Bacaan Niat Puasa Rajab 2022 Sesuai NU

Niat Puasa Rajab 2022 sesuai dengan organisasi islam ( NU ) Nahdatu Ulama menjadi salah satu pedoman masyarakat dalam meniatkan diri melaksanakan ibadah siam pada bulan baik ini.

Banyak riwayat yang menjelaskan bahwasanya bulan rajab merupakan salah satu bulan istimewa dari ke empat bulan dalam kalender hijriyah.

Oleh sebab itu banyak dari masyarakat muslim mengerjakan berbagai amalan ibadah karena banyak nilai-nilai yang tinggi, adapun salah satu ibadah yang dilakukan adalah menjalankan ibadah puasa rajab.

Hukum Puasa Rajab

Adapun untuk puasa bulan rajab hukumnya adalah sunnah yang dianjurkan. Seperti yang dinukil dari pendapat dari Syekh Zainudin Al-Malibari didalam kitab Fathul Mu’in.

Disebutkan bahwasanya Allah dan Rosul memuliakan bulan-bulan selain ramadhan dan paling utama diantaranya adalah bulan Muharram, Rajab, Dzulhijjah, Dzulqa’dah, dan juga bulan Syaban. [ Via Nu.or.id ]

Waktu Pelaksanaan Puasa Rajab

niat puasa rajab - kanalmu
niat puasa rajab – kanalmu

Meskipun dalam melaksanakan puasa dalam bulan rajab ini sunnah dianjurkan, namun demikian dari beberapa pendapat ulama salah satunya adalah Al-Ghazali memakruhkan melakuksanakan ibadah puasa rajab satu bulan penuh, dikarenakan akan menyerupai dengan puasa bulan ramadhan.

Adapun saran pelaksanaan puasa rajab yang tepat adalah mengikuti hari-hari utama agar mendapatkan pahala yang lebih besar.

Dan untuk waktunya diantaranya adalah hari senin, kamis, ayyamul bid tanggal hijriyah 13, 14, dan 15 dan juga hari jumat [al-Ghazali, Ihyâ ‘Ulumiddîn, juz 3, h. 432].

Niat Puasa Rajab Sesuai NU Lengkap Arab, Latin dan Arti

Adapun untuk niatan dalam melaksanakan puasa rajab bisa dimulai dari malam hari sejak matahari mulai terbenam sampai dengan terbit fajar menyingsing.

Dan berikut ini adalah lafal dari niat puasa rajab 2022 sesuai NU lengkap dengan bahasa arab, latin dan juga artinya.

Baca Juga :  Jadwal Imsakiyah dan buka puasa hari ini Kota Bandung - Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَ

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta‘âlâ

Artinya: “Aku berniat puasa Rajab, sunnah karena Allah ta‘âlâ.”

Niat Puasa Rajab Siang Hari

Dilansir dari laman nu online bahwasanya untuk melakukan niatan puasa sunnah rajab bisa dilakukan siang hari selama belum waktu zuhur tiba, dengan ketentuan sobat kanalmu belum melakukan hal-hal yang telah membatalkan puasa.

Adapun untuk bacaan dari niat puasa rajab 2022 siang hari dalam bahasa arab, lafal latin dan juga artinya adalah berikut ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا الْيَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i syahri rajaba lillâhi ta’âlâ

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Rajab hari ini, sunnah karena Allah ta’âlâ.”

Pertanyaan terkait dengan niat puasa rajab 2022 dan mengganti puasa ramadhan, dilansir dari laman nu online juga bahwasanya melaksanakan ibadah puasa rajab dengan sekaligus qadha ramadhan diperbolehkan. [ Baca : Nu Online ]

Akhir Kata

Demikian ulasan team kanalmu terkait dengan Niat Puasa Rajab 2022, mudah-mudahan sedikit informasi yang kami rangkum dari berbagai media ini bisa menjadi salah satu tempat kamu menemukan jawaban atas pertanyaanmu.