Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Adalah Pengertian, Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah serta Cara Gampang Merawatnya Agar Tidak Tekor

Kanalmu.com - sobat bikers pasti tidak asing dengan namanya aki kendaraan, karena aki ini sangat cukup membantu anda dalam proses menghidupkan mesin secara elektrik. Tidak hanya itu, karena dengan adanya aki klason motor, lampu sein akan mudah menyala dengan baik.

Maka dari itu aki mempunyai peranan yang amat penting bagi kendaraan baik itu untuk roda dua motor maupun roda 4 mobil. Namun apakah sobat sudah memahami apa itu pengertian aki, perbedaan aki kering dan basah, serta fungsi aki baik untuk mobil serta motor. Jika belum mengetahuinya maka pada kesempatan kali ini, mari bareng kanalmu belajar sedikit mengenai aki.

Pengertian aki adalah ?

Accumulator atau dalam masyarakat indonesia lebih dikenal dengan aki adalah salah satu benda yang mampu menyimpan daya arus litrik guna untuk menyalakan rankaian kelistrikan yang membutuhkan tenaga dari listrik.

Memang secara ekslusif aki ini memiliki fungsi sebagai penyala motor secala elektrik pada kendaraan, karena secara penuh motor atau mobil sidah mampu menghasilkan tenaga listrik yang mana bernama altenator. Yang mana teknologi tersebut digunakan sebagai sumber kelistrikan pada kendaraan dan juga pengisian daya pada aki.

Apa fungsi aki pada kendaraan bermotor ?

perbedaan aki kering basah
Perlu sobat bikers kanalmu juga ketahui bahwasanya aki ini memiliki fungsi yang cukup banyak bagi kendaraan bermotor. Dan berikut ini adalah beberapa fungsi aki pada kendaraan bermotor di bagi menjadi dua, untuk kendaraan motor dan kendaraan roda empat mobil.

  • Fungsi aki untuk kendaraan motor

  1. Menyalakan mesin melalui starter elektrik
  2. Sebagai arus kelistrikan pada dashboard
  3. Berikan tegangan pada ECU (Pada motor injection)
  4. Nyalakan fuel pump saat mesin dilakukan starter(motor injection)

  • Fungsi aki untuk kendaraan mobil

  1. Nyalakan starter elektrik mobil
  2. Pemberi arus induksi alternator
  3. Sebagai suplay arus listrik pada dashboard
  4. Door lock teknology
  5. Tegangan referensi ke ECU
  6. Hidupkan elektrik fuel pump
Perlu juga sobat bikers ketahui bahwasanya aki ini memiliki 2 jenis , satu jenis aki basah dan selanjutnya adalah aki kering yang merupakan teknologi yang dikembangkan dari aki basah. Apa yang menjadi perbedaan dari dua jenis aki ini ? Mari kita simak ulasan kanalmu dibawah ini.

Perbedaan aki kering dan aki basah

Untuk lebih memahami apa itu aki kering dan basah mari kita semua simak dengan seksama penjelasan berikut ini.

1. Kotak Aki

Untuk jenis aki basah biasanya kotaknya berbentuk transparan, sehingga kita bisa melakukan kroscek terhadap isi, dan juga untuk lebih mengetahui lebih mudah dari aki basah, terdapat lubang yang mana berguna sebagai salah satu pengisi elektrolit.

Sedangkan aki kering adalah aki yang dikembangkan dari teknologi aki basah, yang mana memiliki kotak dengan warna yang lebih gelap dan kamu tidak dapat melihat dalamannya kecuali membongkar. Dimana pada jenis aki ini tidak terdapat lobang karena aki kering tidak perlu dilakukan isi ulang elektrolit.

2. Elektrolit Aki

Untuk elektrolit pada aki basah menggunakan elektrolit cairan, yang mana bahan ini mudah menguap. Namun mudahnya ini bisa dilakukan isian ulang.

Sedangkan aki kering menggunakan elektrolit berbentuk gel, yang mana gel elektrolit yang tertutup rapat pada kotak gelap ini tidak mudah menguap. Dari dua jenis aki ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun memiliki fungsi yang sama, yaitu menyediakan daya listrik untuk kebutuhan kelistrikan kendaraan bermotor.

3. Penguapan Pada Elektrolit

Pada aki kering meskipun berbentul gel ini bisa menguap, yang mana disebabkan oleh panasnya dari mesin.

Sedangkan aki basah karena menggunakan elektrolit cair, maka ini akan lebih cepat menguap meskipun bukan karena hasil panas mesin. Maka dari itu perlu dilakukan isi ulang pada jenis aki basah ini, namu perlu sobat ketahui saat melakukan isi ulang elektrolit untuk memperhatikan batas bawah dan batas atas. 

Saat melakukan isi ulang pastikan cairan elektrolit ini berada pada batas bawah (lower level) dan tidak melebihi batas atas (upper level).

4. Isi Ulang Aki

Untuk melakukan isi ulang pada aki basah memang terlihat dan menggunakan cairan, jadi ini lebih terlihat mudah. Berbeda dengan kering, yang mana masih banyak sobat bikers memperdebatkan bagaimana cara mengisi ulang aki kering yang habis elektrolitnya. Disini sobat bikers perlu memahami bahwasanya aki kering ini bisa mendapatkan elektrolit lagi ketika habis jika dilakukan charge(Pengisian daya baterai).

5. Perbedaan Harga aki kering basah

Karena dari kedua aki ini memiliki pengembangan teknologi yang berbeda serta keunggulan berbeda, bahwasanya aki kering harganya lebih malah dari aki basah yang mana memiliki harga lebih murah.

Itulah beberapa perbedaan dari aki kering dan basah, agar aki ini lebih awet sobat bikers harus melakukan perawatan. Namun sebelum melakukan perawatan sebaiknya sobat bikers mengetahui terlebih dahulu penyebab aki ini bisa tekor. 

Penyebab Aki Kendaraan Bermotor Cepet Tekor

penyebab aki motor mobil terkor

Adapun berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan aki kendaraan motor, mobil sobat bikers kanalmu cepet tekor.
  1. Usia aki sudah tua 
  2. Aki mengalami pengelembungan
  3. Elektrolit yang terdapat pada aki kurang
  4. Penggunaan aksesoris pada kendaraan yang menggunakan arus litirik berlebihan
Seperti yang kanalmu sebelumnya sampaikan bahwasanya untuk menjada aki ini tetep awet dan tidak mudah tekor maka perlu dilakukan perawatan.

Bagaimana cara merawat aki kering dan aki basah? 

cara gampang rawat aki mobil motor

Adapun cara perawatan aki kendaraan bermotor kering dan basah sudah tentu memiliki aturan yang cukup berbeda, maka dari itu berikut ini adalah cara gampang rawat aki kering maupun basah yang sobat bikers perlu ketahui.

Cara gampang rawat aki kering

Memang perlakuan perawatan aki kering ini cukup berbeda dengan aki basah, dan beberapa hal berikut ini adalah cara merawat aki kering anda agar menjadi awet dan bertahan lama.
  1. Memanaskan kendaraan bermotor setiap hari
  2. Jadwalkan rutin pemeriksaaan jalur kelistrikan
  3. Hindari penggunaan beban aksesoris diatas beban aki
  4. Selalu bersihkan kerak dan debu pada aki
  5. Pastikan pengikat aki selalu kencang, dan tidak goyak lewati jalan terjal berlubang

Cara gampang rawat aki basah

Bisa dibilang perawatan aki kering lebih mudah dibandingkan dengan aki basah, karena teknologi yang dikembangkan dalam pembuatan aki berbeda. Dan berikut ini adalah cara mudah melakukan perawata aki basah.
  1. Rutin melakukan pengisian elektrolit
  2. Selalu cek cairan elektrolit jika sudah dibawah batas bawah lakukan pengisian
  3. Cek dan bersihkan kerak serta debu di aera sekitar terminal aki
Cara mudah diatas selalu lakukan secara rutin agar aki kendaraan bermotor kamu bisa tetap awet dan mudah untuk digunakan, dimana dengan demikian arus kelistrikan pada kendaraan anda bekerja dengan prima.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi pengertian, perbedaan, fungsi dan juga cara gampang dalam perawatan aki baik itu yang basah maupun kering. Mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu anda semua.

Post a Comment for "Berikut Adalah Pengertian, Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah serta Cara Gampang Merawatnya Agar Tidak Tekor"