Ukuran velg jupiter z dan mx lengkap tips perawatannya

Ada cukup banyak penyebab velg motor yamaha jupiter cepat aus, salah satunya adalah tidak cocok dengan ukuran ban nya. Dan jika kamu mengalami hal yang demikian dan mencoba untuk ganti pelek baru, kamu wajib mengetahui ukuran velg jupiter z dan mx.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasnaya velg merupakan salah satu komponen utama yang menjadi tumpuan beban dari motor dan juga pusatnya perputaran roda. Dan untuk yamaha jupiter sendiri setiap typenya memiliki ukuran yang berbeda.

Dan untuk ukuran dari velg jupiter z bagian depan 17 x 1.40 inci untuk belakang 17 x 1.60 inci, ukuran velg Jupiter MX 135 old / lama dan ukuran velg New Jupiter MX 4 speed bagian depan 17 x 1.40, sedangkan bagian belakang 17.60 inci. Adapun untuk type velg jupiter MX 135 5 speed ukuran depan 17 x 1.85 inci dan bagian belakang 17.2.50 inci.

Ukuran Velg Jupiter Yamaha Motor

ilustrasi untuk Ukuran velg jupiter z dan mx lengkap tips perawatannya - kanalmu
ilustrasi untuk Ukuran velg jupiter z dan mx lengkap tips perawatannya

Dari pertama peluncuran motor yamaha jupiter ini sendiri sudah produksi beberapa type, baik dari segi komponen maupun aksesorisnya, termasuk disini adalah ukuran velg jupiter.

Adapun berikut ini adalah Ukuran Velg Jupiter Yamaha Motor all type yang wajib kamu ketahui sebelum menganti dengan ukuran modifikasi maupun baru karena sudah aus.

Tipe JupiterUkuran Velg DepanUkuran Velg Belakang
Jupiter Z17 x 1,40 inci17 x 1,60 inci
Jupiter MX 135 (old)17 x 1,40 inci17 x 1,60 inci
New Jupiter MX 135 4 speed17 x 1,40 inci17 x 1,60 inci
New Jupiter MX 135 5 speed17 x 1,85 inci17 x 2,50 inci
Ukuran Velg Jupiter All Type

Pastika ketika sobat kanalmu membeli spare part velg yamaha jupiter ini di toko yang sudah dipercaya dan memiliki kredibel baik. Apabila pembelian secara online pastikan kamu melakukan kroscek terlebih dahulu terhadap tokonya.

Baca Juga :  38+ Kumpulan Gambar Lengkap Ide Modifikasi Vario 125 Terkeren 2022

Penyebab velg motor jupiter cepat rusak

Meskipun adanya ban motor yang membukus velg motor, namun demikian tidak jarang velg motor yamaha jupiter ini bisa cepat aus atau rusak karena disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Kondisi jalan – kondisi jalan rusak dan berbatu juga bisa menjadi penyebab utama velg motor cepat rusak, untuk itu hati-hati dalam memilih jalan jangan asal gas motor aja.
  2. Spesifikasi ban dan velg berbeda – Antara ban dan velg motor memiliki spesifikasi yang berbeda juga bisa menyebabkan pelek motor cepat aus.
  3. Tekanan angin ban kurang – Kamu harus melakukan kroscek secara rutin untuk tekanan angin ban, karena jika kurang terlalu banyak juga bisa menyebabkan velg cepat rusak.

Tips menganti pelek jupiter

Ada beberapa tips yang penting kamu ketahui ketika hendak berencana menganti pelek yamaha jupiter baik itu type z, mx maupun lainnya.

  1. Sesuaikan spesifikasi velg

Harap sobat kanalmu perhatikan ketika hendak menganti velg jupiter yaitu pastikan kamu sudah menyesuaikan spesifikasi velg motor dengan standar pabrikannya.

  1. Ukuran ban cocok dengan velg

Iini penting menyesuaikan ukuran ban dengan velg yang digunakan, jangan sampai antaran ukuran ban dan velg tidak sama yang justru akan menyebabkan cepat rusak baik itu ban maupun velg motor.

  1. Pemberian jarak antara swing amr dan ban

Pemberian jarak antara swing amr dan ban minimal 3 cm, dan jika tidak diberikan ruang atau jarak nantinya akan memberikan dampak risiko gesekan antara lengan ayun dengan ban.

  1. Menyesuaikan ukuran Gear

Apabila sobat kanalmu melakukan modifikasi velg menjadi lebih besar tentunya kamu harus menyesuaikan juga dengan ukuran gear, karena jika tidak akan berpengaruh terhadap akselesari motor.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Harga Motor Honda Terbaru Bulan Ini 2021

Oleh sebab itu menggunakan ukuran velg dan ban motor jupiter sesuai dengan standar sangat direkomendasikan apabila menganti dengan yang baru.

Tips cerdas merawat velg motor jupiter

Supaya velg motor jupiter kamu bisa berumur panjang dan tidak cepat aus kamu bisa mengikuti beberapa tips perawatan berikut ini.

  1. Bersihkan velg secara rutin – ini penting dilakukan terlebih velg kamu terdapat banyak kotoran seperti tanah, rumput, lumpur maupun lainnya.
  2. Memastikan tekanan angin ban stabil – Pastikan ukuran angin ban motor tidak kurang, dan segera isi ulang serta pastikan sesuaikan dengan jarak tempuh perjalananmu.
  3. Perhatikan cara berkendara – Saat kamu berkendara lihat jalan dengan baik agar bisa menghindari lobang, maupun jenis jalan rusak lainnya.
  4. Pemeriksaaan rutin – Ini penting dilakukan untuk melakukan kroscek rutin baik kebersihan, tekanan angin ban. Dengan demikian akan selalu menjaga kondisi ban motor jupiter kamu.

Itulah ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan Ukuran velg jupiter z dan mx lengkap tips perawatannya.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan ini bisa memberikan cukup referensi dan manfaat.