Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Setting Custom Domain Blogspot di Namecheap

Setting Custom Domain Blogspot | Halo Sobat Kanalmu , pada kesempatan ini kanalmu akan berbagi bagaimana cara Setting Custom Domain Blogspot Pada Penyedia Layanan Domain Dan Hosting Dari NameCheap.

Namun sebelum memulai untuk melakukan setting, kanalmu akan berbagi sedikit mengapa perlu menggunakan domain dengan nama sendiri, tidak cukup hanya menggunakan layanan yang disediakan dari blogger/blogspot.


Alasan Melakukan Custom Domain/ Menggunakan Domain Di Blogpsot :


1. Alasan pertama Meningkatkan Interest Terhadap Saluran Yang Di Kembangkan.
2. Sebagai salah satu alat media promo di Era Digital
3. Memudahkan Pencarian Di Media internet Terhadap Brand/ saluran yang di bangun.
4. Dll

Dan sebenarnya masih banyak lagi mengapa perlu menggunakan nama domain sendiri, untuk mengembangkan saluran atau kanal yang dikembangkan, baik itu digunakan secara non profit atau digunakan sebagai lapak untuk jualan. Namun 3 Alasan diatas kanalmu kira sudah cukup, untuk kesempatan lain, bisa nanti dijelaskan lebih rinci.

Sebelum lanjut ke panduan untuk cara melakukan setting Custom domain, kanalmu mencoba menjalaskan alasan menggungakan platform Blogger/ Blogpsot dan mengapa tidak menggunakan Wordpress.

Penjelasan Mengapa Memilih Platform Blogger tidak Wordpress Untuk Mengembangkan Saluran Digital:


1. Hanya Perlu Biaya Domain
2. Platform Blogger Menyediakan Media Penyimpanan Secara Gratis
3. Jika Tujuan Pengembangan Saluran Tujuan Untuk Monetize, pada Blogger Sudah Tersambung dengan Saluran Adsense Google.
4. Index pada saluran Google Search Engine Cepat.

Baik lanjut ke bagian inti dari artikel ini "Panduan Setting Custom Domain Blogspot" dan berikut ini adalah bagaimana tahapan-tahapan apa yang harus dilakukan untuk melakukan custom domain. Namun perlu di ingat disini tidak di disediakan cara Beli Domain Melalui Penyedia Layanan Namecheap, kanalmu sudah menganggap sobat kanalmu sudah mempunyai Akun dan domain pada NameCheap.

Step By Step Cara Setting Custom Domain Blogspot di Namecheap:

Note *

  • Sudah Punya Akun Blogger - Jika Belum Silahkan buat dengan mengikuti tautan berikut "Blogger,com"
  • Sudah Punya Akun Dan Domain Di Namecheap - Jika Belum Silahkan Kunjungi lamannya "namecheap.com"
Seeting Pada Dahsboard Blogger
1. Masuk Halaman Dashboard Blogger Menggunakan akun login masing-masing
2. Jika sudah masuk Halaman Dahsboard Masuk Ke Menu -"SETTING"- Kemudian Menu -> "BASIC", dan akan mucul halaman seperi dibawah ini.


3. Jika Sudah masuk Kemudian Klik Link Warna Biru "+ Set up a third-party URL for your blog", akan muncul tampilan selanjutnya seperti dibawah ini.

4. Pada menu Kolom Http:// Silahakan masukan nama domain yang sudah dibeli di namecheap Exp:"www.kanalmu.com", mengapa menggunakan" WWW", ini adalah salah satu syarat yang diberikan pihak Blogger. Jika Sudah silahkan Klik Tombol "SAVE", dan akan muncul tampilan baru seperti dibawah ini.

5. Pada Tampilan Diatas muncul layar Peringatan " Silahakan Di Catat Untuk DNS Diatas Seperti yang di centang Ini Nanti akan di konfigurasi ke bagian admin panel pada NameCheap.

6. Masuk Admin panel NameCheap dan kemudian Masuk Menu "ACOUNT- DASBOARD" - Setelah itu masuk menu "Domain Pricelist - MANAGE" Seperti pada kolom yang di lingkari.



7. Akan Muncul tampilan baru seperti dibawah ini, dan kemudian Pilih  ADVANCE DNS " Pada Menu "HOST RECORD" Sobat Kanalmu bisa menambahkan Record Baru dan salah satunya adalah DNS Record Pada Tampilan Blogger

8. Disini Sobat Kanalmu harus menambahkan 6 Record Baru Untuk Custom Domain Blogger Anda

- Nama Record A Records , Host Di Isi  "@" dan Ip Address Diisi "216.239.32.21", "216.239.34.21", "216.239.36.21" dan "216.239.38.21"
- Nama Record "CNAME" Host Di isi "WWW" - Target Di Isi "ghs.google.com"
- Nama CNAME Ini disi yang didapatkan pada Blogger yang berada di bawah www dn ghs.google

Jika sudah akan muncul menu di HOST Record , record record tambahan sobat kanalmu, seperti dibawah ini.

9. Jika sudah Sumua Record Masuk, kemudian jangan luma ada bawaan record dari NameCheap Yang perlu di habus, sobat kanalmu hanya perlu 6 record diatas . BIasanya adalah Nama domainanda recordnya. Silahakn Di Habus agar tidak terjadi Konflik, seperti pada panduan berikut ini.
10. Jika sudah kembali Ke Menu Blogger Dashboar Sobat Kanalmu, Pada Menu Di Bawah Ini kemudian Klik "SAVE".
Note*: Sebelum melakukan save Mohon rekan sobatmu tunggu kurang lebih 30 menit setelah nambah record di Manage DNS
11. Jika Sudah Di Save Kemudian , rekan rekan ke menu berikut ini dan klik Menu "Edit"

12. Jika sudah Klik Tombol "EDIT", kemudian akan masuk menu lagi seperti dibawah ini. Dan Centang Klom Recirect Atau Arahkan.


Sampai disini dari kanalmu untuk artikel atau panduan "Cara Cepat Setting Custom Domain Blogspot di Namecheap" , kami kira sudah cukup, jika dari rekan-rekan kanalmu ada yang kesulitan , silahkan kirimkan di kolom komentar dibawah ini, kami sangat senang jika bisa membantu untuk menyelesaikannya.

Post a Comment for "Cara Cepat Setting Custom Domain Blogspot di Namecheap"