Niat Puasa Ramadhan 2022 Tahun 1443 H Lengkap Bahasa Arab , Latin dan Artinya

Niat Puasa Ramadhan 2022 perlu sobat kanalmu jadikan sebagai salah satu panduan untuk menjalankan ibadah siam kamu lebih baik lagi.

Dalam beberapa riwayat dijelaskan bahwasanya, jika sobat kanalmu akan melaksanakan ibadah siam perlu dimulai dengan niat puasa ramadhan, karena ini wajib apabila ditinggalkan puasa akan menjadi sia-sia yang didapatkan hanya lapar dan dehaga.

Adapun dalil dari syarat wajib puasa salah satunya adalah niat didapat dari riwayat – >(HR. Abu Daud Tirmidzy, An-Nasa’I, Ibnu Majah, Al-Baihaqi, dan lainnya) Yang berbunyi “Barang siapa yang tidak berniat sebelum fajar maka tidak ada puasa untuknya.”.

Niat Puasa Ramadhan Lupa Dimalam Hari

niat puasa ramadhan lengkap - kanalmu
niat puasa ramadhan lengkap – pict by pixabay

Namun demikian, apabila sobat kanalmu lupa melakukan niat puasa ramadhan dimalam hari tidak diperbolehkan untuk membatalkan puasa dengan makan, minum di siang hari.

Dikarenakan dalam riwayat lain bahwasanya yang lupa melakukan niat untuk puasa ramadan dimalam hari bisa segera melakukan niat ketika pagi hari dan ini boleh.

“Disunahkan (bagi yang lupa niat di malam hari) berniat puasa di pagi harinya. Karena yang demikian itu mencukupi menurut Imam Abu Hanifah, maka diambil langkah kehati-hatian dengan berniat.” (Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Majmû’ Syarhul Muhadzdzab, [Jedah: Maktabah Al-Irsyad, tt.], juz VI, hal. 315).

Oleh sebab itu sebagai bentuk langkah akan kehati-hatian dalam pelaksanaan ibadah puasa dan akan lupa pada niat dimalam hari. Setelah pelaksanaan sholat tarawih biasanya dilakukan pembacaan niat secara bersama-sama.

Niat Puasa Ramadhan Bahasa Arab, Latin lengkap Arti

Ada beberapa pendapat bahwasanya untuk niat puasa tidak harus diucapkan dalam bentuk kalimat yang keras, namun demikian bisa diniatkan dalam tekad hati yang lebih kuat didalam jiwa.

Baca Juga :  6 Model baju anak laki laki terbaru 2022 trendi dan gaul

Akan tetapi akan menjadi lebih memberikan semangat yang lebih jika memiliki niatan yang diucapkan secara lisan.

Adapun berikut ini adalah bacaan Niat Puasa Ramadhan 2022 / 1443 H dalam bahasa arab, lengkap latin dan juga artinya.

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

“Nawaitu shouma ghodin an adaai fardlu syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aalaa”

Artinya : “Saya niat puasa besok, untuk menunaikan kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’aalaa”

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan Niat Puasa Ramadhan 2022 / 1443 H lengkap dalam tulisan arab, latin dan juga artinya.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya untuk sobat dimanapun berada.