Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 13 Strategi Membuat Toko Online Yang Sukses

Kanalmu.comOnline Shop / toko online sekarang sangat akrab dengan telinga kita. Dengan membuat toko online mempunyai banyak keuntungan yaitu dapat menjangakau pasar banyak serta lebih luas. Bahkan mungkin lebih efektif untuk berinvestasi. Karena Anda dapat berjalan tanpa toko nyata sehingga dapat menjadi toko penyewaan yang sangat menguntungkan. Sama seperti toko nyata, toko online adalah tempat penjualan dan dapat menampilan produk Anda melalui toko online yang dibuat. Jadi bagaimana supaya anda berhasil sukses dalam menjalankan sebuah toko online? 
Toko Online Sukses

Berikut adalah 13 strategi untuk mencapai sukses dari bisnis melalui toko online: 

1. Desain dan Fitur Toko Online Yang Menarik

Membuat sebuah toko online dapat menggunakan berbagai cara, baik dengan perangkat lunak seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart, dll. Selain perangkat lunak diatas, anda bisa mencoba dengan layanan blogging gratis seperti Blogger, Wordpress, dll. Atau bagi anda yang tidak ingin rumit dalam mebuat toko online anda bisa mengambil keuntungan dari Shopify Service, namun untuk Shopify, Anda harus membayar biaya bulanan.

Apapun pilihan Anda dalam membuat toko online,yang sangat Anda perlukan adalah bagaimana menarik pengunjung dan tertarik terhadap toko online anda, dan desain menarik adalah fitur penting yang perlu diperhatikan dari toko online Anda.

Desain mempunyai dampak besar pada hasil penjualan. Membuat tampilan begitu indah dan nyaman pada toko online Anda, akan menjadikan pengunjung untuk betah dalam melihat-lihat barang dagangan anda.

Berikut adalah tips membuat desain toko online menarik:

  • Pilihlah web toko template profesional, perhatikan pewarnaan toko online anda.
  • Pastikan toko online anda ada fitur detail produk yang memberikan penjelasan produk-produk.
  • Perhatikan fitur seperti navigasi, slideshow, spanduk, dll
  • Pastikan ada Kejelasan cara pembelian, pembayaran dan pengiriman metode
  • Pastika kontak yang jelas untuk memudahkan pembeli untuk menghubungi Anda



2. Pastikan Layanan Pelanggan

Customer Service diperlukan untuk memudahkan pelanggan Anda mengajukan pertanyaan tentang berbagai isu yang berkaitan dengan produk dan layanan toko online anda. Pastikan Untuk toko online anda dijelaskan waktu dan jam toko online Anda. Dengan demikian, klien tidak berkomunikasi dengan Anda di luar jam-jam tersebut.

Beberapa hal penting untuk catatan:

  • Respon Cepat pesan pelanggan.
  • Menerima saran dan komentar dari pelanggan Anda
  • Mengucapkan "terima kasih telah menghubungi kami" sebelum menanggapi pesan pelanggan.
  • Mintalah maaf jika hal yang tidak diinginkan terjadi meski bukan kesalahan Anda. 



3. Buat Foto dari produk yang menarik dan berkualitas 

Foto produk-produk menarik dan berkualitas adalah kunci keberhasilan Anda menjual produk Anda.

Tips berikut:

  • Kualitas Foto harus baik / tidak rusak
  • Foto ·Berilah penampilkan dengan warna yang benar, tidak terlalu banyak perubahan. Mungkin sedikit lebih menarik jika watermark. Tapi untuk foto warna pastikan warna asli tidak berubah terlalu banyak. Karena foto berwarna kadang-kadang lebih gelap / lebih ringan dari warna aslinya. Seringkali pelanggan sedikit kecewa karena warna-warna yang tidak persis seperti yang mereka bayangkan.
  • Foto Lengkapi produk dari semua sisi (depan, belakang dan samping)
  • Foto Sebelum di unggah dikompresi sehingga berat dalam proses penampilan. 



4. Membangun Sistem Reseller

Reseller adalah orang yang membantu untuk menjual produk anda dimana mereka mengambil keuntungan dari diskon yang Anda berikan. Reseller dapat meningkatkan penjualan Anda.

5. Belajar Internet Marketing & SEO

Mengapa perlu untuk belajar SEO? Karena 90% dari pengunjung dari mesin pencari. Sedikit setidaknya Anda perlu tahu tentang SEO manfaat yang sangat penting untuk meningkatkan peringkat dari toko online anda di mesin pencari.

6. Kembangkan Brand Awareness menggunakan media sosial

Anda dapat menikmati facebook, twitter, insagram, dll untuk mempromosikan produk dan mengarahkan pengunjung Anda untuk mengunjungi toko online Anda.

7. Kerja sama dengan Multiple expedisi

Anda bisa memanjakan konsumen anda dengan anda bekerja sama dengan berbagai expedisi, sehingga konsumen bisa menyesuaikan dengan pilihan expedisi kepercayaannya atau yang bisa menjangkau sampai alamat konsumen.

8. Selalu Update Katalog Produk

Pastikan anda juga melakukan update produk berkala pada toko online anda, ini akan memberikan nilai lebih bahwasanya produk yang anda tawarkan mempunyai banyak variasi dan mengikuti trend.

9. Bagun Jaringan Melalui Komunitas

Nomor sembilan ini sangat penting, yaitu membangun jaringan melalui komunitas, ini akan memberikan banyak insight baru untuk anda dan akan cepat mendapatkan informsasi perkembangan toko online yang kekinian.

10. Kuasai Teknik Pengelolaan Keuangan

Menguasai pengelolaan keuangan menjadikan suatu hal keharusan karena ini akan memberikan pengetahuan anda mengenai alur cash flow anda, sehingga anda bisa membuat pertimbangan-pertimbagan ketika anda akan mengambil keputusan yang melibatkan budget atau cost.

11. Ambil Langkah Untuk Melakukan Scaleup

Jika toko online anda sudah stabil arus kas nya, anda harus berani mengambil scale up bisnis adan untuk menjadi lebih besar sehingga toko online anda benar-benar bisa selalu bertumbuh dengan baik serta bisa menghasilkan usaha-usaha baru.

12. Kunci Penting 2“ Jangan Lupa Bersedekah”

Bersedekah merupakan salah satu jalan teknik berjualaan den Tuhan, bahwasanya Allah untuk bagi umat islam adalah maha pemberi, dan dimana dalam firmanya juga disebutkan bahwasanya siapa yang memberi akan ditambahkan rezekinya.

13. Kunci Penting 1” Bahagiakan Orang Tua”

Kunci terpenting dalam berbagai aspek keberhasilan adalah doa dari orang tua, selalu minta doa kepada orang tua dan berikan kebahagiaan kepada mereka karena ini adalah pembuka jalan pintu rezeki kita dari Allah Swt.