Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat SIM Online Terbaru 2020 Lengkap Dengan Biaya, Syarat, Dokumen

Cara Gampang Membuat SIM - Bukti identitas dalam berkendara menggunakan mobil atau lebih dikenal dengan sebutan SIM ( Surat Izin Mengemudi ), motor ini wajib anda bawa ketika anda akan melakukan perjalanan, Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum memiliki SIM ini dengan alasan, pengurusannya ribet, sibuk tidak ada waktu lebih untuk mengurus dan faktor-faktor lain dari masing-masing pemilik kendaraan. Meskipun demikian anda wajib memiliki SIM ini jika anda akan melakukan kemudi terhadap kendaraan mobil, motor anda. Dan untuk mendapatkan SIM sobat otomotif kanalmu harus mengikuti beberapa serangkaian seperti ujian teori, ujian praktik mengemudi dan minimal usia anda harus 17 tahun. Karena umur dibawah itu belum diperkenakan oleh pemerintah untuk mengemudi mandiri diperjalanan.

Sebenarnya untuk membuat SIM saat ini sangatlah mudah, jika anda mencari terlebih dahulu informasi bagaimana membuat SIM yang baik dan benar secara mandiri. Untuk kamu yang mempunyai alasan sibuk, ada pelayanan pendafataran pembuatan SIM secara online, ini sudah disediakan dari pihak satlantas untuk mempermudah banyak kemudi untuk memiliki SIM. Dengan cara ini sudah tentu akan mempercepat proses pembuatan SIM dan tanpa anda menunggu antrian, namun sebelum membuat surat izin mengemudi ini sebaiknya anda mengetahui syarat wajib pembuatan SIM. Dengan mengetahui syarat pembuatan surat izin mengemudi ini sudah tentu akan mempermudah dalam anda membuat SIM.
cara gampang buat sim online
cara gampang buat sim online

Jenis SIM Untuk Pengemudi Motor Gede [ Mesin Diatas 150cc ]

Pembuatan SIM ini tidaklah asal, karena ada beberapa jenis SIM yang bisa anda buat sesuai dengan kendaraan yang akan sobat otomotif kanalmu kemudikan, sebagai contoh anda memiliki dan pengemudi dari motor sport terbaru dengan kapasitas diatas 150 cc, kamu harus mengajukan pembuatan SIM C1 , SIM C2. Ini sudah tentu berbeda jika sobat otomotif kanalmu akan mengendari motor terbaik seperti yamaha vixion, honda beat, vario, kawasaki ninja yang memiliki daya mesin dibawah 150 cc anda cukup membuat SIM C saja.

Nah untuk bagi sobat otomotif kanalmu yang disabilitas ini juga bisa membaut SIM loh, karena mereka juga mempunyai hak untuk berkendara di jalan sesuai dengan tujuan mereka bepergian, SIM untuk sobat otomotif kanalmu disabilitas ini jenisnya SIM D.

Tahapan Membuat SIM Yang Harus Di Lalui

Memang untuk pendaftaran SIM bisa online, namun sobat otomotif kanalmu harus menyelesaikan beberapa tahapan dalam pembuatan SIM itu sendiri. Sedangkan untuk tahapannya adalah anda melakukan pendaftaran, cek kesehatan dan meminta surat keterangan sehat, ujian teori komputer, ujian praktik mengemudi. Semua tahapan tersebut anda harus lolos dengan demikian anda akan mendapatkan surat izin mengemudi sesuai dengan jenis SIM yang sedang ajukan untuk dibuat.

Cara Membuat SIM online Lengkap Dengan Syaratnya

Untuk dapat membuat surat izin mengemudi pastikan aada, mengetahu syarat dan juga tahu prosesnya lengkap, dengan mengetahui langkah-langkahnya sobat kanalmu akan dimudahkan dalam pembuatan SIM nya. Seperti yang kamu sampaikan sebelumnya bahwasanya untuk membuat SIM syarat utama adalah anda sudah berusia 17 tahun, untuk lebih detail silahkan simak penjelasan daru kanalmu berikut ini sampai dengan selesai.

Syarat Wajib Membuat SIM Online

Berikut ini adalah beberapa dokumen dan syarat wajib dalam pengurusan anda untuk pembuatan SIM, dan syarat berikut ini adalah syarat umum yang wajib anda penuhi untuk mendapatkan SIM sesuai jenis yang anda ajukan.

1. Batasan Usia Pengajuan Pembuatan SIM

Pertama Adalah anda harus mengetahui batasan usia anda ketika akan melakukan pembuatan surat izin mengemudi ini, dan berikut ini adalh detail usia minimum untuk pembuatan sim berdasarkan jenis SIM.

  • Usia Minimal Untuk Pembauatan SIM A, SIM C, SIM D Harus Berumur 17 tahun
  • Usia Minimal Untuk Pengajuan Pembuatan SIM B1 berumur 20 tahun
  • Umur minilam pengajuan SIM B2 21 tahun
  • Usia Pengaju SIM B1 Umum Harus berumur 22 tahun
  • SIM B2 Umum Minimal usia harus 23 tahun
Seperti yang kanalmu jelaskan sebelumnya bahwasanya jenis sim ini tergantung dengan kendaraan akan yang dikemudikan sebagai contoh SIM C untuk kendaraan roda 2 dibawah 150cc, dan untuk SIM C1 untuk mesin kendaraan roda 250cc-500cc, sedangkan untuk SIM C2 untuk kendaraan motor dengan kapasitas mesin 500cc keatas.

