Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tinggalin mobil lama ? Berikut cara perawatan agar tidak mudah rusak

Kanalmu.com -  Sobat sering perjalanan dinas keluar kota dan mobil kesayangan kamu sering nongkrong digarasi rumah karena lama kamu tinggalin. Kamu perlu ketahui bahwasanya jika mobil lama dianggurin dan tidak sering digunakan bisa saja cepet rusak loh. 

Karena part pada bagian mobil jika lama tidak digunakan akan mengalami kekeroposan, tidak hanya itu mobil kamu juga akan mengalami beberapa masalah lain seperti aki tekor, mobil berdebu. Maka dari itu sobat kanalmu harus memperhatikan hal-hal yang bisa mengurangi kerusakan jika mobil ditinggalkan terlalu lama.

Karena jika mobil sudah mengalami kerusakan, sudah tentu kamu akan mengeluarkan cost tambahan untuk perbaikan, ini tidak mengapa jika perbaikan biaya murah, namun akan cukup menguras kantong jika ternyata biaya service mobil lebih mahal.

Tips dan cara perawatan mobil ditinggal lama

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Agar mobil bisa awet dan tidak cepat rusak akibat ditinggalkan terlalu lama, maka ada beberapa hal yang sobat kanalmu otomotif bisa lakukan.

Adapun beberapa hal yang bisa kamu lakukan antara lain adalah sebagai berikut ini untuk mengatasi mobil yang ditinggal lama untuk perjalanan dinas atau keluar kota untuk keperluan lain.

1. Pastikan mobil bersih sebelum ditinggal

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Pastikan sobat membersihkan mobil sobat baik pada bagian dalam maupun luar, dengan cara melakukan cuci mobil. Karena bekas debu dan kotoran yang membandel pada bagian mobil bisa menyebabkan korosi. 

Untuk bagian dalam mobil atau interiornya kamu bisa menggunakan vakum untuk membersihkannya, ini akan menghindarkan bau berlebihan dan menjadi sarang dari hewan seperti serangga, kecoa dan lain sebagainya.

2. Isi full bensinnya

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Mengisi bahan bakar secara penuh pada mobil yang akan ditinggakan dalam waktu lama adalah cara cerdas, karena ini akan mempersempit ruang tangi yang memungkinkan masuknya angin yang mana bisa menyebabkan mobil masuk angin dan sulit distarter dikemudian hari jika akan digunakan.

Selain itu embun yang ada pada tangki bensin mobil akan mencair pada siang hari yang terik, dimana ini bisa dapat menurunkan kwalitas bensin, apabila hal ini kamu biarkan akan menganggu proses pembakaran pada mesin mobil.

3. Ganti oli baru

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Memastikan isi oli mobil masih penuh bisa membantu mesin mobil tetap awet, maka dari itu jika kondisi mobil akan ditinggalkan lebih dari satu bulan dan kondisi oli sudah lama tidak diganti sebaiknya untuk diganti dengan oli baru.

Namun saat menganti oli sebaiknya untuk diperhatikan dan menyebabkan tercecernya oli, karena ini akan menjadi masalah jika mobil dalam keadaan kotor karena oli karena menempelnya debu dan kotoran,yang mengakibatkan mobil bisa dengan cepat korosi.

4. Cabut katup aki

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Agar aki mobil kamu tidak tekor sebaiknya aliran listrik tidak berjalan, maka dari itu kamu bisa lakukan pencabutan katup aki nya. Namun sobat kanalmu harus perhatikan jika akan melakukan ini, karena jika tidak dilakukan dengan benar akan menyebabkan korsleting dan menjadikan kerusakan pada mobil.

Cara yang benar dalam pencabutan katup aki yaitu dengan mendahulukan kabel negatif kemudian yang positif. Dan ketika kamu akan memasangnya kembali kamu juga harus melakukan dengan baik dengan cara katup kabel positif kemudian yang negatif.

5. Mengurangi beban mobil

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Apabila pada kendaraan sobat terdapat benda berati selain aksesoris mobil bisa kamu lepaskan jika akan kamu tinggalkan dalam jangka waktu lama. 

Selain itu agar ban anda awet kamu bisa melakukan pelepasan 4 roda ban pada mobil dengan menganti penyangganya dengan dongkrak. Memang cara ini cukup membutuhkan waktu namun ini bisa menghindarkan dari mobil dimaling pencuri, karena tidak mungkin pencuri akan membawa kabur mobil yang tanpa ban satupun.

6. Gunakan tempat parkir yang datar

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Menggunakan tempat parkir yang datar akan membantu keseimbangan dari mobil, ababila mobil kamu dalam keadaan miring kamu bisa memanfaatkan penganjal untuk menjadikan parkiran menjadi darar.

Yang perlu diperhatikan disini adalah jika kamu keluar dalam jangka waktu lebih dari satu bulan sebaiknya hindari penggunaan rem tangan, karena ini bisa menyebabkan perenggangan pada sparepart tersebut, dengan demikian akan mengurangi elastisitasnya jika kemudian hari digunakan.

7. Gunakan cover mobil

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Menggunakan cover saat mobil terparkir cukup lama adalah pilihan yang sangat tepat, karena cara ini bisa menghindarkan dari mobil berdebu dan kotoran menempel yang menyebabkan korosi. Dan tempat yang sangat tepat dalam melakukan parkir adalah garasi rumah dan juga fasilitas publik yang terdapat kamera cctv yang bisa membantu mengamankan mobil kamu dari tindak kejahatan pencurian.

8. Pastikan dalam keadaan terkunci

cara perawatan mobil yang ditinggal lama

Nah yang terkhir sobat kanalmu adalah dengan cara mobil yang sudah bersih dan juga terparkir dengan baik kemudian kamu lakukan penguncian mobil kamu, agar tidak terbuka tiba-tiba dan dimasuki  hewan peliharaan rumah seperti kucing yang akan membuat kotor.

Demikian informasi mengenai cara perawatan untuk mobil yang ditinggal dalam waktu lama untuk perjalanan keluar kota, dengan demikian mobil kamu awet, dan mesin akan tetep prima jika digunakan lagi di lain hari.

Post a Comment for "Tinggalin mobil lama ? Berikut cara perawatan agar tidak mudah rusak"