Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pentingnya Forecasting Untuk Bisnis Pemula

Pentingnya Forecasting Untuk Bisnis Pemula - Halo Sobat kanalmu, untuk menjadi pembisnis sudah tentu bukan hal mudah, dan banyak sekali yang harus selalu dipelajari untuk menjadikan laham bisninsnya berjalan dengan baik dan sudah tentu semakin berkembang.

Ilmu Forecasting Untuk Bisnis Pemula


Dan ilmu lain yang wajib di miliki seorang pembisnis pemula yang tidak kalah penting adalah ilmu Peramalan atau lebih kerenya di kenal dengan Forecasting. Belajar ilmu peramalan ini bukan berarti calon pembisnis harus belajar ke dukun loh ya, Forecasting adalah suatu seni ilmu yang mempelajari prediksi masa depan dengan menggunakan data atau kebiasaan masalalu dan saat ini.

Forecasting Plan Strategy


Kenapa Ilmu Forecasting Sangat Penting ?


Memiliki ilmu peramalan yang baik sudah tentu akan menjadikan nilai plus bagi pembisnis pemula, karena dan memiliki dasar ilmu forecasting, akan mematangkan pembisnis pemula dalam mengambil keputusan, dan sudah tentu akan meminimal risiko yang akan didapatkan pada masa akan datang. 

Jika memiliki keputusan yang tidak matang akan sangat berisiko dalam masa yang akan datang, berbanding terbalik jika mempunyai kematangan dalam mengambil keputusan sudah tentu akan menjadikan kesiapan terhadap masa yang akan datang.

Fungsi Forecasting Dan Perencanaan Masa Depan


Seperti dari sumber (Heizer dan Render , 2009:47), fungsi forecasting ini di bagi menjadi beberapa bagian penting, untuk mebuat perencaan masa depan yang lebih baik lagi.

  1. Forecasting / Perkiraan ekonomi (economic forecast),bagaimana menjelaskan siklus bisnis dengan cara memprediksi tingkat inflasi, ketersediaan uang, dana yang dibutuhkan untuk membangun perumahan dan indikator perencanaan lainnya.
  2. Forecasting / Perkiraan teknologi (technological forecast), bagaimana memperhatikan tingkat kemajuan teknologi yang dapat meluncurkan produk baru yang menarik, yang membutuhkan pabrik dan peralatan yang baru.
  3. Forecasting / Perkiraan permintaan (demand forecast), bagaimana proyeksi permintaan untuk produk atau layanan suatu perusahaan. Perkiraan ini juga disebut perkiraan penjualan yang mengendalikan produksi, kapasitas, serta sistem penjadwalan dan menjadi input bagi perencanaan keuangan, pemasaran, serta sumber daya manusia.

Langkah Penting Melakukan Peramalan (Forecasting)


Berikut ini ada beberapa langka dasar yang cukup dipahami dalam melakukan peralaman oleh sobat kanalmu semua.

  1. Menentukan Tujuan Peramalan
  2. Mengevaluasi dan Menganalisis data yang sesuai
  3. Memilih dan Menguji Metode Peramalan
  4. Menghasilkan Peramalan
  5. Memantau Keakurasian Peramalan

Keuntungan Peramalan (Advantages of Forecasting)


Dengan melakukan , forecasting ini dengan semakin banyak data yang digunakan dan semakin banyak metode yang digunakan akan sangat berguna bagi perusahaan dalam mengambil keputusan.

Kekurangan Peramalan (Disadvantages of Forecasting)


Meski sangat baik mempunyai ilmu peramalan ini, namun tidak lah 100% hasil keputusan dalam megambil kebijakan . Bisa jadi karena faktor data yang kurang cukup menjadikan hasil dalam mengambil keputusan tidak menjadi cukup baik.

Post a Comment for "√ Pentingnya Forecasting Untuk Bisnis Pemula"