Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Motor Pakai Knalpot Racing, Berikut Dampak Buruknya

Kanalmu.com - Sobat bikers pasti sepakat jika melakukan modifikasi motor adalah suatu yang cukup menyenangkan, karena dengan melakukan modif akan menambah keren pada kendaraan roda dua yang kita miliki. Dan salah satu komponen atau sparepart yang sering menjadi bahan modifikasi adalah knalpot. Yang mana mengubah saluran sisa pembakaran standart ini dengan knalpot racing.

Suara yang nyaring adalah salah satu jenis penanda bahwa knalpot yang digunakan merupakan jenis racing. Peminat dari modif knalpot ini cukup banyak diindonesia terlebih bagi sobat bikers muda yang masih duduk dibangku smp, sma dan smk. Namun sobat bikers perlu ketahui bahwasanya menganti knalpot standart menjadi racing ini mempunyai dampak buruk lebih, jika kendaraan kamu gunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Suara knalpot yang bising sebenarnya tidak akan menimbulkan dampak pada mesin jika motor tersebut sudah tidak memakai mesin yang standar atau sudah dilakukan modifikasi. Karena knalpot ini akan menyebabkan mesin cepet panas daribiasanya, yang mana juga membutuhkan campuran bahan bakar minya juga yang cukup banyak.

Apabila kejadian ini tidak terjadi, sobat bikers juga perlu melakukan oprek jeroan mesin, agar menghasilkan campuran bensin yang sama besarnya.

Lakukan Modif Jika Akan Menggunakan Knalpot Racing

dampak knalpot racing

Apabila sobat bikers ada keinginan menggunakan knalpot racing, sebaiknya dibarengi dengan melakukan modif bagian mesin. Sedangkan untuk bagian yang bisa dioprek adalah pada bagian porting polish, memperbesar spuyer, dan juga pada bagian klepnya. Dengan melakukan modif ini tenaga akan semakin meninggkat namun kekurangannya akan lebih boros bensin.

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya menggunakan knalpot racing ini mempunyai beberapa dampak negatif, dan pada ulasan kali ini kami juga akan membahasnya sesuai dengan tema tulisan ini.

Dampak buruk menggunakan knalpot racing

Adapun dampak atau efek samping dari penggunaan knalpot racing pada kendaraan adalah sebagai, berikut ini, harap sobat bikers perhatikan dengan cukup baik.

1. Mesin panas dan boros bensin

dampak knalpot racing

Hal pertama dampak buruk penggunaan dari knalpot racing adalah mesin motor akan cepet panas dan juga makin boros bahan bakar, hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan bakar akan lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya waktu menggunakan knalpot standart.

2. Mesin mengalami kerusakan

dampak knalpot racing

Karena mesin standart akan mengeluarkan dua kali lipat dari sebelumnya saat masih standart, jika ini selalu dipaksaakan akan menyebabkan kerusakan pada mesin motor sobat bikers.

Dengan demikian, lambat laun komponen-komponen dari mesin motor akan mengalami aus dan menyebabkan kerusakan. Tidak hanya itu sering gonta ganti saluran gas buang akan menyebabkan kebocoroan knalpot.

3. Gas emisi yang beracun

dampak knalpot racing

Karena jenis knalpot ini tidak memiliki filter yang mana lebih dikenal dengan nama catalytic converter, maka gas buangnya cukup berbahaya dan bisa menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma, paru-paru dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh udara lainnya.

4. Ganggu orang lain

dampak knalpot racing

Tidak cukup bermasalah pada mesin motor dan dampak pribadi namun juga akan menybabkan dampak sosial dari pemakaian knalpot jenis racing. Karena suaranya yang cukup bising bisa menyebabkan gangguan ketenangan.

Memang bagi pemodifikasi kendaraan akan menambah gengsinya, namun bagi sebagian orang suara yang bising ini menjadi kurang enak didengar, dan tidak sedikit bagi masyarakat yang kalangan sudah berumur membenci jenis suara dari knalpot racing ini.

Maka dari itu jika sobat bikers yang tinggal dilingkungan padat dengan penduduk sebaiknya untuk berfikir duakali jika akan melakukan modifikasi motornya dengan knalpot racing, memang untuk keperluan kontes modifikasi yang jarang kamu bawa dalam lingkungan kalian, karena bisa berdampak pada diri kamu bakalan tidak disukai banyak orang.

Jadi informasi dari kanalmu cukup demikian mengenai dampak buruk atau efek negatif dari penggunaan knalpot racing, mudah-mudahan sobat bikers bisa menempatkan diri jika akan melakukan variasi knalpot yang akan dipakainya.

Post a Comment for "Motor Pakai Knalpot Racing, Berikut Dampak Buruknya"