Ukuran ban dan ukuran velg scoopy ring 12 , 14 Lengkap

Velg motor scoopy kamu aus dan perlu ganti, sobat kanalmu perlu mengetahui secara detail informasi Ukuran Ban dan Ukuran Velg Scoopy Ring 12 , 14 Lengkap.

Seperti yang kita ketahui secara sepintas bahwasanya ukuran ban motor scoopy ini terlihat lebih besaran dibandingkan dengan ukuran ban motor jenis matic lainnya dimana untuk scoopy lama ukuran velg ring 14 sedangkan all news scoopy menggunakan ukuran velg ring 12.

Dan melaui ulasan ini kami akan paparkan informasi terkait dengan ban dan juga velg motor honda scoopy, penyebab kerusakan lengkap dengan tips bagaimana perawatannya agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

Ukuran Ban dan Velg All New Scoopy Ring 12

ilustrasi untuk Ukuran ban dan ukuran velg scoopy ring 12 , 14 Lengkap - kanalmu
ilustrasi untuk Ukuran ban dan ukuran velg scoopy ring 12 , 14 Lengkap

Adapun untuk ukuran ban dan velg all new scoopy baru menggunakan ring 12 dan jenis ban OEM merk irc, dan ini lebih naik dua tingkat dibandingkan dengan type motor scoopy lama.

Berikut ini adalah ukuran ban dan juga velh untuk all new scoopy yang bisa kamu jadikan sebagai referensi menganti ban dan juga velg di motor kesayanganmu.

Ukuran Ban All New Scoopy

  • Ban depan: 100/90-12
  • Ban belakang: 110/90-12
  • Lebar ban depan: 97 mm
  • Lebar ban belakang: 110 mm
  • Diameter ban depan: 483 mm
  • Diameter ban belakang: 501 mm

Ukuran Velg All New Scoopy

  • Velg depan: 2,15 inchi/ring 12
  • Velg belakang: 2,50 inchi/ring 12
  • Berat ban & velg depan: 4,9 kg
  • Berat ban & velg belakang: 7,23 kg

Ban dan Ukuran Velg Scoopy Lama Ring 14

Sedangkan untuk ukuran standar dari ban dan ukuran velg scoopy lama 110 cc dengan ring 14 adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga :  Ukuran velg supra x 125R, fit , GTR 150 R lengkap cara perawatannya

Ukuran Ban Scoopy Lama

  • Ban depan: 80/90-14
  • Ban belakang: 90/90-14
  • Lebar ban depan: 78 mm
  • Lebar ban belakang: 89 mm
  • Diameter ban depan: 504 mm
  • Diameter ban belakang: 523 mm

Ukuran Velg Scoopy Lama

  • Velg depan: 1,85 inchi/ring 14
  • Velg belakang: 2,15 inchi/ring 14
  • Berat ban & velg depan: 5,76 kg
  • Berat ban & velg belakang: 6,55 kg

Penyebab velg motor scoopy cepat rusak

Meskipun adanya ban morot yang membukus velg motor, namun demikian tidak jarang velg motor scoopy bisa aus atau rusak karena disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Kondisi jalan – kondisi jalan rusak dan berbatu juga bisa menjadi penyebab utama velg motor cepat rusak, untuk itu hati-hati dalam memilih jalan jangan asal gas motor aja.
  2. Spesifikasi ban dan velg berbeda – Antara ban dan velg motor memiliki spesifikasi yang berbeda juga bisa menyebabkan pelek motor cepat aus.
  3. Tekanan angin ban kurang – Kamu harus melakukan kroscek secara rutin untuk tekanan angin ban, karena jika kurang terlalu banyak juga bisa menyebabkan velg cepat rusak.

Tips menganti pelek satria

Untuk mendapatkan kenyamanan dan juga keselarasan dari penggunaan motor ada beberapa tips yang dilakukan ketika hendak menganti velg motor honda scoopy, dan diantaranya adalah sebagai berikut.

Pastikanlah ukuran ban

Untuk pertama pastikan kamu mengetahui ukuran ban dan juga spesifikasinya secara jelas, dengan demikian kamu akan medapatkan kenyamanan dalam penggunaan dengan pelek baru.

Dikarenakan jika ukuran velg dan juga ban tidak sama bisa menyebabkan kerusahakan baik itu pada pelek maupun bannya, serta jika dikendarai akan menimbulkan goyangan atau getaran yang berlebih.

Baca Juga :  Ukuran velg vega r, rr, zr depan belakang ring 17 lengkap

Pemberian jarak antara ban dan lengan ayun

Sebelum memutuskan untuk menganti velg dengan model lain pastikan kamu mengetahui jarak ban dan rantai atau swing amr atau lengan ayun.

Jangan sampai dengan pengantian pelek justru akan mempengarui swing arm, dan menjadikannya tersangkut. Adapun perkiraan aman jarak minimal adalah 3 cm.

Gantilah ukuran gear

Apabila setelah menganti velg tarikan motor kamu menjadi lebib berat sebaiknya kamu juga melakukan upgrade pada bagian gear roda motor kamu menjadi lebih besar.

Sesuaikan dengan jenis velg

Untuk memiliki motor yang menarik kamu tentunya bisa melakukan modifikasi simpel seperti menganti velg motor, dan tentu kamu bisa sesuaikan dengan budget serta selera kamu bisa pakai pelek racing yang berbahan alumunium atau menggunakan velg jari-jari maupun palang dengan pilihan warna yang kamu sukai semisal gold, chrome maupun lainnya.

Tips cerdas merawat velg motor scoopy kamu

Supaya velg motor satria kamu bisa berumur panjang dan tidak cepat aus kamu bisa mengikuti beberapa tips perawatan berikut ini.

  1. Bersihkan velg secara rutin – ini penting dilakukan terlebih velg kamu terdapat banyak kotoran seperti tanah, rumput, lumpur maupun lainnya.
  2. Memastikan tekanan angin ban stabil – Pastikan ukuran angin ban motor tidak kurang, dan segera isi ulang serta pastikan sesuaikan dengan jarak tempuh perjalananmu.
  3. Perhatikan cara berkendara – Saat kamu berkendara lihat jalan dengan baik agar bisa menghindari lobang, maupun jenis jalan rusak lainnya.
  4. Pemeriksaaan rutin – Ini penting dilakukan untuk melakukan kroscek rutin baik kebersihan, tekanan angin ban. Dengan demikian akan selalu menjaga kondisi ban motor scoopy kamu.

Itulah ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan Ukuran ban dan ukuran velg scoopy ring 12 , 14 Lengkap.

Baca Juga :  Ukuran velg jupiter z dan mx lengkap tips perawatannya

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat dan juga cukup referensi.