma pada kaum adam.

Kesimpulan

Kandungan serat yang terdapat dalam buah pepaya memang memiliki banyak khasiat, dan belum lagi dengan senyawa lainnya. Namun demikian karena konsumsi pepaya secara berlebihan baik itu masih muda maupun sudah masak memberikan efek buruk pada kesehatan.

Demikian informasi terkait dengan efek samping buah pepaya, yang kanalmu bisa sampaikan. Dan mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa menambah wawasan kita semua.

Post a Comment for "Inilah efek samping buah pepaya jika dikonsumsi berlebihan"