Laporan Keuangan Akuntansi Lengkap Karakteristik dan Komponennya

Kanalmu.com – Laporan keuangan akuntansi ini perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membuatnya, baik itu berdasarkan kateristik maupun komponen-kompenen serta pengguna dari laporannya.

Dengan memperhatikan hal tersebut tentunya kamu bisa mendapatkan laporan keuangan sesuai dengan standar akutansi yang berlaku.

Dan tentunya akan mudah dibaca, dimengerti serta dapat digunakan untuk melakukan menganalisa keuangan dari suatu lembaga, instansi, perusahaan, maupun lainnya.

Laporan Keuangan Akuntansi

Laporan keuangan akuntansi disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan. Standar akuntansi keuangan mengatur tentang pengakuan, pengukuran dan pengungkapan transaksi dan peristiwa.

Karakteristik Laporan Keuangan

Laporan Keuangan Akuntansi
Laporan Keuangan Akuntansi Sc Zahir Accounting

Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok, yaitu:

1. Dapat dipahami

Informasi akan bermanfaat bagi pengguna akuntansi bila dapat dipaham. Untuk dapat memahami dengan baik suatu laporan keuangan, pengguna laporan keuangan harus memahami aktivitas ekonomi dan bisnis.

2. Relevan

Informasi yang bermanfaat haruslah relevan bagi pengguna dalam pengambilan keputusan. Informasi memiliki kualitas relevan jika informasi tersebut mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai.

3. Keandalan

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus andal. Informasi dikatakan andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material dan dapat diandalkan pemakainya.

Agar informasi dapat diandalkan perlu memahami beberapa persyaratan yaitu: penyajian jujur, suabstansi mengungguli bentuk, netralitas, pertimbangan sehat dan kelengkapan.

4. Dapat dibandingkan

Agar informasi dapat secara efektif berguna dalam pengambilan keputusan, harus dapat dibandingkan dengan antar periode dan antar entitas.

Perbandingan antar periode laporan keuangan dapat memberikan gambaran tentang perkembangan atau tren keuangan ataupun kinerja perusahaan, sehingga dapat membrikan gambaran tentang prospek masa depan.

Sedangkan perbandingan antar entitas akan memberikan masukan yang berguna bagi calon investor dalam menentukan pilihan investasi yang akan dilakukan.

Baca Juga :  Rekomendasi 11 aplikasi penghasil saldo dana tercepat 2022

Komponen laporan keuangan

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan komponen dari laporan keuangan adalah:

1. Laporan posisi keuangan yang berisikan informasi tentang posisi keuangan, yaitu keadaan asset, liabiltas dan ekuitas suatu entitas pada tanggal tertentu.

2. Laporan laba rugi komprehensif yang melaporkan kinerja perusahaan selama satu periode tertentu.

3. Laporan perubahan ekuitas merupakan laporan dari perubahan ekuitas selama satu periode tertentu.

4. Laporan arus kas yang menjelaskan perubahan saldo kas dan setara kas pada awal dan akhir periode, rincian arus kas masuk dan keluar suatu entitas selama suatu periode tertentu.

5. Catatan atas laporan keuangan yang memberikan penjelasan tambahan atas rincian unsure-unsur laporan keuangan, laporan laba rugi komprehensif, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, atau penjelasan yang bersifat kualitatif, agar laporan keuangan lebih transparan dan tidak menyesatkan.

6. Selain laporan keuangan perusahaan juga harus menyampaikan laporan tahunan yang berisikan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengguna Laporan Keuangan

pengguna laporan keuangan maupun laporan tahunan adalah:

Investor atau pemegang saham

Para investor membutuhkan informasi untuk membantu menentukan apakah membeli, menaan atau menjual investasinya karena informasi tersebut berkeitan dengan risiko yang melekat dari investasinya.

Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar deviden.

Pemasok dan kreditur usaha

Informasi keuangan digunakan untuk menentukan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.

Pemberi pinjaman

Informasi keuangan memungkinkan pemberi pinjaman untuk memutuskan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar saat jatuh tempo.

Pelanggan

Pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenai kelangsungan hidup perusahaan, terutama yang terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan perusahaan.

Baca Juga :  Laporan Keuangan PT Asia Sejahtera Mina Tbk PDF 2019 - 2021 ( AGAR )

Pemerintah dan lembaga lainnya

Berkepentingan dengan alokasi sumber daya dan aktivitas perusahaan. Informasi yang dibutuhkan adalah informasi yang berkaitan dengan penetapan kebijakan pajak.

Masyarakat

Laporan keuangan dapat membantu masyarakat dengan menyediakan informasi tentang tren atas perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta serangkaian aktivitasnya.

Manajemen perusahaan

nformasi keuangan akan membantu manajemen dalam melaksanakan tanggung jawab perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.

Daftar Pustaka

  • Hans Kartikahadi, R. U. (2016). Akuntansi keuangan Berdasarkan SAk berbasis IFRS Buku 1 . Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia.

Ikuti dan baca artikel menarik lainnya dari laman ini melalui Google News