Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beginilah Ciri-ciri Mobil Diesel Masuk Angin Serta Solusi Gampang Memperbaikinya

Kanalmu.com -  Apabila sobat bikers baru membeli mobil diesel dan sering mengalami masuk angin, tidak perlu kwatir karena mobill dengn type ini sering mengalami hal tersebut. Dan bagi masyarakat umum menggunakan mobil berbahan bakar solar memang kurang begitu populer dibandingkan dengan kendaraan yang berbahan bakar bensin seperti premium, pertalite dan pertamax.

Sobat bikers perlu ketahui bahwasanya mobil diesel yang berbahan bakar solar memiliki karakteristik berbeda dengan bahan bakar bensin. Maka dari itu mengetahui lebih dari awal adalah hal terbaik bagi sobat bikers yang sudah memiliki atau mau membeli mobil diesel.

Bagaimana proses pembakaran bahan bakarnya?

Untuk mobil yang menggunakan bahan bakar bensin saat pengolahan bahan bakar dibutuhkan pengapian dan busi adalah salah satu alat yang menjadi kunci utamanya. Dimana ini akan sangat berpengaruh dari nilai oktana yang terkandung dalam bensin dalam melakukan pembakaran pada mesin sehingga didapatkan arus listrik untuk keperluan mobil.

Berbeda dengan bensin, mobil yang menggunakan bahan bakar solar dalam proses pembakarannya dengan menggunakan teknologi sistem pembakaran otomatis atau lebih dikenal dengan self burning. Dimana self burning adalah proses penyemprotan solar dengan tekanan tinggi yang dilakukan oleh injektor. 

Tekanan yang dihasilkan pada sistem bahan bakar minyak solar mampu menekan sampai 20ribu kg per centimeter kubik.

Oke kita kembali ketopik awal, kenapa mobil diesel sering masuk angin dan bagaimana cara mudah mengatasinya. Karena jika tidak sobat ketahui dengan baik sudah pasti kamu akan nampak kebigunan terlebih jika kamu masih baru memiliki mobil jenis ini.

Apa penyebab mobil diesel masuk angin ?

cara gampang mengatasi mobil masuk angin

Tidak hanya pada manusia yang masuk angin, karena motor dan mobil juga bisa kena dampak masuk angin ini. Terjadinya mobil masuk angin ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan diantara yang paling sering didapati adalah terjadinya udara yang masuk dalam ruangan penyimpanan bahan bakar atau tangki.

Udara bisa masuk ini bisa disebabkan oleh kekosongan bahan bakar berupa bensin maupun solar, dengan demikian jika kamu mendapati hal ini bisa saja mobil kesayanganmi tersebut bisa masuk angin.

1. Penyebab mesin mobil susah dihidupkan waktu pagi

Ketika kamu sedang terburu-buru mau berangkat aktifitas malah mendapat masalah mobil susah dihidupkan pada pagi hari. Apa penyebab sebenarnya ? Yang demikian ini bisa jadi karena disebabkan oleh mobil yang sedang masuk angin, dan mobil yang usianya lebih dari 5 tahun akan sering didapati masalah seperti yang diatas.

Dan penyebab permasalahan tersbut adalah adanya sisa udara yang masih nyangkut pada saluran diesel pada saat kamu melakukan ganti filter. Yang mana tekanan udara tersebut mampu memacu pompa bekerja keras dan bahan bakar yang akan jalan mudah drop, dan kemudian mobil akan sudah untuk dinyalakan.

2. Mesin menyala tapi peforma mesin turun

Mobil yang masuk angin meskipun mesin mobil menyala namun dapat menyebabkan peforma menjadi turun, karena tersumbatnya angi pada saluran bahan bakar pada ruang pembakaran. 

Dan pastinya sobat bikers akan mengalami tarikan mobil semakin berat, serta konsumsi bahan bakar bisa menjadi boros. Apabila kamu mendapati masalah seperti ini sebaiknya untuk segera membawanya kebengkel mobil terdekat untuk mendapatkan penanganan yang baik.

3. Volume bahan bakar pada tangki kurang dari seperempat

Hal ini sering disepelekan hingga bahan bakar benar-benar kosong terkadang, namun sobat bikers perlu ketahui bahwasanya hal yang demikian akan menjadi penyebab mobil menjadi masuk angin, dan kemudian susah dinyalakan bahakan akan menyebabkan peforma mesin turun.

Solusi gampang memperbaiki mobil diesel yang masuk angin

Sebelum kamu melakukan perbaikan kamu harus tehau terlebih dahulu jenis mesin dieselnya, karena saat ini mesin diesel ini ada 2 macam yaitu type konvensional dan tipe common rail. Dimana solusi dari masing-masing type ini berbeda. Adapun solusinya adalah sebagai berikut ini.

1. Solusi untuk mobil masuk angin type mesin diesel konvesional 

cara gampang mengatasi mobil masuk angin

Jenis mesin konvesional pada diesel ini biasanya untuk mobil besar seperti bus, truk yang mana pada kendaraan mobil ini masih menggunakan pompa primping. Dimana pompa primping ini mempunyai guna untuk proses keluarkan udara yang masuk dalam tangki.

Nah bagaimana cara dan solusi untuk mobil yang masuk angin dengan jenis type mesin diesel seperti ini? Berikut ini adalah cara mudahnya yang bisa sobat kanalmu bisa lakukan.
  • Prediksi perkiraan udara yang ada didalam tangki banyak atau sedikitnya.
  • Dan pastikan apakah udara banyak atau sedikit, jika banyak kemungkinan tangsi kosong solarnya.
  • Kemudian bukalan baut bleeder sampai solar mengalir.
  • Apabila solar tidak mengalir kendurkan injektor.
  • Cek letak primping pump, jika sudah ketemu silahkan tekan dan sambil pompa baut bleeder sampai gelembung kelaur habis, apabila sudah selesai tutup baut bleeder.
  • Kemudian agar sisa udara agar keluar semua, lakukan pemompaan pada primping pump sampai terasa berat.
  • Langkah terakhir adalh coba lakukan starter mobil, meskipun berat pasti akan nyala.

2. Solusi mobil diesel masuk angin tipe common rail

cara gampang mengatasi mobil masuk angin

Untuk tipe ini berbeda dengan konvesional karena kendali injektor beradai didekat dengan ECU, dan yang menjadi nilai lebih pada mobil diesel tipe ini adalah suaranya lebih halus serta mobil irit bahan bakar.

Adapun untuk mengatasi masalh masuk angin pada mobil jenis ini cukuplah mudah, caranya adalah sebagai berikut ini:
  • Sambung saluran bahan bakar
  • Lakukan Bleeding dengan kunci kontak
  • Langkahnyapun cukup praktis bleeding ini, dengan cara kontak ON sampai dashboard menyala, kumudian matikan kunci OFF. Lakukan proses ini sampai dengan 7 kali.
  • Terkahir hidupkan mesin mobil.
Jadi demikianlah penyebab dan ciri-ciri dari mobil diesel masuk angin, serta cara dan solusi gampang untuk memperbaiknya. Mudah-mudahan informasi ini membantu sobat bikers dimanapun berada yang mengalami maslah mobilnya masuk angin.

Post a Comment for "Beginilah Ciri-ciri Mobil Diesel Masuk Angin Serta Solusi Gampang Memperbaikinya"