Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai Format KBBI

Surat merupakan alat komunikasi tertulis yang digunakan untuk keperluan menyampaikan berita ataupun informasi dari satu pihak ke pihak lainnya. Sudah sejak lama surat digunakan, hingga saat ini surat masih sering digunakan. Tidak bisa kita pungkiri dengan adanya pertumbuhan teknologi yang sangat cepat, sekarang berkirim surat sudah bisa melalui aplikasi daring.

Jenis-Jenis yang dimiliki surat ada banyak, tergantung pada tujuan dibuatnya surat tersebut. Seperti surat pribadi, dinas, lamaran kerja, dan lain sebagainya.

Cara penulisan alamat surat yang benar sesuai format KBBI
Cara penulisan alamat surat yang benar sesuai format KBBI

Jenis-Jenis Surat

Berdasarkan keperluannya, surat dibagi menjadi dua jenis yaitu surat resmi dan surat pribadi. Setelah mengetahui ada dua jenis surat, maka akan timbul pertanyaan apa sih surat resmi dan pribadi itu? Yuk simak penjelasan berikut ini :

  • Surat Resmi
    Surat resmi merupakan surat yang dibuat oleh perorangan, organisasi, atau lembaga tertentu, yang memiliki sifat formal dan memiliki kepentingan resmi. Kepentingan resmi ini seperti undangan, lamaran pekerjaan atau pemberitahuan yang bersifat formal.
  • Surat Pribadi
    Surat pribadi merupakan surat yang dibuat berdasarkan keperluan pribadi. Keperluan pribadi ini seperti surat kepada keluarga atau surat kepada teman. Surat pribadi tidak memiliki aturan khusus dalam pembuatannya. Namun dengan adanya pertumbuhan teknologi yang pesat, surat pribadi sudah jarang digunakan dan lebih sering menggunakan aplikasi seperti WA, Telegram, Line, dan lain sebagainya.

Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai KBBI

Setelah mengerti apa itu surat dan jenis-jenisnya, pasti banyak yang bertanya bagaimana penulisan Alamat Surat yang benar? Karena jika alamat salah maka surat tidak akan sampai kepada tujuan yang diharapkan. Jadi, yuk simak penjelasan mengenai cara menulis alamat surat yang benar.

  1. Penggunaan Kepada dan Yang terhormat
    Penulisan alamat surat tidak memerlukan kata “kepada” karena kata tersebut sudah terwakili oleh “Yth”. Kata “Yth.” sudah menunjukkan penerima surat. Agar lebih jelas mari simak contoh berikut ini:
    Contoh Penulisan yang salah : Kepada Yth. Personalia CV. Ambarawa
    Contoh penulisan yang benar : Yth. Personalia CV. Ambarawa
  2. Penggunaan Huruf Kapital
    Huruf awal disetiap kata harus menggunakan huruf kapital.
  3. Penulisan Alamat (tempat) yang dituju
    Dalam penulisan alamat terdapat dua tempat penulisan. Pertama penulisan Alamat di luar amplop (jika menggunakan amplop) dan yang kedua di dalam surat itu sendiri.
    Penulisan di luar amplop ditulis secara rinci dan jelas agar surat bisa sampai di tujuan yang semestinya. Untuk penulisan alamat di dalam surat tidak perlu menjelaskan secara rinci, cukup dengan menulis “di tempat”. Mengapa tidak ditulis lengkap? Karena penulisan Alamat lengkap sudah ditulis di luar amplop surat.
  4. Tanda Baca
    Tanda baca tidak perlu digunakan pada setiap akhir penulisan alamat surat. Hal ini dikarenakan alamat surat bukan kalimat yang memerlukan tanda baca di akhir penulisan.
  5. Penulisan nama PT
    Penulisan PT tidak memerlukan tanda baca titik (.). Agar lebih paham simak contoh berikut ini :
    Penulisan yang salah : P.T Sejahtera Selamanya atau PT. Sejahtera Selamanya
    Penulisan yang benar : PT Sejahtera Selamanya
  6. Nama Penerima dengan jabatan
    Nama penerima yang memiliki jabatan tidak menggunkanan kata sapaan, seperti bapak atau ibu. Simak contoh berikut ini :
    Penulisan yang salah : Yth. Ibu Direktur PT Sejahtera Selamanya
    Penulisan yang benar : Yth. Direktur PT Sejahtera Selamanya
Baca Juga :  Arti Bahasa Gaul NT, Healing, Bestie, Crush, OTW dan Kepo

Setelah mengetahui cara-cara yang sudah dijelaskan, mari simak contoh penulisan alamat secara utuh.

Contoh Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai Format KBBI

Berikut ini adalah contoh penulisan alamat surat yang benar dan salah :

Penulisan alamat surat yang salah :

  • Yth. Bapak Direktur PT Sejahtera Selamanya
    Jln. Kusuma Negara 16, Surabaya
  • Kepada Yth. Personalia PT Sejahtera Selamanya
    Jl. Peterongan 7, Semarang

Penulisan di atas salah karena, pada contoh pertama terdapat kata “bapak” yang seharusnya tidak tulis ketika ada jabatan. Selain itu kata “Jln” seharusnya tidak disingkat. Contoh nomor dua salah karena, terdapat kata “kepada” yang seharusnya tidak ditulis karena sudah terwakili oleh kata “Yth.” Dan seharusnya kata “Jl” tidak disingkat.

Penulisan alamat surat yang benar :

  • Yth. Direktur PT Sejahtera Selamanya
    Di tempat
  • Yth. Personalia PT Sejahtera Selamanya
    Jalan Kusuma Negara 16, Surabaya

Itulah cara penulisan alamat surat yang benar sesuai KBBI, dengan penulisan alamat yang benar bisa memperlihatkan keprofesionalan Anda. Selain itu surat Anda mudah terbaca oleh sistem ataupun kurir yang mengirimkan surat. Semoga bermanfaat.