Mencari Rumah Untuk Dibeli, Wajib Diperhatikan 9 Hal Ini

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi. Salah satu cara untuk bisa memiliki rumah adalah dengan membelinya. Namun membeli rumah jangan asal beli, agar nantinya tidak menyesal karena sudah mengeluarkan uang banyak tetapi malah mendapatkan rumah yang tidak sesuai. Untuk memilih rumah ada beberapa tips jitu yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Yuk simak tips mencari rumah untuk dibeli dalam ulasan ini.

Mencari rumah untuk dibeli
Mencari rumah untuk dibeli

Tips Mencari Rumah Untuk Dibeli

Perhatikan 9 hal dibawah ini sebelum Anda membeli rumah:

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan keluarga.
  2. Pintar memilih lokasi dan aksesibilitas rumah idaman.
  3. Gunakan agen properti atau cari informasi sendiri.
  4. Fasilitas dan amenitas sekitar rumah.
  5. Lingkungan di sekitar perumahan
  6. Ketahui spesifikasi material bangunan rumah.
  7. Harga sepadan serta adanya skema pembayaran.
  8. Potensi adanya renovasi di kemudian hari.
  9. Kesehatan rumah yang akan dibeli.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Keluarga

Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi sebuah keluarga untuk berlindung, sehingga saat mencari rumah alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, sebelum melakukan pencarian ada baiknya untuk membuat daftar apa saja yang dibutuhkan oleh Anda dan keluarga dari yang ditawarkan oleh tempat tinggal. Tidak ada salahnya jika setelah membuat daftar tersebut kemudian melakukan diskusi kecil dengan keluarga.

Dimana dalam diskusi tersebut angkatlah beberapa topik seperti berapa jumlah kamar yang diperlukan, kemudian apakah perlu adanya garasi mobil yang luas atau tidak, apakah anggota keluarga ingin memiliki halaman yang luas untuk berkebun, serta apakah akan ada renovasi rumah di kemudian hari. Diskusikan topik tersebut hingga menemukan kebutuhan dari sebuah hunian. Jangan lupa catat inti diskusi sebagai acuan untuk menyeleksi hunian masa depan.

Pintar Memilih Lokasi Dan Aksesibilitas Rumah Idaman

Perlu diketahui bahwa lokasi menjadi salah satu hal yang sangat krusial sebagai pertimbangan saat membeli rumah. Hal tersebut karena lokasi akan berkaitan erat dengan akses dan harga rumah. Rumah yang berlokasi di pusat kota tentu saja akan lebih mudah untuk melakukan bepergian kemana mana, termasuk ke berbagai fasilitas umum. Sehingga tips mencari rumah untuk dibeli ialah harus pintar memilih lokasi yang strategis.

Baca Juga :  Inilah cara import barang dari china dengan mudah melalui 1688 dan Alibaba

Lokasi yang strategis ditunjukkan dengan mudahnya akses menuju fasilitas umum dan tidak terisolasi dari lingkungan sekitar. Namun biasanya harga tanah di lokasi yang strategis akan sangat mahal, sehingga harus memerlukan waktu yang lebih lama untuk menabung. Tapi tidak perlu khawatir, sebab rumah yang terletak di pinggiran kota biasanya akan memiliki harga yang lebih murah meskipun akan menyita waktu lebih lama perjalanan yang lebih lama.

Gunakan Agen Properti atau Cari Informasi Sendiri

Kini untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan kriteria semakin mudah melalui website yang tersedia. Adanya website akan lebih memudahkan untuk mencari, membandingkan, atau juga langsung menghubungi pihak pengembang dari iklan yang ditawarkan pada website. Namun jika mencari informasi dengan cara sendiri atau bantuan dari agen properti, pastikan Anda memiliki banyak waktu luang.

Fasilitas dan Amenitas Sekitar Rumah

Rumah yang nyaman ditinggali merupakan rumah yang dekat dengan berbagai fasilitas dan amenitas. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan sesuai dengan tips mencari rumah untuk dibeli adalah memilih rumah yang dekat dengan berbagai fasilitas penting. Biasanya rumah sakit, mesin ATM, dan supermarket merupakan fasilitas umum yang wajib ada dengan jarak yang tidak jauh dari rumah.

Akan menjadi lebih menyenangkan lagi apabila rumah tersebut lokasinya terletak dekat dengan pusat perbelanjaan, restoran, dan juga tempat hiburan favorit. Sehingga pada saat penat, Anda dan keluarga dapat pergi ke tempat tersebut tanpa harus bepergian jauh. Oleh karena itu sebelum memutuskan membeli rumah, ada baiknya untuk tahu fasilitas umum apa saja yang dekat.

