Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Kenali Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus

Kanalmu.com - Memiliki mobil adalah hampir keinginan dari banyak sobat bikers, karena dengan memakai mobil akan memberikan kemudahan untuk segala aktifitasnya, berbeda dengan motor, pakai mobil akan lebih aman ketika posisi cuaca yang sedang hujan dan terik panas.

Untuk mendapatkan mobil saat ini cukup mudah bisa beli secara langsung kedealer terdekat, karena saat ini banyak sekali dealer-dealer mobil baru yang bisa dijangkau oleh masyarakat, sedangkan masalah harga saat ini bervariasi dari yang harganya super mahal sampai dengan harga yang cukup murah.

Jika sobat bikers ingin mendapatkan mobil baru namun minim budgetnya bisa dilakukan dengan cara kredit, namun untuk yang ingin mendapatkan mobil harga murah secara cash bisa beli mobil bekas. Namun untuk melakukan pembelian mobil bekas sobat harus memperhatikan beberapa hal agar tidak seperti membeli kucing dalam karung.

Membeli mobil bekas mesin harus bagus

Bagi sebagian orang awam membeli mobil akan lebih menjadi fokus utama pasti pada bagian body luarnya saja, akan tetapi itu sebenarnya tidak cukup, karena mobil bisa berjalan dengan baik karena mesinya yang mempunyai peforma bagus.

Pasti sobat kanalmu tidak mau, jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan dijalan, seperti motor mogok tiba-tiba, tarikan gas kempos. Dan mengalami berbagai masalah lainnya terkait mesin mobil.

Bagi kamu yang dalam waktu dekata atau saat ini sedang mencari informasi mobil bekas untuk dibeli, sebaiknya memperhatikan beberapah ciri dari mobil yang masih bagus, sehingga anda tidak mendapatkan kendala setelah melakukan pembelian.

Ciri gampang mengenali mobil bekas bagus

Tenang saja, kami kanalmu akan berbagi tips dan cara gampang untuk mengetahui ciri mobil bekas yang masih bagus baik dalam bentuk body maupun mesinnya, sehingga setelah kamu membelinya tidak akan mengecewakan tentunya.

Adapun cara mudah mengetahui cirinya sobat bikers bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk memastikan mobil bekas masih bagus atau tidaknya:

1. Ruang mesin mobil

ciri mobil bekas bagus

Sobat kanalmu lakukan pengencekan pada ruang mesin mobil dengan membuka kap mobil nya. Perhatikan setiap sudu dari mesin, apakah kamu menemukan adanya bekas cat baru atau tidaknya pada bagian-bagian komponen mobilnya, jika iya ini ada kemungkinan mesin mobil bekas diturunkan, dan penyebab mobil turun mesin ini ada beberapa hal antara lain seperti kebanjiran, bekas tabrakan atau problem lainnya.

Maka jika kamu mendapati jenis mobil bekas seperti ini, sebaiknya untuk dihindari dan mencari yang keadaannya masih normal.

2. Kondisi mesin mobil bekas

ciri mobil bekas bagus

Tips atau cara selanjutnya sobat kanalmu harus memperhatikan kondisi mesin mobil, kamu harus lakukan dengan baik dan teliti agar mendapatkan mobil bekas yang berkwalitas. Jadi kamu jangan sampai tidak memperhatikan dari setiap saluran dan komponen mobil sehingga mendapatkan mobil yang mesinnya rusak.

Cara mudahnya adalah sobat bikers memperhatikan dengan baik dai sisi mobil, apakah terawat dengan baik atau tidaknya, jika keadaan terawat berarti mobil juga sering dilakukan service secara rutin untuk mendapatkan peforma yang tetap terjaga, serta bagian-bagian seperti selang dan kebocoran mesin terhindarkan.

Untuk pengamatan ini lakukan dengan detail apakah adanya rembesan oli atau tidaknya, dan perhatikan juga baut-bautnya apakah ada yang rusak atau baru. Jika terdapat hal yang semacam tersebut sebaiknya untuk mencari informasi jenis mobil lainnya.

Namun semua itu perlu diperhatikan dengan seksama, karena juga tidak jarang bagi penjual mobil melakukan pencucian dari berbagai sudut mesin mobil, demi mendapatkan keuntungan lebih padahal mobil dalam keadaan tidak normal.

3. Starter mobilnya

ciri mobil bekas bagus

Ciri mobil bekas yang masih bagus dan mulus adalah kemudahan saat kamu melakukan starter mobil, apabila kamu melakukan uji coba starter tanpa melakukan hentakan gas, dan juga keadaan audio dan ac menyala tidak nyedat berarti mobil masih bagus.

Namun jika kamu menjadi mobil ketika dilakukan starter nyedat-nyendat ada kemungkinan kerusakan pada aki, maupun salura pembakaran pada mesin mobil. Dan hal ini bisa terjadi akibat jarang dilakukan service berkala, sehingga adanya sumbatan dan kotoran yang menumpuk pada bagian mesinnya.

4. Speedometer dan Indikator

ciri mobil bekas bagus

Lankah selanjutnya untuk dapat memastikan mobil bekas masih bagus atau tidaknya dengan cara melakukan kroscek pada bagian speedometer dan lampu-lampu indikator yang terdapat pada dashboard mobil.

Apakah lampu-lampu indikator ini masih normal nyala semua, atau tidak jika tidak ada kemungkinan kerusakan pada jalur kelistrikan mobil, dan ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk membelinya.

Kemudian saat kamu menyalakan dan melakukan ujicoba gas spontan pada mobil apakah jarum pada rpm masih berjalan naik turun secara normal, jika iya berarti mobil masih bagus. Namun jika terdapat sendatan berarti ada permasalahan pada mobil bekas tersebut, dan ini sebaiknya untuk diskip dan cari mobil lainnya.

Untuk bisa mendapatkan mobil bekas bagus kamu harus perhatikan dengan baik dan juga lakukan dengan sabar saat melakukan pencarian, agar mendapatkan mobil yang masih istimewa, dan tentunya mesinnya peforma masih baik.

Langkah mudah mengetahui kwalitas mesin mobil

Sebelum melakukan pembelian mobil bekas sebaiknya sobat tidak lakukan dengan terburu-buru karena jika kamu lakukan dengan tergesa dan tidak melakukan kroscek secara mendetail hasil mobil yang kamu beli bisa saja mengecewakan.

Jika penjual memberikan tawaran dengan harga yang sangat murah, sebaiknya perlu ditelisik terlebih dahulu, bisa jadi mobil keadaan sudah bobrok mesinnya, karena itu kamu harus luangkan waktu yang cukup untuk melakukan kroscek pada semua bagian baik body, mesin sampai dengan ban-ban dan bawah kendaraan.

Lakukan test drive secara mandiri dan rasakan peforma mesinnya, jika mobil manual saat melakukan perindahan transmisi, masalah pengereman, digunakan saat tikungan, dan kalau ada kesempatan cek apakah schocknya masih empuk tidaknya dengan cara membawa pada jalanan yang cukup terjal.

Dengan melakukan beberapa langkah dan mengetahui ciri mobil bekas bagus berikut, kanalmu harapkan sobat bisa mendapatkan mobil bekas dengan kwalitas yang masih istimewa baik body luar, maupun peforma mesinnya.

Demikian ulasan ini semoga bermanfaat dan anda ketika melakukan pembelian mobil bekas medapatkan mobil dengan kwalitas masih bagus.

Post a Comment for "Cara Gampang Kenali Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus"