Cara Gampang Mengendarai Motor Kopling dengan Baik & Benar Untuk Pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling -  Memang ada jenis motor dengan type transmisi automatic dan juga ada yang transmisi manual, dan tidak kalah penting sobat juga harus tahu mengenai transmisi yang menggunakan kopling. Memang banyak berangapan bahwasanya motor kopling ini susah untuk dikendarai.

Namun sebenarnya menggunakan motor kopling, tidaklah begitu sulit, namun ada beberapa hal yang sobat perlu perhatikan jika akan mengemudikan motor jenis ini.
cara gampang mengendarai motor kopling

Fungsi Kopling Pada Motor

Namun sebelum sobat bikers belajar cara mengemudikan motor kopling, sebaiknya tahu terlebih dahulu apa fungsinya kopling yang terdapat pada motor. 

Fungsi kopling pada dasarnya digunakan sebagai gerbang antara mesin dengan transmisi yang mana mempunyai tujuan sebagai penyambung dan pemutus tenaga pada mesin, sehingga memudahkan untuk dikemudikan. 
fungsi kopling motor

Cara Gampang Mengendarai Motor Kopling dengan Baik & Benar

Dan sebenarnya bagaimana cara mengemudikan motor kopling, seperti motor yamaha vixion,kawasaki KLX, honda cbr, suzuki satria fu. Karena beberapa motor ini adalah salah satu motor yang menggunakan kopling untuk bisa memindahkan transimisi.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengendarai motor kopling, yang bisa menjadi bahan referensi anda untuk belajar mengendarai motor kopling.
cara gampang mengendarai motor kopling

1. Menggunakan Jaket Motor

Menggunakan jaket, berarti melindungi anda dari angin saat anda belajar mengendarai motor berkopling. Dan jika buruknya anda mengalami jatuh, jaket ini bisa melindungi anda, dari aspal, atau jalan bebatu. 

2. Gunakan Helm SNI

Menjaga keselamatan selama anda belajar mengemudikan motor berkopling ini adalah hal yang perlu diperhatikan terlebih adalah bagian kepala. Menggunakan helm adalah pilihan yang baik bagi sobat biker yang akan belajar mengemudikan motor.

3. Gunakan Sarung Tangan

Sarung tangan menag juga salah satu hal yang cukup penting bagi sobat biker gunakan untuk belajar mengendari motor , karena bisa melindungi dari telapak tangan yang licin, selain itu bisa juga melindungi dari angin.

Ketika hujan desar dan awan terik, menggunakan sarung tangan bisa melindungi tangan anda dari air dan juga terik matahari.

4. Gunakan sepatu boot khusus motor

Sebaiknya anda menggunakan sepatu saat anda belajar menggunakan motor, karena biasanya untuk motor manual saat mengoper gigi harus menggunakan kaki. Karena itu ini bisa melindungi anda dari persneleng jika kamu belum terlalu mahir menggunakan nya.

Tidak hanya itu, jika kamu mengalami jatuh, sepatu yang kamu gunakan bisa melindunginya kaki sobat bikers.

5. Cari tempat sepi untuk belajar mengemudi motor kopling

Tempat sepi untuk belajar mengemudi motor kopling juga salah satu pilihan yang sangat cerdas bagi sobat bikers, karena pada tempat ini sobat bisa lebih berkonsentrasi tanpa ada rasa ketakutan atau menyenggol pengendara lain yang ada disekitar.

6. Kondisi Motor Yang Prima Dan Baik

Sebelum dikemudikan, pastikan motor yang akan anda gunakan dalam keadaan yang prima dan baik. Karena jika tidak pada peforma baik, sebaiknya motor anda dirawat terlebih dahulu agar menjadi lebih prima.

Seperti pada bagian klakson, gas, rem dan juga lampu sein berjalan normal dan bisa digunakan semua, agar anda juga mempelajari fungsi dari bagian-bagian tersebut.

7. Belajar dari motor yang ber mesin cc kecil

Ketika anda belajar mengemudikan motor kopling dengan kapasitas mesin yang cukup kecil, ini akan mudah untuk dikendalikan, bila sobat bikers langsung menggunakan kapasitas yang besar, sudah pasti akan menjadikan motor kamu sulit untuk dikendalikan ketika terjadi tarikan gas yang cukup kuat.

