Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jenis mesin penghancur batu (crusher stone) terbaik salah satunya adalah Jaw Crusher

Kanalmu.com - Sobat mungkin tidak asing dengan batu koral yang digunakan untuk melakukan pengecoran pada pembuatan rumah, gedung dan lain sebagainya. Apakah kamu pernah berfikir jika pembuatan batu koral ini dilakukan secara manual dibutuhkan berapa lama dalam proses produksinya, sudah tentu lama bukan. Namun sebenarnya banyak dari perusahaan yang mempunyai mesin penghancur batu ini guna untuk memaksimalkan dan memudahkan dalam proses pemecahan batu menjadi ukuran lebih kecil.

Untuk menjadikan batu berukuran kecil, maka kamu membutuhkan alat untuk melakukan itu, dan salah satunya adalah alat penghancur batu atau bisa disebut dengan crusher stone.

Crusher atau alat pemecah

crusher stone terbaik

Yang mana mesin crusher ini mempunyai fungsi utama sebagai pemecah batu alam yang cukup besar menjadi ukuran lebih kecil sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Selain dipecahkan biasanya dilakukan proses pemisahan pada pecahan-pecahan batu tersebut dengan memanfaatkan saringan atau lebih dikenal dengan nama screen.

Untuk alat pemecah batu inipun terdapat banyak jenisnya dan dari itu semua setidaknya dibagi menjadi tiga type crusher. Dan berikut ini adalah tiga jenis crusher berdasarkan kebutuhan dari pemecah batu tersebut.
  • Crusher primer - Merupakan mesin pemecah batu setelah batuan besar berhasil dilakukan peledakan, dan biasanya bentuknya masih sangat besar untuk batu yang akan dipecahkan dengan menggunakan mesin crusher primer.
  • Crusher sekunder - Jika dirasa permintaan pemecahan batu dengan crusher primer masih cukup besar maka akan dilanjutkan pemecahan dengan mesin crusher sekunder untuk mendapatkan ukuran yang sedang.
  • Crusher tersier - Apabila pada kebutuhannya batu yang dibutuhkan spesifikasinya masih belum didapatkan pada mesin crusher sekunder maka akan dilakukan pemecahan menggunakan crusher tersier.
Pemecahan batu ini juga melihat dari aspek kebutuhan, jadi besar kecil outputnya akan disesuaikan dengan mesin-mesin pemecah batu tersebut. Jadi tidak bisa satu mesin langsung menghasilkan potongan batu sesuai dengan yang diiginkan, karena untuk mendapatkan pecahan batu yang kecil sampai halus butuh mesin yang sesuai dengan membutuhkan tahapan dalam setiap pemecahan.

Untuk mesin penghancur batu typenya tidak cukup satu, terdapat beberapa jenis sesuai dengan cara kerja dan rasio yang akan dihasilkan. 

Jenis-jenis mesin pengnacur batu terbaik (Crusher)

Adapun berikut ini adalah beberapa jenis mesin penghancur batu terbaik berdasarkan jenisnya yang sobat kanalmu perlu ketahui.

1. Mesin jaw crusher

Yang mana untuk type mesin jaw crusher inim untuk sistem kerjanya menerapkan tekanan untuk melakukan penghancuran batu. Dan jenis mesin ini cocok untuk memecahkan batu dalam tahap pertama ataupun kedua.

Jika kamu memiliki usaha dalam bidang ini dan menggunakan alat type jaw crusher ini, sudah tentu akan mendapatkan keuntungan berikut ini.
  • Bentuk mesin sedarhana sehingga mudah dirawat
  • Daya kapasitas yang cukup flexibel
  • Terdapat sistem proteksi yang memungkinkan overload
  • Sangat efisiensi dan membutuhkan biaya operasional murah
  • Output baik sesuai dengan rasio yang dibutuhkan

2. Jenis mesin gyratory crusher

Alat jenis ini merupakan penghancur batu utama didalam tambang atau pegelola bijih. Menggunakan mesin pemecah batu dengan jenis ini tentu akan mempermudah proses pekerjaan yang sedang kamu lakukan, dan lebihnya dari mesin ini kamu bisa memaksimalkan hasil produksi dari perusahaan kamu.

3. Jenis cone crusher

Pada prosesnya jenis mesin penghancur batu ini melakukan penjepitan pada batu-batu yang akan dihancurkan, sehingga batu dapat hancur sesuai dengan rasio yang dibutuhkan. Tidak hanya bisa mempermudah pekerjaan dengan menggunakan mesin jenis ini tentu akan mempercepat pekerjaan pemecahan batu.

4. Jenis impact crusher

Dengan melakukan tekanan pada proses pemecahan batu, alat pemecah batu type ini mampu memberikan kemudahan, kecepatan dan juga bisa memaksimalkan hasil produksi yang kamu sedang kerjakan. Sudah tentu jika permintaan cukup banyak kamu bisa melakukan suplay barang dengan baik.

5. Jenis HSI / Hammer mill

Sistem kerja dari mesin pemecah batu horizontal shaft impactor ini cukup unik, namun demikian alat penghancur batu ini juga masuk dalam mesin terbaik untuk memecahkan bebatuan alam dalam proses produksi yang sedang kamu lakukan.

6. Jenis VSI

Tidak kalah uniknya dengan HSI proses pemecahan batu menggunakan alat jenis VSI (Vertical shaft impactor) juga cukup menarik. Dan yang penting adalah bagaiamana masalah keawetan mesin dan juga hasil output dari batu yang dipecahkan.

Sudah tentu menggunakan jenis alat ini akan mempermudah pekerjaanmu dan dengan cepat akan medapatkan hasil output yang banyak.

7. Jenis mineral sizer

Dalam mesin penghancur tipe ini terdapat gigi atau roda penghancur besar, dengan demikian sudah tentu akan mempermudah melakukan pemecahan bebatuan alam. Karena ukurannya yang cukup besar sudah tentu akan mendapatkan hasil yang cukup besar pula.

Demikian ulasan kanalmu mengenai jenis dari mesin penghancur batu terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah, cepat dan juga memaksimalkan usaha pertambangan sobat kanalmu. Dengan demikian omset kamu akan meningkat dalam bisnis pemecah bebatuan alam.

Post a Comment for "7 Jenis mesin penghancur batu (crusher stone) terbaik salah satunya adalah Jaw Crusher"