Download kalender pendidikan (KALDIK )2022/2023 jawa barat pdf

Download kalender pendidikan (KALDIK )2022/2023 jawa barat pdf lengkap dengan surat keputusan dinas pendidikan terkait untuk menyesuaikan kalender pendidikan di instansi kamu.

Adapun untuk kalender pendidikan merupakan salah satu satuan waktu yang disusun untuk mengorganisir kegiatan siswa dalam satu tahun pelajaran, dimana dalam isiannya mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar dan pembelajaran serta hari libur.

Adapun untuk dinas pendidikan di provinsi terkait akan menyusun kalender pendidikan ( KALDIK ) untuk memudahkan proses pembelajaran selama satu periode berjalan. Dengan demikian kegiatan dan progam pembelajaran dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB dapat berjalan dengan lancer.

Komponen Dalam Kalender Pendidikan

Dalam penyusunan kalender pendidikan haruslah sesuai dengan kaidah yang berlaku, dimana komponen utama dalam penyusunan KALDIK adalah sebagai berikut ini.

Awal Tahun Pembelajaran / Ajaran

Dimana struktur penyusunan utama yang wajib masuk dalam kalender pendidikan adalah awal pembelajaran untuk setiap periode ajaran.

Sekaligus komponen ini sebagai penentu proses mulai pembelajaran setiap awal tahun periode pembelaran.

Hari Efektif Belajar

Adapun untuk komponen kedua yang wajib diperhatikan dalam penyusunan kalender pendidikan adalah hari efektif belajar, yang mana umumnya berjalan lansung selama 34 sampai dengan 38 minggu.

Dengan demikian para pendidikan pada instansi terkait dapat menyusun dan menyesuaikan program pembelajarannya dengan kalender pendidikan yang ada.

Pembelajaran Efektif

Dalam penyusunan kalender pendidikan harus disesuaikan dengan pembelajaran efektif, yang mana setiap minggunnya total pembelajaran bisa mencapai 32 sampai dengan 36 jam.

Hari Libur

Dan untuk komponen keempat yang harus ada pada kalender pendidikan adalah hari libur, yang mana dalam tanggal-tanggal ini tidak ada proses kegiatan belajar mengajar atau KBM.

Baca Juga :  Download template kalender meja 2022 cdr siap edit

Dimana faktor yang menjadi hari libur dalam kalender pendidikan adalah hari libur khusus, libur nasional, libur akhir tahun, libur keagamaan, libur antar semester, dan juga libur tengah semester.

Fungsi dan Tujuan Kalender Pendidikan

Adapun untuk fungsi dan tujuan kalender pendidikan sendiri dibagi menjadi dua, yang pertama adalah fungsi khusus dan kedua fungsi secara umum.

Untuk fungsi secara dari kalender pendidikan adalah dijadikan sebagai pedoman oleh para guru untuk menyusun program tahunan ( PROTA ), Silabus, Program Semester (PROMES ), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ).

Sedangkan fungsi secara umum kalender pendidikan digunakan untuk dorong efektifitas serta efisiensi proses pembelajaran pada sekolah.

Download Kalender Pendidikan ( KALDIK ) Jawa Barat Pdf 2022/2023

Download kalender pendidikan KALDIK 2022 - 2023 jawa barat pdf - kanalmu
Download kalender pendidikan KALDIK 2022 – 2023 jawa barat pdf – kanalmu

Untuk sobat kanalmu yang saat ini sedang membutuhkan file resmi kalender pendidikan untuk wilayah provinsi jawa barat format PDF, team kanalmu memiliki arsip yang dapat kamu download secara gratis, mudah tanpa ribet.

Adapun link download kalender pendidikan terupdate lengkap dengan surat keputusan dinas pendidikan tersebut sudah kami arsipkan melalui laman ini dapat kamu cek melalui tautan berikut ini [ Kaldik Jabar 2022 / 2023 Pdf ]

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan file Download kalender pendidikan (KALDIK )2022/2023 jawa barat pdf yang dapat kamu jadikan sebagai acuan dalam penentuan progam pembelajaran di instansi kamu.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui saluran ini dapat memberikan cukup manfaat dan juga referensi untuk sobat kanalmu dimanapun berada.

Sumber :

  1. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Jawa Barat
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  3. Kementerian Agama
  4. Kanalmu.com