1 ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa ? Ini menurut nu, muhammadiyah dan kemenag

Muhammad Yusuf

1 ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa ? Pertanyaan ini muncul diberbagai platform media sosial baik itu twitter, instagram, facebook dan juga tiktok. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pandangan antara kemenag, nu, muhammadiyah dan juga ormas islam lain dalam penentuan awal bulan puasa 1443 h.

Dan untuk menjawab pertanyaan terkait dengan 1 ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa ? sobat kanalmu tergantung mau mengikuti metode perhitungan yang mana, apakah menggunakan jadwal ramadhan muhammadiyah, nu atau pemerintah melalui keputusan sidang isbat kemenag.

Hal ini penting untuk sobat kanalmu jadikan patokan untuk penentuan awal bulan puasa di tahun 2022 / 1443 h. Namun demikian meski terdapat perbedaan pandangan, hal ini adalah bentuk dari karunia Allah SWT yang diberikan kepada hambanya.

Dimana perbedaan pendapat inipun juga sudah ada sejak zaman nabi Muhammad SAW, jadi hal ini adalah hal yang cukup wajar.

1 Ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa ?

proses lihat hilal penentuan 1 ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa - kanalmu
proses lihat hilal penentuan 1 ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa – kanalmu

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya untuk sobat kanalmu yang saat ini sedang mencari informasi terkait dengan jatuhnya 1 ramadhan pada tanggal berapa masehi 2022, berikut ini adalah keterangan metode perhitungan dari muhammadiyah, nu dan juga pemerintah.

1 Ramadhan 2022 muhammadiyah

Dimana untuk organisasi persyarikatan muhammadiyah sudah menetapkan jauh-jauh hari terkait dengan 1 ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa.

Adapun muhammadiyah menetapkan tanggal 1 ramadhan 1443 h jatuh pada hari sabtu 2 april 2022, adapun keputusan ini tertuang pada maklumat PP muhammadiyah dengan nomor 01/MLM/I.0/E/2022.

Dan untuk metode perhitungan penentuan awal puasa muhammadiyah memakai cara hisab atau lebih dikenal dengan hitungan secara astronomis.

1 Ramadhan 2022 NU

Sedangkan untuk ormas islam NU penentuan awal 1 ramadhan 2022 menggunakan metode rukyatul hilal bil fi’li, dimana caranya adalah upaya melihat hilal secara langsung.

Baca Juga :  Inilah keutamaan bulan ramadhan untuk umat islam

Adapun perhitungan ini jika hilal atau bulan sabit belum muncul , untuk bulan yang sedang berjalan akan digenapkan menjadi 30 hari atau lebih dikenal dengan istilah istikmal.

Namun demikian saat ini NU masih belum memutuskan untuk penentuan awal puasa 1 ramadhan 2022.

1 Ramadhan 2022 pemerintah / kemenag

Dan untuk pemerintah melalui kemenag dalam penentuan 1 ramadhan 2022 menggunakan metode perhitungan hilal dan juga hisab.

Untuk itu akan dilaksanakan proses sidang isbat penetapan awal puasa ramadhan 1443 h / 2022 melalui kementerian agama republik indonesia.

Kapan sidang isbat 2022 ?

Dan untuk proses penentuan awal puasa ramadhan 2022, kementerian agama indonesia men jadwalkan sidang isbat pada hari jumat 1 april 2022 yang mana dalam kalender hijriyah bertepatan dengan 29 syakban 1443 h.

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan 1 ramadhan 2022 jatuh pada tanggal berapa ?.

Mudah-mudahan sobat kanalmu yang saat ini sedang mencari informasi terkait mendapatkan referensi yang cukup dari saluran kami.

Artikel Terkait :

Ads - Before Footer