Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 15 Kunci Sukses Toko Online Omset Ratusan Juta

Kanalmu.com - Membuka toko online adalah suatu hal yang sangat mudah, karena saat ini banyak sekali platform yang menawarkan pembuatan toko online baik itu berbayar maupun gratis. Namun dalam mengelola bisnis toko online anda, dibutuhkan komitmen, kesabaran dan kerja keras. 


Berikut adalah 15 kunci untuk sukses toko online untuk mendapatkan panen omset ratusan juta rupiah: 
Kunci Sukses Omset Ratusan Juta Dari Toko Online

1. Kwalitas Foto Produk

Foto produk Anda harus asli. Membuat foto produk semenarik mungkin. Jika produk fashion Anda dapat menampilkan foto produk Anda dengan manekin atau jika bisnis Anda berkembang, Anda dapat menggunakan model layanan dan fotografer. Perhatikan kualitas gambar dari produk Anda. Foto tidak boleh terlalu kecil, paling penting adalah gambar jangan sampai pecah. Foto harus cukup menarik perhatian dan minat pelanggan potensial. Jika perlu, anda dapat menampilkan citra produk dari bebragai sudut pandang baik itu depan, samping dan belakang.

2. Pastikan Informasi Produk lengkap

Memberikan informasi lengkap tentang produk Anda, baik dari segi bahan, ukuran, warna dan detail lainnya. Ini sangat baik, Sehingga pelanggan potensial tidak perlu meminta anda menjelaskan karena informasi yang tertera sudah cukup lengkap.

3. Kontak Informasi Pemesanan & Konsultasi Jelas

Anda Harus mempunyai kontak Konsultasi yang jelas dan memiliki akses ke beberapa platform kontak alternatif sebanyak mungkin. Anda dapat memberikan nomor ponsel anda, email,nomor whatsapp, akun facebook, rekening online, Yahoo Messenger, dll

4. Cepat Tanggap

Ketika pembeli potensial menghubungi melalui telepon, pesan fb, SMS, WA (Whatsapp), atau YM tidak lambat untuk merespon. Segera memberikan jawaban Anda mengenai detail konsultasu calon pelanggan.

5. Balas Chat atau pesan meski telat

Meskipun telat untuk memberikan jawaban. Jangan abaikan sepenuhnya. Jika Anda mengabaikan, akan memberikan kesan negatif. Dan pelanggan potensial akan ragu untuk memesan. Dan akhirnya calon konsumen pergi dan meninggalkan anda untuk memilih ke toko online lain.


6. Miliki banyak rekening bank

Memberikan banyak rekening alternatif bank untuk melakukan pembayaran transfer. Ini menjadi solutif anda ke banyak calon konsumen karena konsumen akan lebih tertarik dengan melakukan transfer ke sesama rekining.

7. Berikan Kepastian Tetap dan tepati kepastian anda

Transparansi stok barang yang dijual, dan pastikan anda memberikan detail kepastian berapa lama estimasi barang diterima karena ini akan memberikan penilaian plus terhadap toko online anda, dan jangan sampai anda tidak menepatinya karena akan berdampak buruk terhadap penilaian konsumen anda.


8. Petunjuk pembelian jelas

Setiap toko online memiliki alur pembelian berbeda. Membuat alur perintah pembelian prosedural yang jelas. Sehingga pelanggan lebih mudah untuk dikontrol. Ketika konsumen sudah melakukan pembelian, ini juga untuk memudahkan pemilik toko online dalam mengelola administrasi yang dimiliki.

 9. Pastikan Perincian Harga barang dan pengiriman Jelas

Memberikan rincian harga barang dan ongkos kirim jelas, ini akan sangat membantu konsumen sehingga konsumen tidak merasa tertipu atas biaya-biaya yang diberikan oleh pemilik toko online.


10. Update Secara Berkala

Rajin memperbarui produk. Semakin Anda memperbarui menunjukkan toko online Anda yang aktif. Dan anda selalu memiliki produk terbaru dan mengikuti trend.


11. Desain dan navigasi yang mudah

Desain dan navigasi dari situs Anda membuat pelanggan potensial merasa di rumah. Perhatikan juga kemudahan akses ke website toko online Anda. Jika perlu, Anda dapat mengatur versi mobile dari situs toko online Anda. Sehingga dapat menangkap pengguna ponsel pelanggan.


12. Berikan GiveAway

Ini menjadi salah satu strategi penjualan yng sangat populer belakangan ini, anda dapat meberikan Giveaway setian pelanggan anda melakukan rekomendasi pembelian ke toko anda. Ini juga akan meningkatkan penjualan anda, dan semakin meningkatkan brand awaresess.


13. Berikan Bonus Tambahan Untuk Konsumen Repeat Order

Sisihkan profit anda untuk menciptakan kelangsungan secara berlanjut untuk pelanggan anda, dengan memberikan bonus-bonus tambahan ketika mereka melakukan repeat order.

14. Datangkan Trafik Calon Konsumen Dari Berbagai Tempat

Ini sangat penting dilakukan , ketika toko online sudah jadi jangan lupan datangkan trafik lead calon konsumen dari berbagai tempat, bisa menggunakan paid trafik maupun free trafik, seperi SEO, Google Ads, Fb Ads, IG , Twitter Ads Dll.

 15. Selalu Berjuang Dan Doa Kepada Tuhan



Berkomitmen dan selalu berjuan menjadi salah satu kunci sukses toko online, selain berjuan dan berkomitmen jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan, ini akan memberikan dorongan secara spiritual kepada anda.