Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 4 Tips & Cara Gampang Merawat Footstep Belakang Motor

Kanalmu.com - Sobat bikers jika pernah dibonceng dengan menggunakan kendaraan roda dua, sudah familiar dengan namanya footstep belakang motor. Yang menjadikan pertanyaan adalah, apakah kamu nyaman jika menggunakan footstep yang sudah  rusak ? Tentu saja kamu bakalan tidak nyaman, tidak cukup itu jika keadaan footstep motor yang tidak bisa responsif bolak balik tentunya tidak sedap untuk dipandang.

Memang benar jika footstep ini rusak tidak terlalu berpengaruh pada kecepatan mesin, namun jika dalam keadaan rusak pada bagian sparepart ini akan kurang nyaman digunakan, bisa saja kaki kamu terluka karena gesekan saat menggunakan komponen ini rusak.
Memang mesin motor membutuhkan perawatan rutin seperti busi motor, karburator, velg, hingga knalpot. Namun meskipun footstep ini juga membutuhkan perawatan yang rutin dan baik jika ingin bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, awet serta tahan lama.

Apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik sudah tentu akan menjadikan footstep ini kelamaan aus, longgar, melekung bahkan rusak parah.

Tips & Cara mudah merawat footstep belakang motor

cara merawat footstep motor

Adapun untuk melakukan perawatan pada bagian komponen footstep ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar bisa selalu keadaan baik dan bisa digunakan dalam waktu jangka panjang. Dan berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa sobat bikers kanalmu bisa lakukan.

1. Membersihkan footstep rutin

Pertama yang sobat bikers bisa lakukan adalah membersihkan bagian footstep ini secara rutin, terlebih jika digunakan pada kondisi hujan dan terdapat kotoran lumpur jalanan.

Membersihkan bagian ini secara rutin akan menghindarkan footstep secara cepat, dan tentu akan menjadikan komponen ini lebih awet saat digunakan.

2. Memberikan pelumas

Agar selalu dalam keadaan baik dan bagus, apabila footstep ini sudah bersih ada baiknya memberikan pemulas agar menjadi selalu responsif. Karena terlalu sering digunakan yang mengakibatkan gesekan secara berlanjut akan menjadikan kerusakan.

Dengan menggunakan pelumas tentu akan mengurangi kekasaran saat terjadinya gesekan saat footstep digunakan.

3. Ring untuk ganjal

Apabila keadaan footstep ini sudah aus, namun agar bisa digunakan dengan baik kamu bisa melakukan beberapa cara. Dan salah satunya adalah membersihkan footstep terlebih dahulu, jika keadaan sudah bersih kemudian kamu gunakan ring yang sesuai untuk ganjal bagian komponen ini.

4. Ganti dengan baru

Hal ini bisa sobat bikers kanalmu lakukan jika keadaan footstep kamu rusak cukup parah, kenapa harus diganti jika menggunakan triks ganjal bisa dilakukan. Ini digunakan untuk antisipasi jika saat digunakan footstepnya patah kemudian akan melukai kaki orang yang sedang kita bonceng.

Memang banyak perawatan yang harus kita lakukan pada bagian atau komponen-komponen motor, dengan harapan dengan dilakukan service motor secara rutin akan menjadikan motor tampil prima meskipun tahun motor sudah cukup tua.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi, bagaimana cara mudah dan gampangnya dalam melakukan perawatan footstep motor pada bagian belakang sehingga bisa awet untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Post a Comment for "Inilah 4 Tips & Cara Gampang Merawat Footstep Belakang Motor"