Cara Membuat Proposal Kegiatan Sekolah yang Mudah Dipraktekkan

Pada umumnya, proposal kegiatan acara sering digunakan apabila seseorang ingin mengajukan sebuah permohonan. Nah, untuk membuatnya silahkan Anda simak saja penjelasan mengenai bagaimana cara membuat proposal kegiatan sekolah.

Proposal kegiatan acara termasuk surat resmi yang diajukan sebelum diadakannya sebuah kegiatan. Proposal inilah yang nantinya akan diberikan kepada orang yang memiliki peranan penting terhadap kelancaran dari acara tersebut. Jika proposal yang dibuat untuk acara sekolah, maka harus diberikan kepada Kepala Sekolah.

Nah, tujuan dari diberikannya proposal kegiatan ini kepada Kepala Sekolah adalah agar sang Kepala Sekolah beserta guru-guru dan bagian tata usaha (TU) sekolah tersebut mengetahui keseluruhan kegiatan dari acara yang akan diselenggarakan nantinya.

Sementara yang menjadi poin penting dalam membuat sebuah proposal kegiatan adalah dengan menyertakan kop surat pada proposal. Tujuan pemberian kop surat ini adalah untuk menunjukan bahwa proposal ini adalah proposal resmi, hal ini bisa meyakinkan para penerima proposal tersebut.

Membuat proposal kegiatan sekolah
Membuat proposal kegiatan sekolah

Apa Itu Proposal Kegiatan Sekolah?

Proposal merupakan suatu rancangan yang berbentuk tulisan sistematis dan terperinci. Fungsi dari proposal ini adalah untuk kegiatan acara yang akan diselenggarakan nantinya.

Tujuan dari pembuatan proposalnya sendiri adalah untuk bisa mendapatkan persetujuan dari pihak yang berkepentingan atas acara yang akan diselenggarakan tersebut, sehingga bisa terjalin kerjasama yang akan melancarkan kegiatan tersebut.

Selain itu, pengajuan proposal ini juga bisa Anda gunakan sebagai proposal pengajuan permohonan dana bantuan yang mana untuk pihak terkait nantinya akan bekerjasama dengan pihak penyelenggara acar dengan cara memberikan bantuan dana.

Jadi proposal kegiatan sekolah, bisa diartikan juga bahwa proposal kegiatan acara ini bisa digunakan sebagai sebuah perencanaan atas susunan kegiatan acara yang sudah terjadwal dalam bentuk tulisan yang dilakukan di dalam sekolah atau memerlukan keterlibatan sekolah.

Baca Juga :  Download contoh proposal hari kartini doc, pdf untuk sekolah dan karang taruna desa

Cara Membuat Proposal Kegiatan

Jika dibandingkan dengan proposal penelitian, proposal kegiatan ini akan cenderung lebih mudah dibuat karena lebih sederhana. Namun, Anda tetap harus memperhatikan alur dari pembuatan proposal tersebut. Hal yang harus ada dalam proposal kegiatan sekolah adalah:

  1. Judul proposal.
  2. Bagian pendahuluan.
  3. Isi proposal.
  4. Penutup.

Judul Proposal Kegiatan Sekolah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat proposal kegiatan adalah dengan membuat judul proposal terlebih dahulu. Sebaiknya, buatlah judul yang menarik agar pihak terkait mau memberikan ijin atau jika proposal untuk keperluan pendanaan maka diharapkan pihak terkait bersedia menyumbangkan dananya untuk kegiatan yang akan Anda selenggarakan.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa judul yang Anda buat ini harus sesuai dengan kegiatan yang akan Anda laksanakan, dan menggunakan ejaan yang benar sesuai KBBI.

Bagian Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini tentunya akan terdiri dari beberapa sub bab pendukung. Bagian pendahuluan ini diantaranya adalah latar belakang kegiatan dan tujuan dari diadakannya tujuan tersebut.

Latar belakang dari kegiatan ini merupakan alasan dasar mengapa kegiatan tersebut perlu untuk diselenggarakan. Sementara itu, untuk tujuan kegiatan ini adalah hasil dari kegiatan acara yang diharapkan bisa berjalan dengan baik.

Isi Proposal Kegiatan Sekolah

Bagian terpenting dari sebuah proposal kegiatan adalah tema kegiatan, macam kegiatan, peserta yang terlibat dalam acara tersebut, peralatan yang dibutuhkan, waktu dan tempat diadakannya kegiatan tersebut.

Selain itu, bagian isi proposal lainnya adalah susunan acaranya, susunan kepanitiaannya, hingga anggaran perkiraan dana yang akan dibutuhkan selama berjalannya acara tersebut.

Jangan lupa perlu dijelaskan goal yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut. Apabila proposal untuk pengajuan dana perlu diterangkan apa keuntungan yang ditawarkan ke pihak terkait jika bersedia mendanai kegiatan/acara tersebut.

Baca Juga :  Cara cek akreditasi sekolah dan madrasah di bansm sispena 2.0 lengkap

Penutup

Seperti proposal pada umumnya, untuk proposal kegiatan sekolah ini juga harus memiliki bagian penutup. Pada bagian ini akan dijelaskan perihal harapan serta dukungan yang diberikan kepada pihak terkait atas acara tersebut.

Inilah penjelasan tentang bagaimana cara membuat proposal kegiatan sekolah yang bisa Anda coba. Bisa disimpulkan bahwa proposal merupakan suatu rancangan secara tertulis yang berisikan permohonan atau pengajuan terhadap suatu gagasan kepada pihak lain, untuk mendapatkan ijin dan dukungan dalam melaksanakan acara.