Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Bekam Bagi Kesehatan Yang Wajib di Ketahui

Efek samping bekam merupakan reaksi ataupun dampak yang terjadi pada jenis terapi pengobatan tradisional bekam ini. Dan model terapi kesehatan satu ini merupakan salah satu jenis pengobatan secara islami dan sudah ada sejak jaman dahulu zamannya nabi Muhammad SAW. Untuk jenis pengobatan ini tidak memerlukan obat yang memiliki bahan kimia dalam teknik penyembuhannya.

Untuk melakukan bekan tidak semua orang memiliki keahlian ini, dan proses pembekaman hanya boleh dilakukan mereka yang sudah ahli ataupun sudah mengikuti program keahlian bekam. Karena jika salah penempatan akan menyebabkan gangguan kesehatan baik itu jangka panjang maupun pendek.

Efek samping bekam untuk kesahan jangka panjang dan pendek

efek samping bekam
Efek samping bekam

Sobat kanalmu bisa menemui beberapa efek samping yang disebabkan oleh metode terapi kesehatan bekam ini setelah penggunaan dalam jangka waktu yang cupuk panjang. Dan berikut ini adalah beberapa efek samping yang disebabkan oleh metode pengobatan tradisional bekam dalam jangka panjang.

1. Terdapat bekas memar pada kulit

Dalam teknik terapi bekam terdapat dua metode yang terkenal yaitu bekam basah dan juga bekam kering. Dimana dari kedua metode ini akan memberikan bekas memar pada badan yang dibekam menggunakan gelas ataupun cawan bekam. Adapun bekas lembam bekam ini memiliki warna yang bervariasi bisa putih, merak, coklat sampai dengan warna hitam.

Bekas bekam yang memar ini akan hilang dalam jangka waktu tertentu, dan kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan salep ataupun produk penghilang memar, karena bisa menjadikan gangguan yang lainnya. Jadi luka memar itu biarkan saja, karena akan sembuh dengan sendirinya.

2. Mudah Mengantuk

Adapun efek samping lainnya dari pengobatan tradisional bekam ini, kamu bisa mengalami ngantuk dikarenakan tubuh dalam posisi santai dan rileks. Sudah tentu ini akan menjadikan istirahat kamu akan berkwalitas.

3. Nyeri otot

Adapun efek negatif dalam pengobatan dengan terapi bekam adalah nyeri otot salah satunya, dimana ini diakibatkan dari pijatan dan juga tarikan dari cangkir bekam pada bagian tubuh yang dibekam. 

4. Terjangkit penyakit menular

Untuk kamu yang akan melakukan bekam sebaiknya mencari klinik bekam yang memperhatikan kebersihan alat ayang digunakan, jika tidak ingin terjangkit dengan penyakit yang menular. Hal ini bisa disebabkan oleh cawan bekam yang digunakan bergiliran tanpa pembersihan dahulu, karena proses bekam ini akan ada interaksi antara darah yang ada dalam tubuh. Dan bila ini ada salah satu orang yang mempunyai penyakit bisa menulat pada orang lain yang menggunakan cawan bekam yang sama tanpa pembersian terlebih dahulu.

5. Meningkatnya nafsu makan

Pada proses bekam yang membutuhkan tenaga lebih bahkan bisa menguras energi. Ini bisa menjadikan nafsu makan kamu semakin meningkat, dan ini tidak baik efeknya jika kamu dalam proses untuk penurunan berat badan atau diet.

6. Muncul keringat dimalam hari

Efek negatif lainnya adalah muncul keringan dari tubuh pada malam hari. Yang mana ini disebabkan oleh proses metode bekam yang menarik otot seta jaringan tubuh. Dan apabila proses penempatan titik bekam ini salah akan mengakibatkan efek negatif muncul keringat malam hari bago mereka yang bekam.

7. Mudah lelah

Untuk mereka yang belum ahli dalam menggunakan terapi teknik bekam, bisa menyebabkan masalah pada titik yang diambil untuk bekam salah. Dan kesalahan titik bekam akan menyebkan kerusakan jaringan kulit kemudian hal inilah yang menjadikan tubuh sakit saat bergerak dan akan menyebabkan mudah mengalami kelelahan.

8. Buang air kecil meningkat

Adapun bekam yang benar akan mengeluarkan toksin atau racun yang menumpuk pada tubuh . Dan racun yang dikeluarkan akibat bekam ini bisa melalui feses, buang air kecil  dan juga bisa keringat. Kemudian inilah yang menyebabkan itensiras buang air kecil meningkat.

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa penjelasan dari efek samping bekam baik itu jangka panjang maupun dalam jangka pendek. Dan ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan penngobatan tradisional bekam, 

Dan saran dari kanalmu, ketika kamu akan melakukan bekam, pastikan memilih klinik bekam yang memiliki tenaga bekam yang sudah ahli dan juga profesional dan sudab banyak yang percaya dengan pelanyanannya dari klinik bekam tersebut.

Post a Comment for "Efek Samping Bekam Bagi Kesehatan Yang Wajib di Ketahui"