Lingkungan Di Sekitar Perumahan

Kondisi lingkungan yang ada di perumahan juga perlu untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah di tempat tersebut. Selain itu, pastikan juga untuk tahu mengenai kondisi sosial dan fisik dari lingkungan tersebut, agar Anda dan keluarga merasa nyaman. Misalkan seperti pada saat ingin membeli rumah di Jakarta, maka sebelum itu pastikan terlebih dahulu apakah lingkungan tersebut rawan banjir atau tidak.

Baca Juga :  Tips Cari Rumah Untuk Dijual Kembali Agar Profit

Apabila lingkungan tersebut rawan akan banjir, sesuai dari tips mencari rumah untuk dibeli akan lebih baik jika mencari lokasi lain saja. Pasalnya jika tetap memilih lokasi tersebut, saat ada banjir pasti akan membuat repot. Namun tidak hanya itu, pilihlah lingkungan perumahan yang aman dari kasus pencurian, tawuran antar warga, perampokan, dan hal hal buruk lainnya. akan lebih baik lagi jika memilih perumahan yang memiliki penjaga keamanan.

Ketahui Spesifikasi Material Bangunan Rumah

Material atau bahan bangunan merupakan dasar dari sebuah bangunan. Namun banyak orang akan cenderung cuek dengan jenis jenis material yang digunakan untuk membangun rumah mereka. Padahal mengetahui material bangunan adalah hal yang krusial. Sebagai contoh, rumah yang memiliki dinding batu bata diketahui lebih kokoh dibandingkan hanya dengan menggunakan batako.

Selain itu, lantai rumah yang dipelat beton akan lebih awet bila dibandingkan dengan rumah yang hanya disemen dan dikeramik biasa. Rangka atap rumah yang terbuat dari baja diketahui lebih kokoh daripada yang terbuat dari kuda kuda kayu. Oleh karena itu, jika mengacu pada tips mencari rumah untuk dibeli ada baiknya untuk menanyakan material apa saja yang digunakan untuk membangun rumah pada saat mengunjungi rumah yang akan dibeli.

Harga Sepadan Serta Adanya Skema Pembayaran

Untuk bisa rumah yang sesuai dengan kriteria dan budget, ada baiknya untuk melakukan survei ke beberapa tempat pengembang yang menawarkan harga setara terlebih dahulu. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam membandingkan rumah mana yang pas dengan budget yang sudah dipersiapkan. Namun selain cocok dengan harga, ada baiknya untuk mempertimbangkan skema pembayaran yang ditetapkan. Apalagi jika Anda memutuskan membeli rumah dengan KPR.

Potensi Adanya Renovasi Di Kemudian Hari

Seperti yang diketahui bahwa rumah adalah salah satu alat investasi jangka panjang. Sehingga pada saat memutuskan akan membeli rumah, bayangkan terlebih dahulu kira kira apa yang akan dilakukan terhadap rumah tersebut. Apakah rumah akan dijual kembali dan membeli rumah di luar kota, atau rumah akan dilakukan renovasi dan ditambah dengan beberapa kamar, atau Anda akan merawat rumah tersebut seumur hidup dan mewariskannya kepada anak anak.

Baca Juga :  Kode saham perusahaan sektor industri untuk investasi yang profitnya menjajikan

Kesehatan Rumah yang Akan Dibeli

Tips mencari rumah untuk dibeli satu ini sangat penting untuk diketahui. Sebab sebagai tempat tinggal, rumah tentunya harus berada dalam kondisi yang dapat mendukung kesehatan penghuninya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli rumah tersebut, seperti memastikan sistem drainase dan pengolahan limbah.

Selain itu, adanya ventilasi dan jendela yang cukup baik juga perlu diperhatikan. Hal tersebut bertujuan agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk dengan baik. Tidak hanya itu, pastikan bahwa lingkungan sekitar rumah tidak kumuh dan selalu terjaga kebersihannya. Rumah yang sehat akan membuat penghuni di dalamnya juga ikut menjadi sehat.

Itulah beberapa tips yang perlu diketahui sebelum mencari atau membeli rumah sebagai hunian. Perlu diketahui, rata rata orang akan menjadi bersemangat pada saat membeli rumah untuk pertama kalinya. Sehingga akan sangat wajar jika terbutakan dan gagal dalam membuat pertimbangan secara bijak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan tips mencari rumah untuk dibeli dalam ulasan ini saat membeli rumah.