2. Syarat Administrasi yang harus dipenuhi

Selain usia, anda juga harus menyelesaikan administrasi, dan berikut ini adalah beberapa administrasi yang harus anda selesaikan untuk melakukan pengajuan SIM.
  • Anda Diwajibkan Mengisi Formulis Pengajuan SIM Baru
  • Membawa KTP dan Fotocopy sesuai dengan domisili anda

3. Pastikan Terpenuhi Syarat Keterangan Kesehatan

Surat keterangan kesehatan ini menjadi syarat wajib bagi sobat otomotif kanalmu dalam pengajuan SIM baru, maupaun perpanjangan SIM. Jadi pastikan anda sudah melakukan hal ini.
  • Mendapatkan Surat Kesehatan jasmani berupa tes mata atau penglihatan, pendengaran dan juga fisik
  • Melakukan Tes Kesehatan Rohani yang mana ketelitian , kecermatan dan konsentrasi menjadi syarat wajib mendapatkan surat ini.

4.  Mengetahui Jenis SIM yang diajukan dan Golongannya

Pastikan anda sudah mengeathui jenis sim apa yang akan anda ajukan, dan akan mengemudikan golongan kendaraan apa, karena ini penting jangan sampai anda salah dan tidak tahu akan hal ini, karena fungsinya masing-masing SIM ini berbeda, untuk lebih detail penjelasannya sebagai berikut ini.
  • Golongan  Pengemudi Dengan Beban Kendaraan kurang 3.500 Kg bisa ajukan SIM A
  • Golongan pengemudi dengan beban kendaraan lebih dari 3.500 kg ajukan SIM B1
  • Golongan pengemudi alat berat, kendaraan gandeng, penarik, dengan beban lebih dari 1000 Kg ajukan SIM B2
  • Untuk Pengendara Motor Biasa SIM C
  • Untuk Pengendara Motor Dengan kapasitas Mesin 250cc sampai dengan 500cc ajukan SIM C1
  • Untuk pengendara motor dengan kapasitas mesin lebih dari 500cc ajukan SIM C2
  • Bagi sahabat disabilitas bisa mengajukan SIM D

5. Membayar Biaya Pembuatan SIM

Karena jenis SIM ini berbeda, sudah pasti biaya pembuatannya pun juga berbeda, pastikan anda mengetahui biaya pembuatan SIM berdasarkan jenis surat izin mengemudi yang sedang anda ajukan buat. Dan berikut ini adalah detail biaya dari pembuatan sim.
  • Biaya Pembuatan SIM A Sebesar Rp 120.000,-
  • Biaya pembuatan SIM B1 Sebesar Rp 120.000,-
  • Biaya Pembuatan SIM B2 sebesar Rp 120.000,-
  • Biaya Pembuatan SIM C, SIM C1, SIM C2 sebesar Rp 100.000,-
  • Biaya Pembuatan SIM D sebesar Rp 50.000,-

Prosedur, Langkah Dan Pembuatan SIM Secara Online

Bagi Sobat otomotif kanalmu yang akan membuat sim secara online, ikuti langak-langkah berikut ini, dengan demikian proses pembuatan SIM anda akan lebih cepat dan juga gampang tentunya.
form pendaftaran sim online dari polri
form pendaftaran sim online dari polri

  • Pastikan Anda Memiliki email atas nama sendiri
  • Langkah Pertama sobat kanalmu kunjungi laman website sim online sim.korlantas.plri.go.id
  • Langkah Berikutnya kamu di menu utama website tersebut untuk pilih menu pendaftaran SIM online
  • Pada langkah berikutnya akan muncul menu pilihan, pilih saja Permohonan SIM Baru
  • Isi formulir pengajuan SIM baru, dengan baik dan benar sesuai dengan data anda
  • Ikuti Langkahnya sampai selesai
  • Jika anda sudah cek dan data menurut anda sudah benar, untuk tahap selajutnya anda bisa masukan kode verifikasi yang tertera
  • Pastikan Proses pendaftaran sukses dan terigistrasi
  • Bukti Pendaftaran Berhasil, silahakn cek email yang anda gunakan untuk pendaftaran SIM Baru Online
  • Jika sudah berhasil, silahkan melakukan pembayaran di ATM atau gerai Bank sesui nomor rekening yang tertera pada website sim online
  • Jika proses ini sudah selesai semua, anda tinggal datang ke samsat atau SIM keliling dengan membawa surat keterangan sehat dari dokter, bukti pembayaran via ATM atau bank, dan juga bukti registrasi dari email , pastikan dokumen registrasi pada email di cetak ya agar lebih mudah
  • Anda akan menjalani proses identifikasi seperti sidik jari, tanda tangan dan juga foto
  • Setelah itu langkah terakhir anda akan melalui proses ujian Teori, Praktik jika dalam proses ini anda lolos anda akan mendapatkan SIM baru sesuai dengan yang anda ajukan

Download Panduan Lengkap Cara Daftar SIM Online Pdf

Untuk kamu yang akan membuat SIM secara online, jika dirasa panduan diatas kurang cukup, kamu bisa download panduan cara daftar SIM online tersebut, kami kanalmu sediakan khusus anda agar lebih mudah dalam pembuatan SIM Online, [ Download Panduan Pembuatan SIM Pdf ].

Demikianlah ulasan kanalmu Cara gampang pembuatan SIM baru secara online, sehingga tidak ada alasan anda sibuk dan tidak ada waktu untuk pembuatan SIM baru ini, karena saat ini dari pihak kepolisian memberikan kemudahan dalam proses pembuatan surat izin mengemudi. Jangan lupa share ulasan ini agar lebih banyak yang terbantu bagi saudara-saudara kita yang akan membuat SIM.

Post a Comment for "Cara Gampang Membuat SIM Online Terbaru 2020 Lengkap Dengan Biaya, Syarat, Dokumen"