Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi asuransi syariah terbaik, aman dan bebas riba untuk umat muslim

Mencari jasa perlindungan yang aman, tanpa riba dan sesuai dengan syariat, asuransi syariah adalah jawabannya. Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya tren pemilihan produk asuransi ini sangat cocok untuk jumlah penduduk yang mayoritas adalah beragama muslim seperti Indonesia.

Dimana jenis perlindungan ini bisa diterima oleh masyarakat muslim karena dalam penerapannya mengimplementasikan syariat islam, yang mana mempunyai kaidah dasar saling tolong menolong dan juga saling melindungi dengan dana yang terkumpul dari anggota polis asuransi syariah.

Yang mana perusahan hanyalah sebagai pemegang amanah dan penyedia fasilitas, sedangkan untuk resiko ditanggung bersama antar anggota.

Bagi kamu yang mencari referensi perusahaan asuransi syariah terbaik dengan memberikan pelayanan aman, amanah dan insya Allah bebas riba, kami melalui ulasan ini akan berbagi terkait hal tersebut.

Daftar rekomendasi asuransi syariah terbaik di Indonesia

asuransi syariah terbaik indonesia - kanalmu
asuransi syariah terbaik indonesia - kanalmu

Memang banyak perusahaan asuransi dengan menambahkan embel-embel syariah dibelangkangnya untuk menarik nasabah umat muslim. 

Namun demikian sobat kanalamu haruslah tetap hati-hati agar tidak merasa dirugikan dikemudian hari, dan untuk rekomendasi dari kanalmu, terkait dengan asuransi syariah terbaik, kamu bisa cek pada daftar list dibawah ini.

1. Bni life syariah

Untuk badan usaha milik negara ini, yaitu bank BNI juga menawarkan produk unggulan anti riba terkait dengan perlindungan nasabah muslim.

Dimana BNI Life Syariah ini merupakan asuransi berbasis syariat islam yang diperuntukan kepada kelompok, individu, yang meliputi dana pendidikan, investasi plus dan juga multi investa.

Selain produk diatas BNI juga memiliki pelayanan lain yang bergerak pada pembiayaan jiwa syariah, serta juga health plan syariah.

2. Asuransi Manulife Syariah

Adapun untuk perusahaan besar skala internasional juga mengeluarkan produk unggulan asurani yang diperuntukan untuk umat muslim yang sesuai dengan syariat islam.

Dimana asuransi syariah ini menggunakan sistem cashless serta memberikan sebuah pilihan reimbursement yang memudahkan bagi para nasabahnya.

Dan untuk produk syariah yang bisa kamu pilih diantaranya adalah berikut ini:

  1. Berkah accidental death and Disability  benefit
  2. Berkah waiver of basic contribution
  3. Berkah yearly renewable term
  4. Berkah payor income replacement
  5. Manulife berkah crisis cover protection

3. PRU Syariah 

Dimana asuransi PRU syariah ini merupakan anak dari perusahaan asuransi kenamaan prudential yang juga berskala nasional.

Bagi para nasabah dari PRU syariah ini bisa memanfaatkan keuntungan klaim uang premi cukup besar sekitar 56% jika sebelumnya belum pernah melakukan klaim.

Di tempat asuransi syariah terbaik ini memiliki produk yang banyak macamnya yang bisa di gunakan umat islam untuk melakukan perlindungan baik untuk dirinya maupun asset yang dimiliki.

4. Asuransi kesehatan Allianz

Dan untuk asuransi kesehatan Allianz juga memiliki produk unggulan terkait dengan asuransi syariah terbaik, yaitu allisya care.

Dimana asuransi ini sifatnya adalah stand alone yang bediri sendiri dan bukan tambahan, dengan demikian kamu bisa membelinya tanpa harus beli produk lainnya.

Adapun untuk asuransi ini bisa memilih untuk keguaan dalam bentuk plan, individu dan juga keluarga. Sudah pasti ini akan memudahkan nasabah memilih sesuai kebutuhannya.

5. FWD Life

Dimana untuk FWD Life juga memiliki penawaran produk syariah untuk asuransi kesehatan keluarga dengan nama unggulan asuransi bebas handal.

Adapun untuk asuransi ini jalan sistemnya dengan metode cashless dan adapun pembelian cukup mudah, hanya dengan online melalui aplikasi FWD Life.

6. Sunlife

Dan untuk asuransi kesehatan sunlife juga menawarkan produk syariah dengan nama sun medical platinum. 

Dimana produk andalan ini menjadi salah satu yang menyediakan sebuah perawatan efek samping dari kemoterapi dan juga terapi untuk mendukung pemulihan nasabahnya.

Selain itu manfaat produk ini sangat kelihatan, karena bisa menanggung tagihan sampai dengan sebesar 7.5 milyar rupiah.

7. Simas syariah

Adapun untuk perusahaan asuransi sinarmas juga memiliki produk unggulan yang menerapkan sistem syariat islam yaitu simas syariah.

Dan untuk akad yang diterapkan pada asuransi syariah sinarmas ini diantaranya adalah mudharabah, tijarah, hibah dan tabarru.

8. Panin syariah

Begitupula dengan perusahaan panin, yang mana juga memiliki produk syariah unggulan di bidang asuransi.

Yang mana di Indonesia memiliki andil besar karena pada tahun 2014 sampai dengan 2017 mendapatkan penghargaan asuransi syariah terbaik versi dari majalah Investor.

Mengetahui akad asuransi syariah

Dimana asuransi ini lebih mengedepankan syariat islam yang mana bisa menghindarkan dosa besar riba bagi yang melakukannya.

Adapun berikut ini adalah beberapa jenis akad asuransi syariah yang perlu sobat kanalmu ketahui, sebelum mengajukannya.

  1. Akad mudharabah dimana untuk perjanjian ini adanya bagi hasil antara nasabah dan juga perusahaan penyedia asuransi
  2. Akad tijarah dalam hukumnya ini adalah perjanjian yang ditujukan untuk mencari keuntungan dalam hal berbisnis
  3. Akad wakalah  bil ujrah adanya perjanjian antara peserta dan perusahaan penyedia, dimana peserta memberikan upah atas kinerja kepada perusahaan penyedia.
  4. Akad tabarru’ dan adapaun untuk jenis perjanjian disini didasarkan saling tolong-menolong untuk berbuat kebaikan tanpa adanya harapan akan keuntungan

Keunggulan asuransi syariah

Tentunya asuransi syariah ini memiliki keunggulan yang berbeda dengan asuransi konvensional, dimana keunggulannya ini bisa bermanfaat dan tentunya lebih menjauhkan dari keribaan.

Adapun untuk keuntungan yang didapatkan dari asuransi syariah diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Adanya transparansi dana pengelolaan dengan disertai akad sesuai dengan syariat islam
  2. Dimana pengelolaan dananya akan menghindarkan dari bahaya riba (bentuk bunga), gharar (Bentuk ketidak jelasan), dan maisir (judi)
  3. Adanya alokasi dan juga distribusi surplus underwriting

Kesimpulan

Bagi umat islam yang mau memanfaatkan jasa perlindungan yang lebih islami bisa memanfaatkan asuransi syariah terbaik di Indonesia. Karena saat ini banyak perusahaan yang memiliki produk unggulan ini untuk bisa digunakan masyarakat pemeluk agama islam.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu kamu yang sedang cari informasi asuransi syariah yang aman dan tanpa riba.