Bisnis Online Affiliate Shoope

Doa ketika berbuka puasa dan keutamaannya

Doa ketika berbuka puasa menjadi salah satu amalan yang baik dilakukan oleh sobat kanalmu ketika hendak akan menyantap makanan dan minuman ketika melakukan makan pada waktu siam ramadhan.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya bulan ramadhan para pemeluk agama islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa.

Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya melakukan berbuka puasa merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, tentunya akan mendatangkan pahala yang lebih baik lagi.

Serta untuk menyambut bulan puasa ramadhan 2022 / 1443 H sobat bisa hafal dan juga ajarkan kepada anak maupun saudara untuk doa berbuka puasa.

Doa Berbuka Puasa

doa berbuka puasa - kanalmu
doa berbuka puasa – kanalmu

Adapun untuk doa berbuka puasa tentu akan memberikan keberkahan dari makanan yang akan disantap untuk mehilangkan haus dan juga dehaga setalah satu hari penuh melaksanakan ibadah wajib di bulan ramadan ini.

Untuk berdoa sendiri sudah menjadi ajaran pokok yang sudah ada dari zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabat masih hidup.

Bacaan Doa Berbuka Puasa

Sedangkan untuk bacaan doa berbuka puasa yang ada dalam masyarakat terdapat dua versi yang sering digunakan dan semuanya shahih sesuai dengan riwayat hadistnya.

1. Doa berbuka puasa riwayat Bukhari Muslim

Adapun untuk lafal dari bacaan doa berbuka puasa sesuai dengan riwayat dari bukhari dan muslim lengkap dengan bahasa arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut ini.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Baca Juga :  Jadwal Imsakiyah dan buka puasa hari ini Kota Yogyakarta - Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

Lafal Arab latin: Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: ” Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.

2. Doa berbuka puasa riwayat HR. Abu Daud

Dan untuk versi yang kedua dari doa berbuka puasa diriwayatkan dari HR Abu Daud dari Ibnu Umar ra, bahwasanya Nabi Muhammad juga mencucapkan kalimat berikut ini.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lafal Arab latin: Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.

Beberapa Keutamaan Membaca Doa Bebuka Puasa

Sobat kanalmu juga perlu mengetahui bahwasanya berdoa dalam bebuka puasa juga memiliki beberapa keutamaan yang bisa kamu dapatkan, adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Termasuk Doa yang Tidak Tertolak, dan tentu akan mendatangkan pahala dan juga kebaikan dari makanan yang akan dimakan.
  • Ungkapan Syukur Atas Nikmat Allah SWT karena masih diberikan kenikmatan dalam menjalankan ibadah puasa sekaligus rezeki yang cukup untuk melaksanakan buka puasa.
  • Waktu Menjelang Berbuka adalah Waktu Mustajab, tentu ketika melakukan doa akan mendapatkan prioritas terbaik dari Allah SWT
  • Merupakan Adab Sunnah Puasa yang diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW

Akhir Kata

Demikian ulasan team kanalmu terkait dengan topik pembahasan Doa Berbuka Puasa, mudah-mudahan sedikit sharing dari laman ini memberikan manfaat bagi kami maupun sobat dimanapun berada. “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 2022 / 1443 H