7 amalan di bulan ramadhan yang pahalanya dilipatgandakan

Amalan di bulan ramadhan yang pahalanya dilipatgandakan cukup banyak, dan sobat kanalmu perlu ketahui karena ada salah satu hal yang cukup ringan dilakukan namum bisa memberikan kamu pahala yang lebih besar.

Oleh sebab itu sobat kanalmu harus mengetahuinya dan jangan sampai untuk meninggalkan beberapa amalan ini, agar bisa ibadah puasa di bulan ini memiliki makna lebih dengan amalan-amalan yang baik pula.

Karena kita ketahui bahwasanya bulan ramadhan hanya datang satu kali dalam setahun dan belum tentu bisa menjumpainya kembali di tahun mendatang, oleh sebab itu selama masih diberikan kesempatan alangkah lebih baiknya untuk bisa berbutu amalan-amalan sunnah di bulan puasa yang pahalanya berlipatganda.

Amalan bulan ramadhan pahalanya berlipatganda

amalan bulan puasa ramadhan
amalan bulan puasa ramadhan

Sebagai pengingat saja, bahwasnya melalui ulasan kanalmu ini kami akan berbagi informasi ulang terkait beberapa amalan-amalan di bulan ramadhan yang pahalanya dilipatgandakan.

Amalan apa sajakah itu ? Dan untuk mendapatkan informasi yang cukup beriku ini kami rangkum secara singkat agar bisa menjadi pengingat kita untuk menambah amalan-amalan baik pada bulan puasa ini.

Mengakhiri makan sahur

Adapun untuk amalan yang cukup ringan namun sering disepelan dan ternyata memiliki nilai pahala berlipatganda adalah mengakhiri makan sahur.

Karena tidak sedikit yang merasa mampu tidak makan dan minum selama satu hari penuh tanpa sahur, akhirnya meninggalkan sunnah ini. Namun demikian dengan mengetahui pahala yang berlipatganda ini, apakah kamu masih mau meninggalkannya ?

Menyegerakan buka puasa

Selanjutnya amalan sunnah di bulan ramadhan adalah menyegerakan berbuka puasa, dimana waktunya adalah saat sudah memasuk waktu magrib.

Dan perlu sobat kanalmu ketahui juga bahwasanya untuk berbuka ini juga disunnahkan untuk mengkonsumsi makanan manis, semisal kurma, namun demikian jika tidak terdapat kurma bisa makanan atau minuman lainnya.

Baca Juga :  Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Hari Ini Kota Tarakan – Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

Meskipun sobat kanalmu dalam keadaan sibuk atau dalam perjalanan di transportasi usahakan membawa minuman untuk dapat membatalkan puasa agar mendapatkan limpahan pahala.

Membaca doa berbuka puasa

Dan untuk mendapatkan keberkahan serta sebagai bentuk wujud syukur kepada Allah SWT alangkah baiknya sebelum berbuka puasa untuk membaca doa.

Dengan demikian sobat kanalmu selain dapat menikmati santapan berbuka juga mendapatkan keridhoan dari Allah SWT.

Hindari ucapan dan perkataan tidak baik

Adapun amalan ringan namun sulit untuk dilaksanakan di bulan puasa adalah hindari ucapan atau perkataan tidak baik.

Seperti melakukan kebohongan, mengumpat, hardik dan juga mengunjing orang lain, dan ini juga bisa menjadi akibat gugurnya sebuah puasa dibulan ramadha, yang didapatkan bukanlah pahala melainkan hanya lapar dan haus saja.

Perbanyak sedekah

Selanjutnya adalah amalan sedekah tidak dapat di lupakan untuk menambah pahala, karena jika dilakukan pada bulan ramadhan akan memiliki nilai berlipatganda.

Dan adapun salah satu amalan sedekah yang dianjurkan adalah dengan memberikan jamuan berbuka puasa dan juga sahur bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah puasa.

Membaca Al-Qur’an

Ibadah sunnah lainnya yang bisa mendatangkan pahala yang berlipatganda pada bulan puasa ramadhan adalah dengan membaca al-qur’an terlebih bisa menghatamkannya pada bulan ini.

Diamana sudah banyak kita ketahui bahwasanya setiap bacaan alquran kita di setiap huruf akan di hitung sebagai salah satu pahala.

Perbanyak dzikir & Sholawat

Untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT pada bulan ramadhan amalan lain yang tidak boleh di tinggalkan adalah memperbanyak dzikir dan juga sholawat atas baginda nabi Muhammad SAW.

Selain dzikir dan sholawat sebagai salah satu penenang hati juga bisa mendatangkan pahala yang berlipatganda jika dilakukan dengan khusyuk.

Baca Juga :  Download jadwal Imsakiyah dan buka puasa hari ini Kota Palembang – Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

I’tikaf di 10 hari terakhir ramadhan

Seperti yang banyak kita ketahui bahwasanya pada malam ganjil di 10 hari terakhir ramadhan Allah SWT menurunkan keajaiban berupa malam lailatul qadar.

Untuk dapat menjumpai malam yang lebih baik dari seribu bulan ini bisa kita lakukan dengan melakukan i’tikaf di masjid dengan membaca alquran, berdzikir dan juga bersholawat.

Sholat malam

Dan untuk amalan lain dibulan ramadhan yang sunnah dan memiliki nilai pahala yang berlipat ganda adalah melaksanakan sholat malam, seperti tarawih, tahajud dan juga diakhiri dengan ibadah shalat witir.

Dalil amalan di bulan ramadhan

Adapun sobat kanalmu yang ingin mengetahui beberapa rujukan terkait dengan amalan-amalan bulan ramadhan berikut ini adalah beberapa dalil yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu referensinya.

Dalil sahur dan berbuka

Adapun dalil pertama terkait dengan anjuran untuk melaksanakan makan sahur dan juga menyegerakan berbuka.

Rasulullah bersabda: “Lakukanlah santap sahur, karena dalam santap sahur terdapat keberkahan.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Rasulullah bersabda: “Senantiasa manusia dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR.Bhukari)

Dalil bersedekah di bulan ramadhan

Berikut ini adalah kutipan dalil yang menganjurkan seseorang untuk melakukan amalan sedekah pada bulan suci ramadhan ini.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Ahmad)

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan amalan di bulan ramadhan yang pahalanya dilipatgandakan.

Mudah-mudahan sedikit informasi ini dapat membantu memberikan tambahan wawasan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.