Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Tips dan Cara Gampang Menjaga Kondisi Velg Motor Tetap Baik, Awet Serta Tahan Lama

Kanalmu.com - Sobar bikers pasti sepakat jika velg motor adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sepeda motor dan menjadi salah satu komponen sasaran modifikasi velg motor. Tanpa adanya velg motor tidak dapat digunakan dengan baik, namun perlu sobat biker juga ketahui bahwasanya motor yang pelk nya rusak susah tentu keseimbangan saat berjalan sangat ketara.

Terlebih jika velg motor sampai bengkok sudah tentu akan menjadikan bahaya ketika digunakan terlebih kondisi jalanan yang ramai. Maka dari itu perawatan motor dan khususnya pada bagian sparepart velg menjadi hal yang harus diperhatikan agar selalu tetap baik dan enak digunakan kapanpun waktunya.
Karena dengan perawatan secara runtin terhadap sepeda motor akan menjadikan peformanya akan selalu baik, namun jika tidak pernah sama sekali dilakukan perawatan akan menjadikan motor kurang bahkan sampai dengan tidak enak untuk digunakan.

Khusus untuk velg motor agar tetap kelihatan bagus dan terjada dengan baik maka sobat bikers wajib membuat perawatan secara rutin.

Tips dan cara gampang menjaga velg motor

cara merawat velg motor agar awet

Adapun untuk menjada kondisi velg motor selalu baik, sobat bikers perlu tips dan cara gampang untuk merawatnya. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjada itu semua, harap untuk disimak dengan baik sampai dengan selesai.

1. Menjaga kebersihan Velg Motor

cara merawat velg motor agar awet

Tips pertama ini sangat penting, yaitu menjaga kebersihan dari velg motor, terlebih jika dari kondisi kena hujan dan berlumpur, maka kamu wajib membersihkan, terlebih jika akan diparkir dalam waktu lama.

Karena jika tidak dibersihkan kotoran yang menempek akan menyebabkan kerak yang akhirnya menjadikan velg terkena korosi.

2. Kestabilan tekanan udara ban

cara merawat velg motor agar awet

Hal yang kedua perlu sobat bikers perhatikan adalah kestabilan tekanan udara dari ban motor baik yang belakan maupun depan, jangan sampai tekanan udara terlalu keras atau kempes. 

Karena jika sobat bikers melalui jalanan yang berlobang, yang menjadi tumpuan saat terjadi lonjakan adalah velg motor. Dan jika tekanan udaranya tida terjada dengan baik ini bisa menyebabkan kerusakan pada velg.

3. Gunakan alat penganti ban

cara merawat velg motor agar awet

Apabila sobat bikers akan melakukan pergantian ban motor, sebaiknya kamu mencari bengkel yang mempunyai alat penganti ban yang otomatis, karena ini akan menghindarkan terjadinya goresan pada cat velg yang menyebabkan kerusakan.

Dan usahakan yang melakukan pergantian ban, jika kamu tidak bisa menggunakan sendiri ada baiknya kamu meminta tolong pada mekanik bengkel yang sudah profesional.

4. Fokus dan konsentrasi saat berkendara

cara merawat velg motor agar awet

Hal lain yang menjadikan velg kamu tetap baik adalah kamu harus fokus dan konsentrasi saat berkendara. Dengan sobat bikers berkendara dengan fokus jika terdapat jalanan berlobang bisa kamu hindari dengan baik.

Namun jika tidak dalam keadaan fokus saat berkendara bisa saja kamu terperosok pada lobang jalan yang mana bisa menyebabkan velg motor rusak. 

Hal ini tidak mengapa jika hanya velg yang rusak, namun jika sampai terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh karena kurang fokus dalam berkendara sudah tentu yang rugi adalah anda sendiri.

5. Gunakan cover motor ketika parkir

cara merawat velg motor agar awet

Jika sobat biker akan melakukan parkir motor dalam waktu cukup lama atau dalam kondisi cuaca terik maupun hujan, menggunakan cover motor adalah pilihan yang sangat cerdas, karena ini bisa menjaga kebersihan dari debu, air hujan dan juga terik matahari yang mana bisa menyebabkan kerak, kemudian velg motor menjadi korosi.

Demikian ualasan kanalmu mengenai informasi, bagaimana cara dan tips mudah dalam merawat velg motor agar ttap dalam kondisi baik dan juga tentunya awet dan tahan lama. Mudah-mudahan informasi sedikit ini dapat membantu sobat bikers semua.

Post a Comment for "Inilah 5 Tips dan Cara Gampang Menjaga Kondisi Velg Motor Tetap Baik, Awet Serta Tahan Lama"