Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Mesin pertanian terbaik untuk mempercepat pengolahan hasil tani padi dan jagung

Kanalmu.com - Sobat adalah salah satu petani yang saat ini mengelola lahan yang cukup luas, dalam proses kelola hasil panen pasti kuwalahan jika dikerjakan sendiri, dan apabila mencari orang untuk membantu pekerjaan sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit terlebih saat ini biaya untuk pekerja harian naik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut ada baiknya sobat petani untuk menyisihkan sedikit budget untuk membeli mesin pertanian untuk mengolah hasil dari bercocok tanam, sehingga dalam proses pemanenan atau kelola pasca panen dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan tentunya bisa melakukan efisiensi budget tenaga kerja.

Mesin pertanian padi, jagung terbaik untuk proses pasca panen

mesin pertanian padi jagung terbaik

Khusus untuk anda petani padi dan jagung ada beberapa jenis mesin yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah dan percepat proses pengolahan pasca panen. Karena pada dasarnya mesin ini berguna untuk mempercepat, mempermudah dan juga bisa memaksimalkan. 

Adapun untuk mesin pertanian terbaik yang digunakan pasca panen adalah sebagai berikut ini, yang mana bisa dimanfaatkan bagi para petani jagung dan juga padi. 

1. Mesin perontok padi

mesin pertanian padi jagung terbaik

Pagi sobat petani yang sebentar lagi akan melakukan pemanenan padi, bisa memanfaatkan mesin perontok padi ini, yang mana mesin thresher ini dapat dengan mudah memisahkan gabah, daun dan juga batang padi. 

Sedangkan untuk mesin perontok padi ini terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis manual dan juga jenis otomatis yang mana proses kerjanya dibantu mesin yang menggunakan bahan bakar. Sudah tentu dengan menggukanan mesin ini, proses pemanenan padi akan bisa dilakukan dengan cepat dan juga meminimalisir tenaga kerja yang terlalu banyak seperti proses panen secara manual.

Keuntunguan menggunakan mesin perontok padi otomatis

Penggunaan mesin ini tidak seperti menggunakan mesin perontok padi manual yang biasanya manusia melakukan kayuh pada mesin padi. Dan tentunya menggunakan mesin thresher memiliku beberapa keuntungan. Dan berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan menggunakan mesin perontok padi ini.
  • Percepat proses panen padi terutama pisahkan bulir gabah dengan tangkai padi
  • Proses pemisahan langsung bersih
  • Menghemat tenaga, karena dikerjakan oleh mesin otomatis
  • Hemat ongkos untuk pemisah bulir gabah dengan jerami padi
  • Ukurannya praktis dan bisa dipindah-pindah

2. Mesin pembersih gabah / seed cleaner

mesin pertanian padi jagung terbaik

Apabila sobat petani dalam pemanenan masih menggunakan proses manual, biasanya gabah masih tercampur dengan banyak kotoroan, sekam dan juga jerami. Dan sangat tepat sekali jika kamu bisa memanfaatkan mesin pembersih gabah ini. 

Seed cleaner lebih dikenalnya demikian, alat ini dapat membantu membersihkan gabah pasca panen padi atau setelah dilakukan pemotongan padi. Tentunya dengan menggunakan alat ini akan mempercepat proses panen dan gabah siap untuk diangkut dalam keadaan bersih.

Keuntunggan menggunakan alat mesin seed cleaner

Tidak cukup gabah bersih penggunaan teknologi tepat guna ini juga memiliki beberapa keuntungan lain, dan berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan mesin pembersih gabah.
  • Gabah langsung bersih
  • Pengerjaan pembersihan gabah bisa cepat meski jumlah panen sangat banyak
  • Tampungan untuk pembersih gabah besar

3. Mesin penggiling padi / Rice huller milling

mesin pertanian padi jagung terbaik

Jika gabah sudah bersih dan kering untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak biasanya petani menjual hasil panennya dalam bentuk beras bukan gabah. Sudah tentu untuk hasil panen yang berlimpah akan membutuhkan tenaga yang lebih untuk pengupasan gabah jika dilakukan secara manual, kalau dalam bahasa jawa lebih dikenal dengan nama di tutu (ditumbuk).

