Bisnis Online Affiliate Shoope

Inilah keutamaan bulan ramadhan untuk umat islam

Keutamaan bulan ramadhan bagi umat islam salah satunya adalah setiap amalan-amalan baik pada bulan puasa ini jika dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipatganda. Oleh sebab itu pemeluk agama islam seluruh dunia sangat senang menyambut bulan suci penuh dengan rahmat ini.

Dan adapun untuk menyambut datangnya bulan puasa ini banyak cara yang dilakukan masyarakat baik secara offline maupun online, adapun salah satunya adalah dengan membuat twibbon ramadhan 2022, poster, spanduk, banner, pengajian sambut bulan ramadhan maupun kegiatan lainnya.

Selain hal itu yang paling penting dipersiapkan oleh umat adalah tetang kesiapan dari hati dan fikirannya untuk memaksimalkan puasa serta berlomba-lomba amalkan berbagai amalan bulan puasa ramadhan untuk mendapatkan pahala berlipatganda.

Keutamaan bulan ramadhan

keutamaan bulan ramadhan
keutamaan bulan ramadhan

Dan sebagai bentuk wawasan tambahan untuk meningkatkan ketakwaan di bulan puasa ini, team kanalmu akan berbagi info ulang terkait keutamaan bulan ramadhan.

Dengan demikian sobat kanalmu bisa dengan lebih khusyuk untuk menjalankan ibadah wajib puasa serta meningkatkan amalan-amalan lainnya yang akan mendatangkan keberkahan.

Berikut ini adalah beberapa keutaman pada bulan puasa yang perlu umat islam ketahui.

Diwajibkan menjalankan puasa

Seperti yang kita ketahui bahwasnaya pada bulan ramadhan ini umat islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa terkecuali yang memiliki halangan sesuai dengan syariat dan juga syarat sahnya puasa.

Dimana ketika melaksanakan puasa wajib pada bulan ini sobat kanalmu akan mendapatkan keutamaan berupa kesehatan dan juga akan mendapatkan ridhonya Allah SWT.

Selain itu mereka yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagian yaitu kenikmatan saat berbuka puasa, dan kedua bentuk kebahagiaan ketika dapat berjumpa dengan Allah SWT pada nantinya.

Baca Juga :  Download doa kamilin arab dan latin pdf lengkap keutamaannya

Bulan penuh dengan ampunan

Dimana pada bulan ramadhan ini pintu surga akan dibuka dan kemudian pintu neraka akan ditutup, selanjutnya barang siapa yang melakukan taubat dengan benar dan berjanji tidak mengulangi lagi akan mendapatkan ampunan atas segala dosanya.

Hal ini sesuai dengan dalil yang disabdakan oleh rasul, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari AllahTa’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari).

Bulan dimana wahyu AL-Qur’an diturunkan

Perlu sobat kanalmu juga ketahui bahwasnaya wahyu alquran juga diturunkan pada bulan puasa, yang mana lebih kita kenan dengan sebutan nuzulul qur’an setiap malam tujuhbelas ramadhan.

Yang mana Al-qur’an sendiri merupakan sebuah kitab yang bisa dijadikan pentunjuk untuk dapat hidup didunia dengan baik, serta meraih akhirat, serta sebagai pedemoan untuk dapat membedakan antara yang hak dan juga yang batil.

Terdapat malam lailatul qodar

Dimana seperti yang kita ketahui bahwasnaya malam lailatul qodar merupakan salah satu malam lebih baik dari 1000 bulan, dan pada malam ini Allah menugaskan para malaikat untuk turun kebumi untuk melaksanakan berbagai tugas.

Adapun salah satu tugasnya adalah memberikan keberkahan atas ibadah yang dilaksanakan umat islam, diampuni dosa maupun lainnya.

Dibelenggunya setan

Seperti yang sudah sering kita dengar, bahwasanya pada bulan ramadhan ketika umat manusia menjalankan ibadah puasa para setan akan dibelenggu.

Dan untuk dalil yang berkaitan dengan ini adalah sebagai beriktu ini, “Ketika masuk bulan ramadhan maka setan-setan dibelenggu, pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup.” (HR Bukhari dan Muslim).

Pahala dilipatgandakan

Adapun untuk umat islam yang melakukan kebaikan akan dilipatgandakan kebaikannya, dan mengamalkan berbagai sunnah dan ibadah wajibnya tentu juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Baca Juga :  Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Hari Ini Kota Malang – Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

Berikut ini adalah dalil yang berkaitan dengan dilipatgandakan amalan sholeh umat islam pada bulan puasa. “Setiap amalan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya, disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan untuk-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketukan ia berjumpa dengan Allah Ta’ala. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum disisi Allah Ta’ala daripada bau minyak kasturi.” HR. Bukhari Muslim.

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan keutamaan bulan ramadhan yang wajib diketahui oleh umat islam agar menambah ketakwaan dan semakin bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui laman ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.