Bacaan doa qunut saat salat subuh lengkap bahasa arab, latin dan artinya

kanalmu

Ketika sobat kanalmu melakukan sholat subuh, pastinya tidak asing dengan adanya tambahan doa ketika dalam solat. Benar yang di baca imam tersebut merupakan doa qunut. Dan perlu kamu ketahui bahwasanya membaca doa ini kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan juga memiliki keutamaan, walaupun hukumnya adalah Sunnah.

Dengan melakukan sholat subuh tentunya, kita bisa mendapatkan banyak kebaikan karena pada waktu ini adalah pembuka hari dan juga pintu ramhat banyak di buka oleh Allah SWT. 

Sebagaimana disampaikan dalam beberapa hadist seperti yang diriwayatkan oleh Imam at tirmidzi, imam abu daud, imam ibnu majah, dan juga imam ahmad, bahwasanya nabi kita Muhammad SAW selalu mendoakan bagi mereka yang istiqomah melakukan sholat subuh.

Dengan doa “Ya Allah berkahilah umatku (umat nabi Muhammad ), selama mereka melakukan sholat subuh.” Maka dari itu jangan sampai kita ketinggalan dengan ibada di waktu pagi penuh dengan berkah ini.

Selain diriwatkan dalam hadist juga terdapat firman Allah SWT pada surat Al-isra pada ayat ke 78. Yang mana artinya adalah “ Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai dengan gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh para malaikat.” (QS. Al-Isra: 78) ”.

Manfaat dan keutamaan doa qunut sholat subuh

bacaan doa qunut salat subuh - kanalmu
bacaan doa qunut salat subuh – kanalmu

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya ketika melakukan ibada subuh ini, ada doa yang Sunnah untuk di baca, karena ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga keutamaan bagi mereka yang sudah melakukannya.

Dan berikut ini adalah beberapa keutamaan dan manfaat dari doa qunut ketika salat subuh yang wajib sobat kanalmu ketahui.

Baca Juga :  Bacaan do'a lailatul qadar

1. Memberikan petunjuk

Bagi mereka yang mendapati membaca bacaan doa qunut ketika sholat subuh akan mendapatkan keutamaan berupa petunjuk dari Allah SWT. Dan petunjuk itu bisa berupa ilmu, jalan keluar atas masalah yang dihadapi, dan juga merupakan amal kesalehan untuk kamu.

2. Diberi perlindungan Allah SWT

Dimana dalam bacaan doa tersebut terdapat permintaan pertolongan kepada Allah SWT. Tentunya dengan kita berkeluh kesah kepada Allah SWT, akan diberikan salah satunya adalah keselamatan hidup di dunia, karena Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

3. Dapat hindarkan diri dari berbagai penyakit

Tidak hanya keselamatan yang kita dapatkan dari membaca doa ini, namun kita bisa di lindungi oleh Allah SWT, karena adanya berbagai penyakit yang ada.

4. Keberkahan pada nikmat yang manusia dapatkan

Banyak nikmat yang kita dapatkan, namun demikian tidak semua itu mendapatkan keberkahan. Namun dengan dibantu dari membaca doa qunut ketika sholat subuh, berbagai kenikmatan tersebut akan dipenuhi juga dengan keberkahan.

Bacaan doa qunut salat subuh dan cara membacanya

Adapun untuk melakukan pembacaan doa qunut diwaktu salat subuh ini ada caranya, seperti yang kami lansir pada laman NU Online, berikut ini adalah cara bagaimana melakukannya.

Bagaimana cara membaca doa qunut ? 

Untuk pembacaan doa ini dilakukan ketika memasuki rokaat kedua, setelah melakukan rukuk dan membaca iktidal.

Yang lebih tepatnya adalah dilakukan setelah melakukan rokaat pertama setelah melakukan rukuk, dan ketika akan melakukan sujud ke rokaat kedua.

Untuk sholat subuh yang dilakukan secara berjamaah, ada anjuran untuk imam melantunkan bacaan doa agak keras, dengan demikian makmum bisa mengamini.

Bacaan doa qunut subuh lengkap latinnya

Untuk sobat kanalmu yang saat ini masih belum hafal dengan bacaan doa qunut subuh, kami memiliki file nya yang bisa kamu coba hapalkan dan kemudian di amalkan ketika sedang melaksanakan sholat ibadah di awal pagi ini.

Baca Juga :  Niat zakat fitrah arab dan latin untuk suami, istri, anak lengkap doanya

Dan berikut ini adalah lafal dari bacaan doa qunut yang perlu sobat kanalmu semua ketahui, tidak cukup panjang, untuk dihafalkan. Insya Allah.

bacaan doa qunut salat subuh - kanalmu
bacaan doa qunut salat subuh – kanalmu

Kesimpulan

Dari uraian penjelasan team penulis kanalmu diatas, terkait dengan bacaan doa qunut bisa diambil kesimpulan, ternyata memiliki banyak kemanfaatan dan juga keutamaan bagi mereka yang membacanya ketika sedang melakukan sholat subuh.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa menambahkan wawasan kita lebih tentang bagaimana beribadah yang memberikan keberkahan.

Artikel Terkait :

Tags

Ads - Before Footer