Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Pengertian, Fungsi Serta Penyebab Radiator Motor Bocor dan Cara Gampang Mengatasinya

Kanalmu.com - Sobat bikers yang pengguna motor lama sepakat jika pendingin radiator ini hanya ada pada motor generasi baru, karena sebelumnya kita mengenal radiator ini hanya terdapat pada mobil. Untuk pemakai motor radiator diindonesia awalnya pada produk motor yamaha mx, namun untuk saat ini hampir semua jenis motor matic dan juga sport sudah menggunakan pendingin radiator.

Karena terdapatnya radiator ini maka sobat bikers wajib hukumnya melakukan perawatan pada bagian part ini, karena jika tidak dilakukan perawatan dengan baik sudah tentu akan meyebabkan penurunan peforma pada motor kesayangan anda.

Dan yang sering terjadi masalah pada radiator, karena terdapatnya kebocoran pada bagian ini disebabkan beberapa hal, namun sebelum itu ada baiknya kanalmu berbagi informasi ke sobat pengenai pengertian dan juga fungsi dari radiator motor.

Apakah pengertian radiator motor?

Seperti yang kami sampaikan diatas sebaiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan radiator motor. Dan pengertian dari radiator motor adalah salah satu teknologi penukar panas yang mana dimanfaatkan untuk pendinginan mesin pada proses pembakaran internal. 

Dan teknologi pendingin radiator ini tidak hanya digunakan pada motor, namun juga pada mobil, kereta api, pesawata piston, dan juga pada pabrik-pabrik pembangkit stasioner.

Apakah fungsi dari radiator ?

Jika sobat kanalmu sudah mengetahui pengertian dari radiator, maka wajib hukumnya jika kamu harus mengetahui fungsinya juga.

Adapaun fungsi radiator adalah sebagai pendingin pada mesin, yang mana mempunyai mekanisme kerja panas yang dihasilkan oleh mesin nantinya akan diserap oleh cairan pendigin melalui sirkulasi water jacket pada silinder atau kepala silindernya.

Dan apabila pembakaran pada mesin ini tidak bekerja dengan baik karena disebabkan oleh radiator bisa menyebabkan menjadi brebet, peforma menurun dan kendala lainnya pada kendaraan roda dua sobat bikers.

Penyebab radiator motor bocor

Peforma motor jadi kurang bertenaga bisa saja disebabkan kerusakan pada radiator, dan yang sering terjadi adalah kebocoran, adapun penyebab dari kebocoran radiator disebabkan oleh beberapa hal, dan berikut ini adalah penyebab yang sering terjadi yang mengakibatkan kebocoran.

1. Bocor dihantam benda keras

Radiator Motor Bocor

Hal ini sering terjadi menjadi pemicu radiator bocor, karena adanya hantaman kerikil dari ban denpan membuat kisi-kisi radiator rembes bocor.

2. Rusak karena kecelakaan

Radiator Motor Bocor

Bisa jadi karena adanya kecelakaan yang ada benda yang membentur bagian radiator menjadi penyabab retak bahkan rusak.

Nah apabila sobat bikers yang akan melakukan pembelian motor bekas sebaiknya untuk dicek juga pada bagian radiator ini, karena cukup berpengaruh jika keadaannya retak, bisa menyebabkan motor tidak memiliki tenaga yang prima.

3. Radiator aus karena usia pakai

Radiator Motor Bocor

Karena pemakaian yang sudah lama bisa menjadi pemicu radiator aus dan menyebabkan keretakan pada alat tersebut. Terlebih karena panas dari pembakaran mesin bisa jadi menimbulkan keretakan pada radiator.

Maka dari itu memberikan perawatan yang rutin bisa menjadikan radiator akan tetap terjaga dan memberikan efek prima pada motor, dengan demikian kamu bisa selalu pacu kendaraan kesayangan kamu pada setiap waktu.

Namun jika mengalami kebocoran pada sparepart tersebut, ada cara gampang yang bisa sobat bikers lakukan agar radiator bisa digunakan kembali dengan baik.

Cara gampang memperbaiki radiator bocor

Adapun cara gampang untuk memperbaiki radiator bocor adalah sebagai berikut ini, harap kamu memperhatikan dengan baik, sehinga masalah kamu bisa diatasi dengan mudah.

1. Gunakan lem besi

Radiator Motor Bocor

Sebelum menggunakan lem besi ini, kamu wajib cek terlebih dahulu kisi-kisi radiator yang mana mengalami kebocoran atau keretakan, jika sudah ditemukan kemudiaan campurkan lem besi yang terdiri dari dua bagian tersebut dan gunakan untuk lem pada komponen yang retak.

2. Pakai cairan kimia

Radiator Motor Bocor

Atau sobat bikers bisa memanfaatkan cairan kimia khusus radiator seperti stp radiator sealer, tunap micrologic premium 142 atau cairan sejenisnya. Cara menggunakannyapun juga cukup mudah, yaitu campur lansung pada bagian kisi radiator, maka secara otomatis cairan akan menutup bagian lubang atau keretakan yang terjadi pada radiator.

3. Las bagian radiator yang bocor

Radiator Motor Bocor

Untuk pengelasan ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga mekanik yang berpengalaman dalam menangani radiator bocor. Dan sudah tentu cara ini menjadi cara yang terbaik dari beberapa cara diatas.

Demikian informasi mengenai pengertian, fungsi serta penyebab radiator motor bocor, mudah-mudahan info ini membantu sobat bikers mengatasi permasalahan tersebut.

Post a Comment for "Berikut Pengertian, Fungsi Serta Penyebab Radiator Motor Bocor dan Cara Gampang Mengatasinya"