Mesin Mobil Overheat Apa Penyebabnya?

Rizki Sugiono

Mesin mobil overheat bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Tidak hanya mobil tua, bahkan mobil yang berumur dibawah 5 tahun juga bisa mengalami overheat.

Biasanya mobil yang overheat ditandai dengan beberapa gejala yang muncul seperti terdapat kepulan asap pada kap mobil, suhu mobil yang tinggi, mobil sering mogok, AC yang tidak dingin dan berbagai tanda lainnya.

Mesin Mobil Overheat Apa Penyebabnya?
Mesin Mobil Overheat Apa Penyebabnya?

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Lantas, mengapa hal ini terjadi? Ada beberapa aspek yang menjadi penyebab mesin mobil overheat. Di sini kita akan membahasnya!

Mobil tidak pernah diservis

Sering dipakai atau bahkan setiap hari dipakai namun tidak diservis dapat menjadi salah satu aspek yang menyebabkan terjadinya overheating pada mesin mobil.
Karena itu servis merupakan hal yang sangat penting sebagai perawatan bulanan untuk kendaraan Anda. Untuk mobil yang dipakai setiap hari dengan jarak tempuh yang panjang atau jauh misalnya, dianjurkan agar mobil diservis setidaknya 3 – 4 bulan sekali.

Sementara untuk mobil yang jarang dipakai, diservis 5 bulan atau 6 bulan sekali tidak masalah. Terpenting jangan sampai lupa karena dapat berakibat fatal pada kerusakan komponen di dalamnya.

Salah menggunakan oli

Setiap produk oli mesin memiliki spesifikasi yang berbeda. Harganya pun berbeda. Banyak pengguna mobil yang memilih menggunakan oli mesin yang harganya murah padahal tidak sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi mobilnya.

Akhirnya, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya overheat pada mobil. Karena itu pastikan untuk menggunakan oli mesin yang tepat sesuai dengan spesifikasi mobil meski memang harus kita akui semakin berkualitas oli mesin maka semakin tinggi juga harganya.

Kipas pendingin tidak berfungsi

Kipas pendingin pada mobil memiliki fungsi menarik udara dingin dari luar ke dalam mesin mobil agar suhu mobil yang tinggi dapat menurun. Jika kipas pendingin tersebut tidak berfungsi maka suhu mobil yang tinggi tidak dapat diturunkan dengan adanya kipas. Karena itu overheat dapat terjadi.

Penyebab Mesin Mobil Overheat
Penyebab Mesin Mobil Overheat

Oleh karenanya, jika kipas pendingin pada mobil dirasa sudah tidak berfungsi maka ketika service berkala dilakukan jangan lupa untuk meminta petugas bengkel mengecek kondisi kipas tersebut. Jika memang ditemukan adanya kerusakan atau tanda – tanda kerusakan maka kipas pendingin tersebut harus segera diganti.

Baca Juga :  Update Lengkap Daftar Harga Motor Beat Terbaru Bulan Ini 2021

Air radiator habis

Air radiator merupakan suatu cairan yang berfungsi untuk mendinginkan mobil dari suhu panas yang terlalu tinggi. Air radiator ini akan mengalir melalui saluran yang telah terpasang pada sekeliling mesin mobil.

Keberadaan air radiator sangat penting karena dapat menyerap suhu mesin mobil yang terlalu panas sehingga dapat terhindar dari masalah overheat. Jika overheat terjadi pada mobil, ada kemungkinan bahwa air radiator pada mobil habis.

Penggunaan air radiator yang tidak sesuai kebutuhan mobil

Selain air radiator yang habis, penggunaan air radiator yang spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan mobil juga dapat menjadi salah satu alasan mengapa mobil mengalami overheat.

Karena itu, penggunaan air radiator tidak boleh sembarangan. Pastikan agar Anda menggunakan air radiator khusus yang dibeli untuk mobil karena dapat menyerap panas pada mesin mobil dengan sangat baik.

Radiator mengalami kerusakan

Radiator mobil dapat mengalami kerusakan. Ketika radiator mobil rusak, overheat dapat terjadi karena komponen yang bertugas untuk menjaga suhu mobil agar tetap berada pada batas normal tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Termostat rusak

Termostat merupakan suatu komponen pada mesin mobil yang bertugas untuk memberitahukan kondisi mesin mobil ke bagian komponen mobil yang lain yaitu radiator.

Ketika terdeteksi bahwa suhu mesin terlalu panas maka air radiator akan segera dialirkan ke sekeliling mesin agar suhu panasnya dapat diserap. Ketika termostat rusak, hal tersebut tidak akan terjadi.

Oleh karena itu ketika mesin mobil overheat, bisa jadi hal tersebut terjadi karena salah satu penyebab yaitu termostat rusak sehingga air radiator tidak dapat dialirkan dengan baik ke sekeliling mesin.

Pompa air rusak

Pompa air merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk mengalirkan coolant ke seluruh bagian sistem pendinginan mesin. Ketika pompa air rusak, coolant tidak dapat dialirkan ke sistem pendinginan mesin sehingga overheat terjadi.

Baca Juga :  Ukuran velg vega r, rr, zr depan belakang ring 17 lengkap

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mesin mobil overheat. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.

Artikel Terkait :