10+ Contoh Program Kegiatan Maulid Nabi di sekolah

Untuk peringatan maulid nabi 2022 yang jatuh pada hari sabtu tanggal 08 oktober 2022, melalui ulasan ini kami akan begikan beberapa contoh program kegiatan maulid nabi di sekolah.

Adapun untuk maulid nabi sendiri adalah peringatan atas lahirnya Nabi Muhammad SAW, nabi dan rasul terakhir bagi umat islam, dan peringatan ini sebagai bentuk tanda kecintaan umat islam kepada junjungannya.

Dan untuk peringatan maulid ini umumnya dilakukan di masjid, gedung, namun demikian tidak memungkinkan dilaksanakan di sekolah-sekolah terutama yang berbasis islam.

Contoh Program Kegiatan Maulid Nabi di sekolah

Bagi sobat kanalmu yang saat ini sedang mencari contoh program kegiatan maulid nabi di sekolah, sebagai bentuk pembelajaran sekaligus menanamkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad dan juga agama islam.

Melalui ulasan ini kami akan bagikan beberapa ide kegiatan maulid nabi di sekolah yang menarik.

Dan di lansir dari laman tirto.id (7/10/2022) berikut ini adalah kumpulan dari contoh kegiatan maulid nabi di sekolah.

ilustrasi untuk Contoh Program Kegiatan Maulid Nabi di sekolah - kanalmu
ilustrasi untuk Contoh Program Kegiatan Maulid Nabi di sekolah – sc unsplash
  1. Membaca Salawat bersama guru, siswa, dan karyawan dalam satu ruangan atau di lapangan sekolah.

Ini merupakan inti dari diadakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad. Meski ada banyak kegiatan yang dilakukan, sejatinya bersalawat merupakan kalimat puja-puji kepada Rasulullah.

  1. Khataman Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an bisa dilakukan sejak beberapa hari sebelum peringatan inti diselenggarakan, sehingga saat peringatan berlangsung, siswa-siswa sudah khatam Al-Qur’an.

  1. Bakti Sosial.

Bakti sosial bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggelar donor darah, membantu warga yang membutuhkan di sekitar sekolah, atau membersikahn lingkungan di area sekolah.

  1. Penggalangan Dana.

Salah satu teladan Nabi yang bisa dijadikan contoh adalah sikapnya yang suka memberikan bantuan kepada sesama manusia. Di negeri ini, musibah terjadi di beberapa daerah seperti longsor, gempa bumi, banjir, dan lain-lain. Momen ini bisa jadi sarana kita lebih peduli dengan menggalang dana bantuan untuk disalurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

  1. Santunan Anak Yatim.
Baca Juga :  20 Contoh Tema Maulid Nabi Muhammad 2022 di Masjid, Sekolah, Pengajian Lengkap

Memberi santunan kepada anak yatim di yayasan juga bisa menjadi kegiatan bermanfaat yang dilakukan saat peringatan Maulid Nabi.

  1. Menggelar Perlombaan.

Ada banyak jenis perlombaan yang bisa digelar saat peringatan Maulid Nabi, seperti lomba azan, lomba MTQ, lomba tausiyah, lomba kaligrafi Muhammad, atau lomba cerdas-cermas dengan materi sejarah Nabi Muhammad SAW.

  1. Nonton Bareng Film Islami di Sekolah.

Film-film bertema Islami bisa menjadi tontonan bersama siswa, guru dan karyawan saat peringatan Maulid Nabi diselenggarakan.

  1. Menghias Kelas.

Menghias kelas juga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Maulid Nabi yang tujuannya untuk memperindah dan membuat kelas jadi lebih enak dilihat.

  1. Mengundang Penceramah untuk Memberikan Tausiyah.

Peringatan Maulid Nabi tanpa adanya ceramah atau tausiyah tentu terasa kurang lengkap. Sekolah dapat mengundang Ustad/ustadzah untuk memberikan ceramahnya. Tujuannya agar menambah pengetahuan siwa sekaligus keimanan seluruh warga sekolah semakin meningkat..

  1. Pentas Seni Islami.

Pentas seni yang disajikan saat peringatan Maulid Nabi bisa mengambil tema tentang sejarah Nabi Muhammad dan lagu-lagu nasyid yang disajikan juga bertema salawat nabi.

  1. Tumpengan.

Makan bareng dengan menu nasi tumpeng juga dapat dijadikan salah satu kegiatan dalam memperingati Maulid Nabi, tujuannya adalah kebersamaan dan memupuk rasa solidaritas antara sesama warga di sekolah.

  1. Bernyanyi Nasyid.

Melantunkan lagu-lagu nasyid saat Maulid Nabi juga bisa menjadi kegiatan menarik. Bernyanyi bersama selain untuk mengingat teladan Rasul dari syair-syair yang dinyanyikan, juga dapat menjalin kekompakan para siswa saat bernyanyi.

Itulah ulasan kanalmu terkait dengan 10+ Contoh Program Kegiatan Maulid Nabi di sekolah.

Ikuti dan baca artikel menarik lainnya dari laman kanamu melalui Google News