Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah efek samping kunyit jika dikonsumsi secara berlebihan

Efek samping kunyit masih belum banyak diketahui oleh masyarakat kita dibandingkan dengan manfaat dan khasiatnya. Jenis tanaman yang masuk dalam kategori rimpang ini selain digunakan sebagai salah satu bumbu masak didalamnya terdapat kandungan senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk mengobati berbagai keluhan.

Selain digunakan sebagai bumbu dan juga sebagai bahan obat herbal kunyit juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan bagi wanita. Selain mudah ditemukan untuk tanaman rimpang ini harganya sangat terjangkau, dan tidak hanyak dalam bentuk bubuk namun saat ini juga sudah ada cream dari kunyit untuk perawatan.

Melalui laman kanalmu ini kami akan uraikan kemanfaaat dari kunyit bagi kesehatan, kandungan zat dan juga efek samping yang ditimbulkan jika konsumsi berlebih bagi kesehatan. Jadi usahakan untuk membaca ulasan kanalmu tentang kunyit ini sampai dengan selesai.


Kandungan manfaat dan khasiat kunyit bagi kesehatan juga kecantikan

efek samping kunyit
efek samping kunyit

Warna kuning alami dari kunyit ini banyak sekali kandungan zat yang memiliki khasiat dan sebenarnya tidak hanya itu saja, bahwasanya juga terdapat jenis kunyit putih. Adapun untuk kandungan senyawa yang terdapat pada kunyit ini diantaranya adalah fruktosa, glukosa, fosfor, zat besi, kalium, mangan, kobalt, alumunium, arabinosa, protein, kalsium, minyak astiri dan juga masih banyak lagi kandungan dalam kunyit yang sangat berkhasiat.

Sedangkan untuk manfaat dan khasiat dari kunyit ini diataranya untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti tingkatkan produksi empedu, menjadikan kulit lebih cerah serta glowing, dapat meredakan nyeri saat haid, dapat cegah serangan jantung, anti-inflamasi, mengatasi masalah pencernaan, usus buntu, anti kanker, tifus, diabetes militus, mengobati stroke dan juga masih banyak lagi yang bisa sembuhkan dengan manfaat kunyit ini.

Inilah 7 efek samping kunyit jika dikonsumsi berlebihan

Dibalik segundang manfaat dan khasiat dari kunyit bagi kesehatan dan juga sebagai bahan perawatan untuk mendapatkan kulit sehat bersinar, ternyata kunyit yang dikonsumsi secara berlebihan memiliki efek samping negatif bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah dampak buruk dari menggunakan manfaat dari kunyit yang takarannya berlebihan.

1. Menghambat produksi trombosit

Dalam dunia medis disampaikan bahwasanya trombosit sangat diperlukan untuk mendapatkan sistem peredaran darah yang normal. Dan bagi mereka yang konsumsi kunyit berlebihan bisa menyebabkan kadar fibrinogen berubah yang mana merupakan sebuah protein yang dimanfaatkan untuk pembentukan koagulan. Karena pembentukan zat ini dapat hentikan peredaran darah. Dengan demikian untuk mereka yang memiliki keluhan hemophilia tidak diperbolehkan konsumsi kunyit karena bisa memicu tubuh kekurangan trombosit.

2. Dapat memicu anemia

Perlu juga sobat kanalmu ketahui bahwasanya kunyit ini bisa mengurangi jumlah kadar sel darah merah dan juga sel darah putih. Maka dari itu bagi mereka yang memiliki kadar dasar normal tidak diperbolehkan untuk konsumsi kunyit dalam berbagai bentuk olahan. Karena hal ini bisa menyebabkan mereka mengalami anemia.

3. Turunkan kadar kemoterapi

Untuk saudara sobat kanalmu yang saat ini sedang menjalai proses kemoterapi tidak diperbolehkan untuk konsumsi kunyit dalam bentuk olahan apapun. Karena hasil ekstrak dari kunyit sangat sudah diserah oleh tubuh manusia dan bisa menjadi penyebab faktor kurangi efektifitas dari jenis obat tertentu. Untuk mendapatkan hasil kemoterapi yang maksimal saran dari kamu untuk tidak konsumsi kunyit.


4. Gangguan lambung

Untuk kunyit ini memiliki sifat panas dan pedas, dan karena sifat yang dimiliki oleh tanaman herbal ini, konsumsi kunyit berlebihan bisa menjadi faktor penyebab meningkatnya asam lambung dan sudah tentu akan menimbulkan permasalahan kesehata pada lambung.

5. Gangguan pada wanita hamil dan menyusui

Berbagai kandungan yang ada dalam kunyit juga bisa menyebabkan gangguan kehamilan dan juga menjadikan rahim wanita kering. Selain itu kandungan enim dan zat yang ada dalam tanaman ini bisa membantu lancarkan proses haid secara maksimal.

Namun hal ini justru malah berdampak buruk bagi wanita yang sedang hamil, dikarenakan minum atau konsumis kunyit berlebihan yang terdapat kandungan zat tersebut wanita hamil bisa mendapati reaksi kontraksi dini, terjadinya keguguran sampai dengan proses persalinan yang prematur.

6. Rahim mengalami kekeringan

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwasanya wanita yang meminum jamu kunyit asem atau berbagai olahan serbuk dengan berbahan kunyit justru memberikan efek samping yang tidak baik bagi rahimnya. Meskipun kunyit ini sangat baik dan memiliki manfaat untuk mengurangi rasa nyeri saat haid, namun perlu diperhatikan jangan sampai minum dalam takaran tinggi karena hal ini bisa memicu rahimnya menjadi kering.

7. Kelainan fungsi hati

Permasalahan yang diakibatkan dari konsumsi kunyit berlebihan tidak hanya di bagian lambung namun juga dapat picu terjadinya difungsi hati dan empedu. Maka dari itu yang memiliki riwayat kelainan pada hati juga empedu sebaiknya tidak konsumsi kunyit dalam bentuk apapun.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari kunyit sobat kanalmu harus mengetahui takaran dari penggunannya yang pas dan tepat. Karena efek samping kunyit akan didapati jika kamu mengkonsumi kunyit dalam bentuk olahan apapun dengan jumlah yang berlebihan. Maka dari itu sobat harus berhati-hati dan lebih tahu kadar yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan manfaat dan efek samping dari kunyit muda-mudahan dengan adanya informasi yang kami ulas ini, sobat kanalmu lebih bijak dalam konsumsinya.

Post a Comment for "Inilah efek samping kunyit jika dikonsumsi secara berlebihan"