Namun sobat petani saat ini tidak perlu melakukan hal itu, karena dengan mesin penggiling padi proses pengupasan gabah bisa dengan mudah dan cepat dilakukan. 

Keuntungan dan manfaat menggunakan mesin gilling padi

Sudah tentu dengan memanfaatkan mesin rice guller milling atau penggiling pada sobat petani akan mendapatkan beberapa keuntungan dan manfaat, dan berikut ini adalah beberapa yang bisa kamu dapatkan.
  • Proses pengupasan gabah menjadi beras sangat cepat
  • Dalam satu waktu mendapatkan hasil yang banyak
  • Cara menggunakan mesinnya mudah
  • Hemat biaya menumbuk padi secara manual

4. Mesin pemutih beras / Rice Polisher

mesin pertanian padi jagung terbaik

Gabah yang kemudian menjadi beras dari proses pengupasan biasanya hasil berasnya tidak begitu putih, karena kulit arinya belum terlepas. Maka untuk itu perlu dilakukan pemutihan beras, dan dengan mesin ini sobat petani bisa melakukan hal tersebut. 

Sudah tentu beras yang putih bersih nilai jualnya lebih tinggi dibandingkan agak kekuingan, dengan menggunakan alat ini akan meningkatkan kwalitas dari beras itu sendiri.

Keuntungan menggunakan mesin rice polisher

Kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan jika menggunakan mesin pemutih beras ini dari gabah yang digiling, dan berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.
  • Beras putih alami bukan karena diwarnai
  • Dapat memisahkan sekam dan beras
  • Dapat melakukan proses dan hasil yang banyak dalam satu waktu
  • Bisa kamu gunakan untuk usaha penggilingan padi
  • Cara penggunaan dan perawatan sangat mudah
Alat diatas ini adalah alat untuk pengolahan hasil panen dari padi, apabila sobat kanalmu adalah salah satu petani jagung bisa memanfaatkan beberapa mesin pertanian jagung pasca panen, seperti alat pemipil jagung manual maupun otomatis.

5. Mesin perontok / pemipil jagung otomatis

mesin pertanian padi jagung terbaik

Seperti yang kita ketahui bahwasanya diindonesia yang masuk dalam negara agraris dan sebyagaimana besar penduduknya adalah petani dan petani jagung adalah salah satunya, seharusnya indonesia bisa menjadi lumbung pangan kelas internasional. 

Namun saat ini mungkin masih belum, namun jika saat ini banyak pemuda yang tergerak hatinya untuk menjadi petani untuk mengelola lahan sawah maupun kering dalam beberapa dekade kedepan pasti indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.

Seperti halnya dalam bertani jagung, sobat muda tidak perlu kwatir untuk terlalu mengeluarkan tenaga yang besar seperti nyakul dan panen atau pemipil jagung, karena saat ini sudah banyak teknologi tepat guna yang bisa kamu gunakan, seperti mesin pemipil jagung otomatis ini.

Yang mana dengan menggunakan alat ini kamu akan mudah dan cepat dalam proses perontokan bijih jagung dari hasil panen raya.

Keuntungan menggunakan mesin pemipil jangung otomatis

Menggunakan alat ini kamu, juga akan mendapatkan beberapa keuntungan dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan mesin pemipil jangung.
  • Bisa memisahkan biji jangung dari tongkol dengan mudah
  • Sekali pemakian bisa menghasilkan dalam jumlah banyak
  • Bisa melakukan efisiensi cost biaya pemipil jagung manual
Alat-alat pertanian ini sudah tentu akan memudahkan bagi petani modern dalam melakukan pengelolaan hasil pertaniannya khususnya untuk padi dan jagung. Jadi untuk sobat kanalmu yang saat ini sedang mengeluti dunia pertanian tidak perlu gengsi atau malu. Karena hasil dari pertanian ini sangat cukup menjanjikan.

Demikian ualasan informasi yang kanalmu bisa sampaikan terkait dengan info mesin pertanian untuk padai dan jagung terbaik pasca panen, mudah-mudahan yang mencari informasi mengenai hal ini dapat terbantu. 

Post a Comment for "5 Mesin pertanian terbaik untuk mempercepat pengolahan hasil tani padi dan jagung "