8. Mulai dari kondisi transmisi netral

Sebelum sobat bikers kemudikan, pastikan motor dalam keadaan netral, karena jika tidak dalam keadaan netral gas yang akan kamu pacu akan membuat motor menarik secara dadakan.

9. Pelajari Fungsi Kontrol Panel Motor

Pastikan anda mengenal bagian-bagian pada kontrol panel motor, seperti panel rem, lampu sein, klakson, transmisi atau engkol dan juga gas. Karena jika kamu mengetahui fungsi dasar dari panel motor, nanti juga bermanfaat bagi sobat bikers akan membuat SIM C untuk pengendara motor.

10. Nyalain Dahulu Mesin Motor

Untuk memastikan panel berfungsi semua, sobat bikers bisa memulai semua itu dengan melakukan nyalain mesin dalam keadaan ON dan cek satu persatu agar mengetahui fungsi panel dari bagian-bagian motor kopling anda.

11. Pelajari membuka kopling

Saat mau membuka kopling lakukan secara berlahan dengan diiringi gas juga tekanannya diturunkan agar suara motor tidak menggerung. Tidak hanya itu jika kopling dilakukan secara mendadak akan menjadikan motor melompat, pastikan kamu membuka kopling ini dengan tahapan berlahan.
cara gampang mengendarai motor kopling pemula

12. Pelajari Gerakan Lurus

Lebih baik sobat belajar motor berkopling pada jalan yang lurus bagi pemula, karena sobat bikers harus belajar lebih untuk mengendalikan kopling, jika sudah terbiasa baru sobat bikers bisa mencoba pada jalanan yang menikung dan juga menanjak.

13. Minta Diajari Orang Berpengalaman

Pastikan sobat bikers ditempani oleh orang yang sudah berpengalaman dengan menggunakan motor kopling jika akan belajar. Karena ini akan mempermudah anda dalam mengendari dan mengetahui berbagai fungsi panel motor.

14. Hindari Pindahkan Gigi Mesin Tidak sesuai dengan torsi (Perputaran Mesin)

Ini adalah pelajaran yang cukup penting bagi sobat bikers pemula untuk pengguna motor kopling. Usahakan untuk tidak memindahkan mesin dalam keadaan mesin tinggi dan juga rendah.

Karena jika tidak memindahkan dengan baik dan benar akan menjadikan engine brake pada mesin motor, yang mana ini akan mempercepat mesin motor akan rusak.

Untuk sobat bikers bisa mempelajari panduan penggunaan gigi transmisi dibawah ini, agar lebih mudah untuk dipahami.
  • Pindah ke Gigi 1 gunakan rentang kecepatan antara 0 sampai dengan 10 km/jam
  • Pindah ke Gigi 2 gunakan rentang kecepatan antara 10 sampai dengan 40 km/jam
  • Pindah ke Gigi 3 gunakan rentang kecepatan antara 40 sampai dengan 60 km/jam
  • Pindah ke Gigi 4 gunakan rentang kecepatan antara 60sampai dengan 80km/jam
  • Pindah ke Gigi 5 diatas 100 km/jam
Memang ada juga motor yang memiliki kurang dari 5 gigi atau lebih dari 6 gigi, ini bisa sobat bikers sesuaikan dengan keadaan dari jumlah laju motor.

15. Hindari perlambatan motor bersamaan dengan penggunaan kopling

Jika sobat bikers melakukan itu secara bersamaan akan menjadikan motor kamu tidak terkendali dengan baik, jika sobat biker tidak benar-benar mahir sobat bikers bisa saja terjatuh dalam keadaan ini.

Penggunaan kopling ini lebih menitikberatkan untuk perpindahan gigi mesin, agar gas tidak hilang dan motor masih bisa dalam kondisi berjalan. 

Demikian ulasan kanalmu mengenai cara gampang mengendarai motor kopling yang baik dan benar untuk pemula. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi sobat bikers semua, dimanapun berada.

Jangan lupa bagi sobat bikers bantu untuk share tulisan ini, agar lebih banyak yang bisa belajar mengemudikan motor berkopling dengan baik dan benar. 
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "Cara Gampang Mengendarai Motor Kopling dengan Baik & Benar Untuk Pemula"