Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Memakai Behel Permanen dan yang Lepas Pasang

Efek samping memakai behel sebaiknya dicari dulu informasinya sebelum kamu memutuskan memakainya baik secara permanen maupun yang bentuk lepas pasang. Dan memang memiliki gigi yang susunannya rapi adalah impian banyak orang, dan cukup banyak yang mereka lakukan untuk mendapatkannya salah satu yang saat ini cukup populer adalah dengan metode pakai behel.

Memang kawat gigi memiliki fungsi dan manfaat yang baik untuk merapikan susunan gigi, namun demikian sobat kanalmu juga harus mengetahui efek samping yang kemungkinan ditimbulkan oleh pemasangan behel baik itu yang lepas pasang maupun secara permanen. 

Melalui laman kanalmu ini kami akan coba beberapa ulasan terkait dengan hal tersebut, dengan demikian setelah membaca dan mengetahui efek samping yang ditimbulkan, bisa menjadi bahan pertimbangan ketika akan memutuskan pemasangan behel pada gigi.

Inilah efek samping memakai behel pada gigi

efek samping memakai behel
efek samping mamakai behel kawat gigi

Untuk kamu yang berencana memasang behel gigi sebaiknya untuk dipertimbangkan dengan matang, dan jika kamu mau memasang pastikan mencari tenaga medis pemasang behel yang profesional serta sudah memiliki pengalaman lama. Yang menjadi pertimbangan penting dalam pemasangan behel adalah terkait dengan efek samping bahaya pemasangan kawat pada gigi akan berpengaruh pada kesehatan.

Adapun berikut ini adalah beberapa efek samping yang kiranya kamu ketahui terkait degan pemakaian kawat pada gigi yang perlu sobat kanalmu waspadai.

1. Alergi

Alergi adalah hal yang biasanya mereka alami ketika menggunakan atau memakai sesuatu namun adanya penolakan dari dalam tubuh, dan ini juga bisa terjadi pada mereka yang memasang behel untuk merapikan giginya. Dan perlu sobat ketahui bahwasanya untuk kawat gigi untuk behel ini terbuat dari bahan kromium, nikel dan tembaga. Karena bahan tersebut tidak sedikit dari mereka yang mengalami alergi terhadap logam itu, dan jika terpaksa akan memakai behel sebaiknya cek terlebih dahulu apakah anda mengalami alergi pada kawat yang terbuat dari bahan-bahan logam tersebut untuk menghindari efek samping alergi.

2. Terjadinya penumpukan kuman dan bakteri

Untuk pemakai behel sangat rentan dengan penumpukan kuman dan bakteri, hal ini disebabkan oleh penumpukan sisa-sisa makananan yang menyangkut pada bagian sela-sela kawat gigi, dan lama kelamaan tumpukan sisa tersebut menjadi sarang kuman dan bakteri, tentu hal ini akan menjadikan suatu sarang penyakit pada bagian mulut, dan bila dibiarkan saja bisa memiliki dampak yang berbahaya pada kesehatan.

3. Gangguan pencernaan

Sistem pencernaan juga bisa tenganggu jika kamu menggunakan kawat gigi, karena bahan kawat gigi yang tidak steril dan tidak bagus bisa menjadi salah satu penyebabnya, dikarenakan setiap makanan, minuman dan juga air liur yang secara tidak langsung selalu berinteraksi dengan behel yang dipasang dan kemudian masuk kedalam sistem pencernaan. Untuk kamu yang sudah memiliki tekat bulat untuk memasang behel sebaiknya untuk konsultasikan dengan dokter yang sudah profesional dan menggunakan bahan kawat yang kwalitasnya bagus, agar dikemudian hari tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

4. Iritasi dari pemakaian behel

Kebanyakan behel memang memiliki usia tertentu dan harus dipasang ulang yang baru agar kawatnya dalam kondisi bagus. Dan jika sudah masa jangka waktu kawat habis maka perlu melakukan pergantia kawat yang baru juga. Dikarenakan lepas pasang behel ini bisa menyebabkan luka serta iritasi pada bagian mulut, apabila hal ini dibiarkan dan tidak segera ditanggani bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan bagi sobat kanalmu semu.

5. Gigi mudah menjadi kotor

Adanya kawat pada bagian gigi ini akan menjadikan sisa-sisa makanan mudah menempel, untuk melakukan pembersihanpun bukan perkara yang mudah karena adanya sela-sela yang rumit antara gigi dan kawat behel. Dan jika hal ini dibiarkan akan menjadikan gigi menjadi terlihat kotor hingga bisa menyebabkan munculnya karang gigi dan menjadikan gigi keropos.

6. Gigi menjadi lebih sensitif

Adapun untuk efek samping memakai behel ini timbulnya sensitif pada gigi. Dan hal ini biasanya terjadi dari akibat pemasangan kawat yang tidak sesuai dengan standart dan prosedur serta terlalu keras untuk menenkan giginya. Jangankan mendapatkan gigi yang tersusun rapi, bisa jadi gigi menjadi lebih rapuh dan sangat mudah ngilu.

7. Gigi menjadi goyah

Penggunaan kawat behel pada gigi bisa memberikan dampak gigi menjadi goyah, hal ini disebabkan oleh tulang penyangga gigi yang seharusnya mengikuti arah gigi,  malah harus dipaksakan untuk mengikuti pola logam kawat pada behel. Dan apabila hal ini terjadi dalam waktu lama bisa menjadikan gigi kamu mudah terlepas, dan tidak mendapatkan hasil pemasangan behel yang memuaskan.

Kesimpulan

Memiliki penampilanyang menawan, cantik serta gigi yang tersusun rapi adalah keinginan banyak orang, dan hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri bagi seseorang ketika mereka tersenyun. Namun tidak semua orang memiliki gigi rata tersusun rapi, maka dari itu tidak sedikit yang meggunakan kawat gigi untuk menyusun rata giginya.

Namun saran dari kanalmu untuk kamu yang memang harus memakai behel, pastikan mencari dokter gigi yang profesional dan sudah memiliki izin praktek resmi, karena ini bisa memperkecil kemungkinan terjadinya efek samping memakai behel seperti yang kami jelaskan diatas. 

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan dampak kawat logam behel gigi, mudah-mudahan sedikit informasi ini membantu memberi tambahan wawasan kepada anda semua.

Post a Comment for "Efek Samping Memakai Behel Permanen dan yang Lepas Pasang"